5 Cara Sehat Dapatkan Energi Lebih Besar

Oleh Ayu Maharani pada 15 Nov 2018, 15:40 WIB
Badan terasa lemas padahal sedang menunggu momen penting? Yuk, isi ulang energi Anda dengan cara sehat dan sederhana berikut.
5 Cara Sehat Dapatkan Energi Lebih Besar (Oscarhdez/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ada kalanya tubuh Anda kehilangan energi. Penyebabnya bisa karena habis melakukan aktivitas yang melelahkan, seperti olahraga atau bekerja lembur. Kondisi tubuh yang lemas sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama. Itu karena masih ada segudang target yang perlu Anda selesaikan dan membutuhkan energi yang tidak sedikit.

Oleh sebab itu, Anda perlu tahu cara-cara alami untuk mengembalikan energi Anda. Tak perlu menelan suplemen atau minuman penambah energi, dikutip dari Reader’s Digest, ada lima cara yang mudah dan efektif untuk mengisi ulang tenaga.

  • Cukup tidur

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), lebih dari sepertiga orang dewasa Amerika tidak punya cukup waktu tidur. Adapun American Academy of Sleep Medicine dan  Sleep Research Society merekomendasikan bahwa orang dewasa yang berusia 18-60 tahun setidaknya butuh tidur 7 jam setiap malam untuk mengembalikan energi yang terkuras.

Jadi, cara paling mudah untuk membuang rasa lemas adalah dengan tidur yang cukup. Saat Anda mendapatkan waktu libur, daripada dipakai untuk berjalan-jalan, sebaiknya gunakanlah untuk mengistirahatkan tubuh. Supaya saat diperlukan nanti, Anda masih punya cadangan energi untuk menyelesaikan target penting.

  • Rutin sarapan

Berdasarkan keterangan Saron Palmer, seorang Ahli Diet dan Nabati kepada Reader’s Digest, sarapan sangat penting untuk meningkatkan kinerja fisik dan mental sepanjang hari. Kalau Anda ingin segar seharian, jangan lagi melewatkan sarapan. Mulailah sarapan dengan mengonsumsi protein dan karbohidrat sehat, seperti telur, yoghurt, dan buah-buahan.

  • Mendengarkan musik dan ikut bernyanyi

Supaya hasilnya maksimal, Anda bisa juga mendengarkan musik yang ketukannya semangat sambil sarapan. Penelitian dari Sam Houston State University di Huntsville, Texas, menemukan bahwa mendengarkan musik bertempo cepat dapat meningkatkan energi seseorang. Selain mendengarkan musik sambil sarapan, Anda juga bisa mendengarkan musik upbeat saat mandi dan perjalanan ke tempat Anda bekerja. Selesai bekerja, tak ada salahnya juga pergi ke tempat karaoke untuk menyanyikan lagu kesukaan.

  • Konsumsi kafein secukupnya

Bisa dibilang, kafein merupakan stimulan yang paling banyak digunakan di dunia. Walaupun efeknya hanya sementara (3-8 jam), setidaknya bisa meningkatkan energi dengan cepat (maksimal 1 jam setelah konsumsi kafein). Jadi, konsumsi saja kafein, seperti teh atau kopi asalkan tidak berlebihan.

Dikutip dari Reader’s Digest, Anda disarankan hanya mengonsumsi 300 mg kopi sehari atau setara dengan dua cangkir. Jika terlalu banyak, bukannya segar dan bersemangat, Anda malah semakin loyo dan stres karena hormon serotonin terganggu.

  • Sesekali, jalani terapi pijat

Jika ingin mengembalikan energi sekaligus menghilangkan pegal-pegal, pergilah ke tempat pijat yang menerapkan akupresur. Akupresur sebenarnya mirip dengan akupunktur, tetapi ia tidak menggunakan jarum (menggunakan tekanan tangan saja). Atau sekalian saja lakukan pijat dan luluran.

Dengan pijat, tubuh Anda menjadi lebih rileks dan segar. Setuju ‘kan kalau kulit indah dan sehat bisa menunjang kepercayaan diri sehingga Anda lebih antusias terhadap berbagai hal? Setelah itu, rasa lemas pasti akan menghilang dengan sendirinya.

Yang perlu diingat, kelima hal  di atas merupakan cara mendapatkan energi dan mengatasi badan yang lemas yang tidak berkaitan sama sekali dengan faktor penyakit. Jika badan Anda lemas tak bertenaga karena faktor penyakit dan sudah berlangsung selama beberapa hari, segera berkonsultasi kepada dokter.

[HNS/ RVS]