5 Makanan Ini Resep Panjang Umur Anda

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 17 Nov 2018, 14:00 WIB
Ingin panjang umur? Yuk, atur menu makan Anda dengan deretan makanan berikut ini!
5 Makanan Ini Resep Panjang Umur Anda (Kurhan/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh sehat dan berumur panjang. Meski banyak cara untuk mewujudkannya, ternyata impian panjang umur bisa diraih dengan cara sederhana, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Angka harapan hidup di setiap negara bisa berbeda-beda, yakni berada di kisaran 60-80 tahun. Beberapa orang mungkin bisa hidup di atas rentang usia tersebut, asal diimbangi dengan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi tinggi. Mengenai hal ini, dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter pun berkomentar.

“Pilihan gaya hidup adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan untuk  menjaga kesehatan. Tentu Anda sudah sering mendengar bahwa ada banyak kebiasaan baik sebagai implementasi gaya hidup sehat, seperti olahraga rutin dan konsumsi makanan bergizi. Hal tersebut sebaiknya diterapkan,” ucapnya.

Yuk, makan sehat!

Berbicara soal makanan bergizi, Anda juga bisa mewujudkan misi panjang umur dan memiliki tubuh sehat dengan mendapatkan asupan yang tepat lewat beberapa makanan berikut ini.

  1. Makanan yang mengandung antioksidan

Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel sehat, sehingga membuat Anda lebih rentan terserang penyakit tertentu seperti kanker, dan mengalami penuaan dini. Makanan yang kaya antioksidan seperti sayuran dan buah-buahan berwarna-warni dapat membantu melawan molekul-molekul tersebut. Atur menu makan Anda mengandung asupan makanan ini, setidaknya lima hingga sembilan porsi setiap hari.

  1. Ikan

Ikan disebut “makanan otak” karena asam lemak DHA dan EPA di dalamnya dapat membantu otak dan sistem saraf Anda bekerja sebagaimana mestinya. Makan ikan satu atau dua kali seminggu mampu meminimalisir risiko terkena demensia.

Selain itu, lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan berlemak seperti ikan salmon dan ikan trout, dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Ikan juga mampu membantu meredakan peradangan yang mengarah kepada aterosklerosis ketika endapan lemak menyumbat arteri Anda.

  1. Kacang polong

Serat kacang polong dapat membantu meningkatkan kesehatan dan menurunkan peluang obesitas, penyakit jantung, serta diabetes. Kacang polong juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena diet tinggi serat dapat membantu Anda menurunkan berat badan juga.

Buatlah salad dengan buncis, atau gunakan kacang sebagai pengganti daging dalam menu sup Anda.

  1. Sayuran

Sayuran mengandung serat, antioksidan, serta berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu melindungi Anda dari penyakit kronis. Sayuran hijau gelap memiliki vitamin K untuk memperkuat tulang. Sedangkan wortel mengandung vitamin A yang membantu menjaga mata dan kulit Anda tetap sehat dan terlindungi dari infeksi.

Pada satu penelitian dipaparkan, pria yang mengonsumsi lebih dari 10 porsi tomat dalam seminggu menurunkan risiko kanker prostat hingga 35 persen. Jadi, khasiat sayuran memang terbukti membuat panjang umur karena menjauhkan Anda dari risiko penyakit berbahaya.

  1. Susu

Minuman yang diperkaya dengan vitamin D seperti susu membantu memenuhi asupan kalsium dalam tubuh Anda Sehingga Anda terhindar dari risiko osteoporosis. Vitamin D juga ampuh menurunkan risiko kanker usus besar, payudara, dan prostat.

Berbagai makanan sehat di atas memiliki kandungan yang dapat mendukung Anda dalam mewujudkan tubuh sehat dan panjang umur. Faktanya, untuk dapat hidup lebih lama bisa dimulai dari cara sederhana, yakni mengubah menu makanan sehari-hari menjadi lebih sehat. Untuk hasil yang optimal, jangan lupa tetap rutin berolahraga, ya!

[NP/ RVS]