Kenapa Tubuh Gampang Sakit setelah Kehujanan?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 18 Nov 2018, 16:00 WIB
Tubuh sering kali jadi gampang sakit setelah mengalami kehujanan. Ini penjelasannya.
Kenapa Tubuh Gampang Sakit setelah Kehujanan? (F8-studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Musim hujan memang sudah “berteman” dengan flu, pilek, dan penyakit lainnya. Menyiapkan diri agar tak kena paparan kuman dan bakteri sudah seharusnya jadi prioritas. Tapi, apa kira-kira yang membuat musim hujan atau kehujanan rentan memicu gangguan kesehatan?

Penyakit memang bisa datang kapan saja, tapi tubuh akan lebih lemah ketika musim hujan tiba. Menurut dr. Sepriani Limbong dari KlikDokter, ada beberapa alasan mengapa tubuh Anda mudah sakit saat musim hujan, di antaranya karena perubahan suhu yang ekstrem dan penyebaran virus atau bakteri yang lebih cepat. Namun, ia mengatakan bahwa kehujanan bukan faktor utama Anda bisa terkena penyakit.

"Sebenarnya bukan setelah kehujanannya langsung, tapi karena cuaca dingin atau sistem imun memang sedang turun. Tapi kalau bicara kenapa orang gampang sakit saat musim hujan, itu karena matahari lebih sedikit sehingga vitamin D yang didapat lebih sedikit dibanding saat musim panas. Sementara vitamin D membentuk sel-sel imun tubuh,” kata dr. Sepriani.

Ia menambahkan, “Makanya orang-orang di luar negeri kalau paparannya sinar mataharinya sedikit, mereka harus minum suplemen vitamin D sebagai pengganti sinar matahari. Nah, orang Indonesia juga harus seperti itu. Ketika masuk musim hujan, harus minum suplemen vitamin D atau mengonsumsi makanan tinggi vitamin D agar tidak mudah sakit.”

Tips tetap sehat saat musim hujan

Agar tak mudah sakit saat musim hujan, lakukan tips berikut ini:

1. Hati-hati dengan makanan

Selama musim hujan, sebaiknya Anda tidak makan di pinggir jalan dulu. Pasalnya, air hujan rentan mencemari makanan yang dijual bebas tanpa penutup. Jika makanan tersebut akhirnya Anda konsumsi, Anda bisa saja terkena penyakit.

2. Olahraga

Anda mungkin merasa malas berolahraga saat cuaca sedang dingin. Tapi jangan menyerah dulu. Olahraga justru akan memberikan Anda vitalitas serta meningkatkan endorfin sehingga suasana hati lebih positif.

3. Tidur cukup

Tidur dapat membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan tidur secara cukup, Anda pun jadi tidak mudah sakit.

4. Cuci tangan

Serangan kuman dapat dicegah dengan menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan dengan sabun air. Lakukan sebelum makan, setelah dari toilet, setelah memegang benda-benda yang dipakai bersama, dan setelah bermain dengan hewan peliharaan.

5. Gerakan 4M plus

Selama musim hujan, nyamuk Aedes aegypti makin sigap berkembang biak. Untuk mencegah demam berdarah, pastikan Anda menerapkan gerakan 4M plus, seperti menutup rapat tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang dapat menampung air, memantau wadah air yang menjadi sarang nyamuk, menggunakan obat antinyamuk, memasang kasa antinyamuk, dan lainnya.

6. Siapkan perlengkapan hujan

Perlengkapan hujan ini meliputi payung, jas hujan, dan sepatu hujan. Bagi Anda yang bepergian dengan kendaraan umum, dianjurkan untuk menggunakan masker.

Saat musim hujan seperti sekarang ini, penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat agar tidak mudah terkena penyakit setelah kehujanan. Suplemen tambahan yang biasa Anda konsumsi juga dapat diandalkan untuk menjaga kekebalan tubuh. Jika Anda sudah terserang penyakit, segeralah ke dokter agar kondisi tidak makin parah dan mengganggu aktivitas.  

[RS/ RVS]