Rutin Minum Suplemen Vitamin dan Mineral Bikin Panjang Umur?

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 19 Nov 2018, 14:25 WIB
Rutin minum suplemen vitamin dan mineral disebut dapat membuat panjang umur. Apakah medis setuju dengan anggapan tersebut?
Rutin Minum Suplemen Vitamin dan Mineral Bikin Panjang Umur? (Lizardflms/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu sehingga harus mengonsumsi suplemen secara rutin? Atau, Anda memang sengaja mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral setiap hari agar bisa terus sehat, bugar, dan panjang umur?

Tidak dimungkiri, suplemen memang sering dikonsumsi secara rutin karena dianggap bisa mendatangkan beragam manfaat sehat. Bahkan, tak sedikit yang juga percaya bahwa suplemen vitamin dan mineral yang dikonsumsi secara rutin bisa membuat tubuh lebih sehat sehingga umur menjadi lebih panjang.

Mengenal fungsi suplemen

Pada dasarnya, suplemen vitamin dan mineral bertujuan untuk memenuhi zat gizi yang tidak didapatkan dari makanan sehari-hari. Contohnya, saat seseorang tidak dapat minum susu, maka ia bisa mengonsumsi suplemen berisi kalsium.

Intinya, suplemen sebenarnya hanya ditujukan kepada orang-orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi harian karena alasan tertentu. Oleh karena itu, konsumsi suplemen bukanlah sebagai pengganti makanan atau obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

“Tidak sedikit orang yang salah menafsirkan (suplemen). Akhirnya, tidak sedikit pula orang yang merasa kekurangan vitamin atau mineral tertentu, kemudian mengonsumsi suplemen multivitamin tanpa rekomendasi dokter,” tutur dr. Kartika Mayasari, kepada KlikDokter.

Suplemen dan panjang umur

Gagasan tentang hal-hal yang dapat memperpanjang hidup mungkin sangat menggiurkan. Terutama, jika hal itu berkaitan dengan sesuatu yang dijual bebas seperti suplemen vitamin dan mineral. Lantas, bagaimana fakta medis yang sebenarnya?

Pertama-tama perlu diingat bahwa sumber zat gizi yang paling baik adalah makanan. Dengan kata lain, segala kebaikan yang bisa diberikan zat gizi tertentu bisa Anda rasakan dengan optimal apabila mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi terkait.

Terkait hal itu, sebuah temuan membeberkan bahwa kelompok yang mengonsumsi makanan kaya beta-karoten memiliki risiko kanker yang rendah, sementara mereka yang minum suplemen beta-karoten tidak merasakan efek yang sama.

Pada orang dengan kondisi tertentu, suplemen vitamin dan mineral mungkin dapat memberikan manfaat signifikan, termasuk dalam hal panjang umur. Kendati begitu, menerapkan gaya hidup sehat, aktif bergerak serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari memberikan manfaat yang lebih signifikan ketimbang suplemen belaka.

“Kelompok orang tertentu memang disarankan oleh dokter untuk mengonsumsi suplemen multivitamin, tapi dalam jumlah yang disesuaikan. Dokter memberikan suplemen dengan pertimbangan: jika pasien tidak mampu memenuhi asupan sehari-hari, maka penyakit yang diderita tidak akan bisa pulih dengan cepat,” ujar dr. Tika.

Dari berbagai alasan di atas, Anda dianjurkan untuk tidak lagi percaya pada anggapan yang menyebut bahwa suplemen vitamin dan mineral bisa bikin panjang umur. Jadi, mulai saat ini, Anda sebaiknya tidak terlalu bergantung diri pada suplemen. Akan lebih baik bila Anda menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari, rajin olahraga, cukup istirahat serta kelola stres dengan baik.

[NB/ RVS]