Kiat Jitu Hilangkan Varises di Kaki

Oleh dr. Devia Irine Putri pada 19 Nov 2018, 15:20 WIB
Varises tak hanya bisa merusak penampilan, tapi kondisi ini juga merupakan masalah kesehatan. Inilah kiat jitu hilangkan varises di kaki.
Kiat Jitu Hilangkan Varises di Kaki (Seasontime/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Munculnya guratan-guratan menonjol berwarna biru kehijauan di kaki alias varises bisa mengganggu penampilan. Varises juga merupakan masalah kesehatan, yaitu gangguan pada pembuluh darah vena berupa pembengkakan dan pelebaran. Varises terjadi karena adanya kegagalan katup pembuluh darah menahan aliran darah balik ke jantung. Jika Anda memiliki varises di kaki, jangan khawatir. Ada kiat jitu untuk menghilangkan varises di kaki.

Selain akibat gangguan pada pembuluh darah seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami varises, antara lain:

● Jenis kelamin

Varises dapat terjadi pada setiap orang baik pria maupun wanita. Namun, berdasarkan epidemiologi wanita lebih rentan mengalami varises. Ini karena adanya hormon wanita yang membuat pembuluh darah menjadi lebih mudah relaks, sehingga katup pembuluh darah rentan lemah atau bocor.

● Usia

Faktor usia memengaruhi elastisitas pembuluh darah. Semakin bertambahnya usia, elastisitas pembuluh darah menjadi berkurang. Keadaan ini akan menyebabkan katup pembuluh darah vena melemah dan tidak bisa menahan aliran darah balik ke jantung.

● Faktor genetik

Seseorang yang memiliki keluarga riwayat varises akan lebih berisiko terkena varises di kemudian hari.

● Aktivitas

Terlalu lama beraktivitas dengan posisi berdiri tidak baik bagi kesehatan pembuluh darah. Akibat posisi berdiri dan gravitasi, ini akan menghambat kembalinya aliran darah ke jantung.

● Kondisi tertentu

Pada kondisi tertentu, seperti kehamilan, dapat menyebabkan varises. Kondisi ini dipengaruhi oleh bertambahnya produksi darah sehingga tekanan akan lebih besar pada vena. Adanya hormon wanita juga turut memengaruhi, sehingga menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih lemah.

Seseorang yang obesitas juga bisa meningkatkan risiko varises. Dengan berat badan berlebih, tekanan pada tungkai bawah akan menjadi besar. Hal ini akan mengakibatkan kesulitan pembuluh darah memompa darah untuk kembali ke jantung.

Selain muncul dengan guratan yang menonjol berwarna biru kehijauan, terdapat pula gejala yang menyertai pada varises seperti nyeri atau pegal pada kaki, kaki terasa berat, hingga mengalami kaki bengkak.

Varises dapat dicegah dengan beberapa tindakan sederhana. Namun, jika sudah parah biasanya perlu tindakan medis untuk mengurangi risiko komplikasi. Umumnya, varises akan muncul apabila kelelahan atau terlalu lama duduk atau berdiri. Apabila varises kambuh, Anda bisa menggantungkan kaki ke posisi yang lebih tinggi dan mengompresnya dengan air dingin bergantian dengan air panas. Ini bisa membantu melancarkan aliran pembuluh darah.

1 of 2

Kiat jitu menghilangkan varises di kaki

Selain dengan cara yang disebutkan di atas, ada beberapa tindakan lain untuk menghilangkan varises di kaki yang perlu Anda coba.

1. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin akan menguatkan otot-otot kaki dan memperlancar peredaran darah. Olahraga juga membantu Anda menjaga atau menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga juga baik untuk menyeimbangkan hormon, terutama pada wanita.  Beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk mencegah varises adalah berenang dan gerakan senam yang menaikkan kaki dan betis.

2. Pemakaian stoking

Stoking kaki yang dimaksud adalah stoking kompresi. Stoking ini akan membantu memberikan tekanan pada pembuluh darah, sehingga pembuluh darah pada tungkai bawah bisa kembali ke jantung.

Pilihlah stoking kompresi yang nyaman dan gunakan sepanjang hari, khususnya jika jenis pekerjaan Anda memiliki mobilitas tinggi. Hindari juga penggunaan pakaian yang ketat dan sempit karena dapat memengaruhi aliran darah.

3. Hindari penggunaan sepatu berhak tinggi

Jika pekerjaan mewajibkan Anda menggunakan sepatu hak tinggi, setidaknya istirahat dan gerakkan kaki setiap 15 menit.

4. Hindari duduk dengan menyilangkan kaki

Posisi duduk seperti ini dapat menghambat aliran darah balik ke jantung. Jika Anda duduk lama, misalnya saat duduk lama menatap laptop atau saat perjalanan jauh, usahakan untuk bergerak setiap 45 menit untuk membantu melancarkan aliran pembuluh darah.

5. Lakukan senam kaki sederhana

Anda bisa melakukan senam kaki pada saat duduk. Caranya:

  • Putar pergelangan kaki searah jarum jam, kemudian lakukan juga ke arah yang berlawanan. Lakukan ini pada kedua pergelangan kaki.
  • Selanjutkan, angkat kaki dan tekuk, dekatkan ke arah dada. Tahan selama beberapa detik dan lakukan juga pada kaki lainnya.
  • Terakhir, luruskan kaki semampunya dan tahan beberapa detik untuk membantu kaki relaks.

6. Konsumsi makanan berserat dan yang mengandung antioksidan

Jenis makanan ini baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Konsumsilah kacang-kacangan, sayuran, alpukat, blueberry, dan pisang. Akan lebih baik jiak Anda juga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan flavonid.

7. Tindakan medis

Ada beberapa tindakan medis yang ditawarkan kepada penderita varises, antara lain:

  • Skleroterapi

Ini merupakan tindakan dengan melakukan penyuntikan di daerah vena yang terkena varises. Tujuannya adalah untuk membuat luka sehingga menutup saluran darah. Nantinya aliran darah tersebut akan dialihkan ke vena lainnya. Tindakan ini hanya bersifat sementara dan bersifat untuk kosmetik. Varises bisa muncul lagi apabila tidak diimbangi dengan penggunaan stoking kaki atau mengurangi aktivitas yang bikin varises muncul.

  • Ablasi frekuensi radio

Tindakan ini menggunakan energi frekuensi radio untuk membakar dinding pembuluh darah. Tujuannya sama seperti skleroterapi, yaitu menutup pembuluh darah vena yang mengalami varises, sehingga aliran darah dialihkan ke vena lainnya.

  • Pembedahan

Jika varises sudah terlalu parah, pembedahan bisa dilakukan untuk mengangkat pembuluh darah yang mengalami varises.

Untuk menjalanai ketiga tindakan medis di atas, diperlukan konsultasi dokter spesialis bedah vaskular terlebih dulu, sehingga dapat ditentukan jenis terapi mana yang dibutuhkan. Sebelum memutuskan untuk memilih tindakan medis, lakukanlah enam kiat lainnya sebagai upaya untuk menghilangkan varises di kaki. Ubah juga pola hidup  dan mulai lebih sering berolahraga untuk memperlancar aliran darah.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓