Konsumsi Yoghurt dan Susu Bikin GERD Makin Parah?

Oleh Ayu Maharani pada 21 Nov 2018, 14:00 WIB
Maksud hati ingin pencernaan lebih baik dengan konsumsi yoghurt dan susu, tapi katanya justru keduanya bisa bikin GERD makin parah. Apa iya?
Konsumsi Yoghurt dan Susu Bikin GERD Makin Parah? (Dean-Drobot/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda tak punya masalah kesehatan - khususnya pencernaan - apa pun, konsumsi susu dan produk olahannya seperti yoghurt sesuai rekomendasi bisa membawa kebaikan bagi kesehatan tubuh. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan seperti GERD, ada yang bilang mengonsumsi salah satu atau keduanya bisa memperburuk penyakit tersebut. Benarkah demikian?

Anda yang memiliki GERD (gastroesophageal reflux disease) alias penyakit asam lambung perlu waspada akan konsumsi susu dan yoghurt. Dilansir dari laman Livestrong, garis pedoman praktis klinis American College of Gastroenterology tahun 2013 melaporkan, sebenarnya belum ada cukup bukti kuat apakah susu benar-benar atau yoghurt bisa memperparah GERD. Karena di sisi lain, pada beberapa orang tertentu gejala alergi atau intoleransi laktosa bisa mirip seperti peningkatan asam lambung, misalnya perut kembung dan diare. Ini sebabnya banyak orang yang mengira bahwa susu dan yoghurt adalah pemicu GERD.

Dibandingkan dengan yoghurt dan susu, gejala GERD lebih bisa muncul setelah mengonsumsi banyak makanan berlemak di jam-jam sebelum tidur. Contohnya adalah cokelat, atau daging yang berlemak, berminyak, atau bersantan. Apalagi jika orang yang mengonsumsi makanan tersebut tidak memberi jeda minimal satu jam untuk langsung tidur atau rebahan, dengan posisi kepada hingga dada tak lebih tinggi dari perut. Hampir pasti, asam lambung akan menjalar ke dada dan kerongkongan, lalu menyebabkan ketidaknyamanan pada perut dan area sekitarnya.

Antara yoghurt, susu, dan GERD

Sebelum mengonsumsi yoghurt ataupun susu, pastikan bahwa Anda tak memiliki kondisi intoleransi laktosa. Apabila Anda masih khawatir bahwa minuman berlemak dapat memperparah gejala GERD Anda, sebaiknya pilihlah yoghurt yang diolah dari susu rendah lemak.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal medis “Scandinavian Journal of Gastroenterology” pada September 2011 menyebut, bakteri baik atau probiotik dalam yoghurt justru dapat memperbaiki gejala refluks asam dengan cara mengurangi mual. Selain itu, yoghurt juga ditemukan dapat membunuh bakteri jahat yang mengganggu kesehatan penceraan. Untuk susu, akan lebih jika Anda yang menderita GERD memilih susu biasa rendah lemak dan bukan susu dengan aneka rasa seperti cokelat, pisang, atau stroberi. Misalnya pada susu cokelat full cream yang tidak rendah lemak, susu ini akan lebih sulit dicerna sehingga risiko terjadinya perut kembung menjadi lebih tinggi.

1 of 2

Makanan yang harus dihindari oleh penderita GERD

Ketimbang menjauhi yoghurt dan susu, ada beberapa jenis makanan yang mesti Anda jauhi jika tidak ingin gejala GERD semakin parah, antara lain:

  • Makanan pedas
  • Makanan berminyak dan berlemak (terutama gorengan)
  • Tomat, jeruk, dan  makanan yang berbahaan dasar dari keduanya
  • Minuman beralkohol
  • Minuman berkafein
  • Minuman bersoda
  • Cokelat
  • Bawang
  • Peppermint.

Tips makan bagi penderita GERD

Sementara itu, ada beberapa cara makan yang dianjurkan bagi para penderita GERD. Dipaparkan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, berikut ini adalah tipsnya.

  • Jangan langsung berbaring setelah makan, apalagi sehabis makan berat. Posisikan badan secara tegak selama dua jam terlebih dulu (duduk atau berdiri) supaya isi perut tidak naik lagi ke esofagus.
  • Makan dalam porsi sedikit tapi sering agar otot esofagus tidak kewalahan dan menyebabkan naiknya asam lambung.
  • Minumlah setelah makan, bukan saat makan, supaya lambung tidak terlalu penuh.

Kesimpulannya, menurut berbagai studi yoghurt dan susu bukanlah minuman yang bikin GERD makin parah. Namun, bagi Anda yang memiliki kondisi intoleransi laktosa, konsumsi keduanya bisa menimbulkan gejala yang mirip GERD. Daripada menghindari yoghurt dan susu, hindarilah makanan dan minuman yang sudah pasti bisa memicu GERD.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓
Khojok StreetKhojok Street

apakah minum tea boleh ?