8 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan Tubuh Anda
search

Alasan Mengapa Anda Perlu Makan Oatmeal Setiap Hari

Jangan cuma nasi, kentang, atau roti. Yuk, ganti karbohidrat harian Anda dengan oatmeal dan rasakan manfaatnya.
Alasan Mengapa Anda Perlu Makan Oatmeal Setiap Hari

Klikdokter.com, Jakarta Bagi masyarakat Indonesia, nasi menjadi sumber karbohidrat yang akan dipilih untuk mengisi ulang energi. Kalaupun bukan nasi, sebagian orang akan beralih ke sumber karbohidrat lain, seperti kentang atau roti.

Padahal, masih ada sumber karbohidrat lain yang tidak kalah baik untuk kesehatan, yakni oatmeal. Sayangnya, karena rasa dan teksturnya yang masih asing dan dianggap hambar, kerap kali masyarakat menolak menyantap oatmeal.

Agar Anda lebih tertarik untuk makan oatmeal setiap hari, inilah beberapa manfaat oatmeal bagi kesehatan:

1 dari 5

1. Melancarkan Pencernaan

Ilustrasi Oatmeal dapat Melancarkan Pencernaan
loading

Oatmeal mengandung serat larut dan tidak larut. Serat tidak larut dapat membantu mengatasi sembelit dan meningkatkan kesehatan usus.

Selain itu, oatmeal kerap kali disajikan dengan potongan buah yang pastinya tinggi serat juga. Oleh sebab itu, manfaat oatmeal untuk kesehatan pencernaan tidak usah diragukan lagi.

Artikel Lainnya: Kaya Serat, Ini Manfaat Makan Oatmeal untuk Ibu Hamil

Kandungan serat pada oatmeal ditambah serat pada buah-buahan yang menjadi topping dapat membuat BAB terasa lebih lancar. Secara otomatis, ini akan mengurangi risiko berbagai penyakit pencernaan, termasuk kanker usus.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Oat tinggi serat dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dipecah di tubuh. Hal ini akan menjaga Anda untuk kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda akan mengurangi kebiasaan ngemil yang kurang sehat dan porsi makan pun lebih terjaga.

Namun, manfaat oatmeal ini tidak akan optimal jika porsi hidangan tidak diperhatikan. Percuma saja jika oatmeal disajikan terlalu banyak dan diberikan campuran yang tinggi kalori atau tinggi gula. Bisa-bisa timbangan Anda berisiko naik lagi.

2 dari 5

3. Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL) dan Gula Darah

Oatmeal dapat Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL) dan Gula Darah
loading

Manfaat oatmeal berikutnya baik bagi Anda yang ingin menjauhi makanan berkolesterol tinggi. Serat larut pada oat akan membentuk gel kental yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menstabilkan kadar glukosa darah.

Jadi, bagi Anda yang punya permasalahan kolesterol dan gula darah tinggi, sebaiknya ganti menu sarapan Anda dengan oatmeal.

Artikel Lainnya: Awas, Kesalahan Saat Makan Oatmeal Ini Justru Bikin Gemuk!

4. Praktis dan Penuh Nutrisi

Oatmeal bisa menjadi hidangan sarapan yang mudah dibuat dan memiliki gizi seimbang. Hal inilah yang membuat manfaat oatmeal baik bagi kesehatan.

Dalam secangkir oatmeal, ada sekitar 150 kalori, 4 gram serat, dan 6 gram protein. Nah, jika Anda ingin menambah protein dalam sajian oatmeal, campurkan sedikit mentega almon pada oatmeal Anda.

Dengan menambah protein lain dalam oatmeal Anda, rasa kenyang akan bertahan lama sampai siang hari. Hal ini tentunya cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dan terhindar dari ‘jajan’ mendadak di tengah hari.

3 dari 5

5. Bebas Gluten

Oatmeal Bebas Gluten
loading

Oat merupakan makanan yang bebas gluten. Manfaat oatmeal yang satu ini tentu menjadi kabar baik bagi orang-orang yang alergi gluten. Mereka bisa memanfaatkan oatmeal sebagai sumber makanan pokok atau sekadar camilan.

Agar manfaat oatmeal ini diperoleh secara optimal, sebaiknya periksa dulu kemasan olahan oatmeal yang hendak dibeli. Ini dilakukan untuk memastikan produk tersebut bebas gluten dan dibuat oleh perusahaan yang tepercaya.

Artikel Lainnya:  Masker Oatmeal untuk Redakan Kulit Terbakar

6. Tinggi Antioksidan

Manfaat oatmeal yang tak kalah pentingnya adalah sebagai sumber antioksidan yang baik. Oatmeal mengandung polifenol, yaitu senyawa yang kaya akan avenanthramide. Avenanthramide ini memiliki segudang manfaat dalam mencegah radikal bebas di tubuh.

Seperti yang diketahui, radikal bebas akan mencetuskan stres oksidatif yang berujung pada berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular, terganggunya kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

4 dari 5

7. Menurunkan Tekanan Darah

Oatmeal dapat Menurunkan Tekanan Darah
loading

Tidak hanya kolesterol dan gula darah, tekanan darah Anda bisa lebih stabil jika rutin konsumsi oatmeal. Manfaat oatmeal untuk menurunkan tekanan darah diperoleh dari salah satu kandungannya, yaitu antioksidan.

Antioksidan dapat meningkatkan produksi nitric oxide yang diketahui penting dalam mengatur pembuluh darah dalam tubuh.

8. Kulit Lebih Awet Muda

Oatmeal kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan. Oleh sebab itu, manfaat oatmeal baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain dikonsumsi langsung, jika dijadikan skin care dalam bentuk masker pun, oatmeal bisa menutrisi kulit Anda. Sangat bermanfaat, bukan?

Baca Juga

Demikian beberapa manfaat oatmeal bagi kesehatan. Agar oatmeal tidak hambar, Anda bisa mengolahnya dengan susu dan madu supaya rasanya lebih manis. Selain itu, akan lebih baik lagi jika susu yang digunakan adalah susu rendah lemak. Tambahkan pula potongan buah segar seperti pisang, beri, ataupun buah lainnya.

Selain itu, jika Anda ingin oatmeal Anda bercita rasa gurih atau asin, tambahkan protein atau lemak sehat, berupa telur atau kacang kenari dan almon.

Baca artikel-artikel kesehatan yang menarik lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter langsung melalui layanan Live Chat 24 Jam.

[WA]

ARTIKEL TERKAIT

Awas, Kesalahan Saat Makan Oatmeal Ini Justru Bikin Gemuk!

Info Sehat
13 Nov

Kaya Serat, Ini Manfaat Makan Oatmeal untuk Ibu Hamil

Info Sehat
05 Okt

Masker Oatmeal untuk Redakan Kulit Terbakar

Info Sehat
02 Okt

Ini Perbedaan Oat, Muesli, dan Granola

Info Sehat
21 Agt

Sarapan Sehat Sebelum Salat Idul Fitri

Info Sehat
05 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat