Cara Mudah Singkirkan Kutu Rambut

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 22 Nov 2018, 16:20 WIB
Kutu rambut sering hinggap di kepala, terutama pada anak-anak. Berikut cara mudah untuk menyingkirkan kutu rambut yang menyebalkan.
Cara Mudah Singkirkan Kutu Rambut (ilkercelik/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kepala diserang kutu rambut? Menggelikan pastinya. Kutu rambut menyebabkan rasa gatal di area kepala. Tak cuma itu, kalau tak segera diatasi, kutu rambut bisa berkembang biak, yang ditandai dengan banyaknya telur kutu rambut di kulit kepala Anda.

Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes dari KlikDokter, kutu rambut merupakan jenis serangga yang hidup di kepala. Serangga ini bertahan hidup dengan mengisap darah manusia. Biasanya, kutu rambut tidak bisa bisa hidup lebih dari 48 jam di luar tubuh manusia.

Penyebaran kutu rambut

Kutu rambut paling sering menyerang anak-anak, meski orang dewasa juga bisa terkena. Kutu rambut menular karena adanya kontak langsung dengan orang yang terlebih dahulu jadi “inang”. Jadi, jangan bayangkan kutu rambut itu melompat dari satu kepala ke kepala lain.

Kontak langsung yang dimaksud adalah bisa lewat pemakaian topi, sisir, handuk, atau tidur satu ranjang dengan orang yang terkena. Olahraga yang memerlukan kontak fisik juga bisa membuat orang tertular, tapi kutu rambut tidak dapat ditularkan dari hewan peliharaan.

Siklus kutu rambut dimulai ketika kutu betina bertelur dengan menempelkannya pada ujung akar rambut. Kutu akan menghasilkan zat yang sangat kuat seperti semen untuk melakukan ini.Selama perkembangan, telur kutu mengikuti suhu tertentu di kepala. Jadi, telur kutu yang paling dekat dengan kulit kepala adalah yang paling baru diletakkan di rambut dan kemungkinan ini adalah embrio yang hidup sehat.

Bagaimana menyingkirkannya?

Menurut Alejandra Perotti, asisten profesor di Fakultas Biologi, University of Reading, dua bentuk kutu rambut yang harus dipastikan sebagai target utama adalah betina dan telur yang baru lahir. Untuk menghilangkan kedua bentuk itu, sisir halus yang sejak zaman dahulu kala disebut sebagai sisir kutu telah terbukti efektif dalam hal perawatan dan pencegahan kutu.

Di sisi lain, menurut dr. Sara, kutu bisa dibasmi dengan cara menggunakan obat kutu yang dijual bebas. Namun, jangan berikan ini kepada penderita yang masih berusia 2 tahun ke bawah. Selain itu, orang yang tidur seranjang dengan penderita juga harus diberikan obat kutu tersebut.

Selain itu, obat-obatan tradisional juga bisa diberikan kepada penderita kutu rambut. Salah satu obat tanaman tradisional masih digunakan di Eropa adalah infus herbal. Infus ini terbuat dari campuran tanaman kacang panjang dan kacang kering, kemudian disemprotkan ke kepala.

Mengingat suhu spesifik yang diperlukan untuk telur kutu berkembang dan perubahan suhu drastis dapat membunuh mereka, metode baru juga sekarang sedang dikembangkan. Yaitu, memanaskan kepala sebagai bagian dari perawatan rutin. Perangkat rambut yang menghasilkan udara panas, seperti hair dyer dan catokan, menunjukkan hasil yang maksimal ketika diterapkan dengan benar secara teratur.

Anda juga perlu memperhatikan kondisi kebersihan benda yang mungkin bisa menularkan kutu rambut. dr. Sara menyarankan Anda untuk mencuci sarung bantal, seprai, topi, dan benda yang terkena kontak dengan kepala penderita selama dua hari menggunakan air panas. Benda yang sulit dicuci, seperti karpet, dapat dibersihkan dengan mesin vacuum.

Agar tidak disambangi kutu rambut, salah satu cara yang paling baik adalah menjaga kebersihan rambut dengan keramas. Selain itu, hindari memakai barang pribadi secara bergantian, seperti handuk, sisir, dan bantal. Namun kalau sudah telanjur terkena, Anda bisa menggunakan sisir kutu tradisional dan infus herbal untuk mengusir kutu rambut.

[HNS/ RVS]

Meiri YantiMeiri Yanti

untuk mndapatkan infus herbal itu apa dijual di pasaran atau di apotik??