Merawat Kesehatan Rambut dengan Charcoal

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 24 Nov 2018, 14:00 WIB
Ingin rambut bersih dan lebat bebas ketombe? Coba rawat dengan activated charcoal, atau arang aktif!
Merawat Kesehatan Rambut dengan Charcoal (Sekundator/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang selalu mengikuti perkembangan dunia kesehatan dan kecantikan, tentu tak asing dengan sebuah bahan penyusun yang kini telah banyak ditemukan dalam berbagai produk. Namanya charcoal. Salah satu lini produk yang banyak mengintegrasikan bahan charcoal sebagai bintang utamanya adalah produk perawatan rambut.

Namun, apa sesungguhnya bahan charcoal itu dan bagaimana cara kerjanya untuk rambut?

Si hitam yang kaya manfaat

Charcoal merupakan sebutan sederhana yang kerap digunakan untuk activated charcoal, atau arang aktif. Sebenarnya arang aktif ini bukanlah barang baru, dan telah digunakan bahkan sejak berabad-abad silam.

Arang aktif terbuat dari berbagai bahan, seperti arang tulang, kelapa, serbuk gergaji, dan lain-lain. Ia telah diaktifkan melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi. Suhu tinggi ini akan mengubah struktur arang, mengecilkan pori-porinya, dan memperluas permukaannya.

Meski serupa, arang aktif berbeda dari arang bara yang biasa digunakan untuk menghidupkan batu bara. Keduanya memang bisa berasal dari bahan yang sama, tetapi arang bara tidak melewati proses pengaktifan dan justru dapat mengandung berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh.

Sejak 150 tahun silam, arang aktif telah banyak digunakan sebagai salah satu terapi untuk pasien yang keracunan. Ini karena arang aktif bekerja menyerap senyawa kimiawi yang tidak seharusnya di dalam tubuh. Kini, kemampuan arang aktif untuk mengikat dan membuang racun banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan lainnya, seperti untuk industri makanan serta industi kecantikan. Salah satunya sebagai bahan utama dalam pembuatan produk-produk perawatan rambut.

Rambut kuat dan indah dengan charcoal

Dari berbagai manfaat charcoal bagi kesehatan dan kecantikan tubuh seperti mengusir bau badan, memutihkan gigi, dan mengobati jerawat, khasiat yang belum banyak diketahui adalah untuk membantu merawat rambut. Berikut beberapa manfaat charcoal untuk kesehatan rambut Anda:

  • Detoks kulit kepala

Kemampuan charcoal untuk mengikat dan membuang racun tak hanya bermanfaat bagi saluran pencernaan tetapi juga kulit, termasuk kulit kepala. Saat kulit kepala Anda mengalami penumpukan berbagai produk penata rambut dan kotor berminyak setelah seharian beraktivitas, sampo yang mengandung charcoal dapat membantu membersihkan kulit kepala dengan saksama. Alhasil, kulit kepala tak hanya bersih tapi juga terasa segar.

  • Membantu menghilangkan ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang sering dikeluhkan selain rambut rontok. Meski tidak berbahaya dan tidak menular, ketombe bisa sangat mengganggu. Untuk Anda yang memiliki problem ketombe, bisa mencoba produk perawatan rambut yang mengandung charcoal.

Tak hanya dapat memberikan efek detoks pada kulit kepala, charcoal juga akan membantu membuang sel kulit mati yang menumpuk yang merupakan salah satu penyebab timbulnya ketombe.

  • Memicu pertumbuhan rambut dan menambah volume

Rambut yang sehat tentu akan memiliki pertumbuhan yang lebih baik. Kulit kepala dan batang rambut yang bersih dengan penggunaan charcoal juga akan memberikan volume pada rambut yang sebelumnya lepek akibat adanya penumpukan minyak di akar dan ujung rambut.

Begitu banyak manfaat charcoal bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, termasuk rambut. Sebagai bahan alami, charcoal dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencoba meninggalkan produk-produk yang mengandung banyak bahan kimia. Selamat mencoba!

[RS/ RVS]