Jaga Kesehatan Pencernaan Anda dengan 5 Cara Mudah Ini

Oleh Ayu Maharani pada 26 Nov 2018, 16:30 WIB
Bosan minum obat terus karena pencernaan sering terganggu? Coba lakukan lima cara ini untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.
Jaga Kesehatan Pencernaan Anda dengan 5 Cara Mudah Ini (Magic-mine/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pencernaan yang sehat merupakan salah satu tanda tubuh sehat. Sayangnya, beberapa orang harus berurusan dengan nyeri perut, perut kembung, mual, bahkan sembelit karena pencernaan terganggu. Akibatnya mereka harus bolak-balik minum obat.

Daripada terus-terusan mengonsumsi obat yang punya efek samping, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang, jagalah kesehatan pencernaan Anda dengan lima langkah mudah ini.

1. Seimbangkan asam lambung

Asam lambung sangat berpengaruh pada pencernaan, sehingga keseimbangannya perlu dijaga. Apabila kadar asam lambung terlalu tinggi, bisa-bisa Anda mengalami gastroesophageal reflux disease atau GERD. Sebaliknya, jika asam lambung terlalu sedikit, makanan tak bisa dicerna secara sempurna di dalam perut. Kalau sudah begini, gangguan pencernaan pun bisa terjadi.

Biasanya, kadar asam lambung yang rendah disebabkan oleh penggunaan obat penetral asam lambung terlalu banyak atau terlalu sering. Jika Anda ingin menetralkan atau menyeimbangkan lagi kadar asam lambung di dalam perut, cobalah minum 1-2 sendok teh cuka apel yang dicampur dengan segelas kecil air putih sebelum makan. Dengan demikian, lambung dan usus akan mendapatkan kembali kekuatannya untuk mencerna makanan yang masuk.

2. Makan secara perlahan

Makan terburu-buru dapat memicu gangguan pencernaan. Makanan memang perlu dikunyah lebih lama agar beban kerja di perut tidak terlalu berat.

Saat makanan dikunyah secara perlahan, perut hanya perlu melakukan sedikit upaya untuk mengubah makanan padat menjadi cairan yang masuk ke usus kecil. Selain itu, mengunyah memproduksi air liur. Semakin lama makanan dikunyah, maka makin banyak air liur yang dihasilkan.

Proses ini dapat membantu memecah sebagian karbohidrat dan lemak pada makanan. Di dalam perut, air liur dapat membantu mencegah gejala GERD. Bahkan, banyak mengunyah juga bisa mengurangi stres.

3. Kelola stres dengan baik

Usus dan otak terhubung secara rumit. Apa yang memengaruhi otak juga berdampak langsung pada pencernaan Anda. Nah, coba Anda pikirkan lagi, saat Anda merasa gugup atau takut, biasanya perut akan mendadak mulas, bukan? Inilah bukti bahwa keduanya berkaitan.

Bayangkan, jika gugup pada saat-saat tertentu saja bisa bikin perut Anda mulas, apalagi jika Anda mengalami stres berat dalam jangka waktu yang lama?! Pastinya gangguan pencernaan yang diderita lebih dari sekadar mulas.

4. Hindari konsumsi makanan olahan

Meski praktis dan rasanya lezat, tetapi konsumsi terlalu banyak makanan olahan, berpengawet, mengandung banyak penyedap rasa, dan berpemanis buatan hanya akan meningkatkan risiko radang usus.

Sementara itu, sebuah studi menemukan bahwa makan 50 gram pemanis buatan dalam sehari bisa menyebabkan kembung dan diare pada sebagian orang, serta menurunkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Alhasil? Kemungkinan Anda untuk terkena infeksi bakteri di kemudian hari juga semakin tinggi. Oleh sebab itu, batasi asupan makanan olahan dan ganti dengan makanan yang lebih alami.

5. Penuhi kebutuhan serat dan probiotik

Serat dapat memperlancar pergerakan di dalam saluran cerna. Selain itu konsumsi serat juga bisa mengurangi risiko terkena radang usus. Sedangkan probiotik atau bakteri baik dalam yoghurt bisa membantu melawan bakteri jahat pemicu gangguan pencernaan dan efek dari keracunan makanan.

Jadi, menjaga kesehatan pencernaan ternyata tidak sulit, bukan? Lakukan saja lima langkah di atas. Jika Anda lakukan secara rutin dan menjadi bagian dari gaya hidup, niscaya Anda akan terhindar dari konsumsi obat-obatan akibat berbagai masalah gangguan pencernaan.

[RN/ RVS]