6 Alasan Mengapa Anda Harus Makan Blueberry

Oleh dr. Andika Widyatama pada 27 Nov 2018, 10:00 WIB
Meskipun warnanya tidak semenarik buah-buah lainnya, blueberry memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah di antaranya.
6 Alasan Mengapa Anda Harus Makan Blueberry (Chursina Viktoriia/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bentuknya bulat dan memiliki warna biru gelap cenderung keunguan. Itulah karakteristik yang jelas terlihat dari buah blueberry. Buah yang sepintas serupa dengan buah anggur ini mungkin tidak begitu populer di antara buah-buahan lain yang dikonsumsi masyarakat pada umumnya.

Salah satu penyebabnya, mungkin karena blueberry merupakan buah yang bukan berasal dari Indonesia. Meskipun begitu, sebenarnya blueberry memiliki serangkaian manfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga, alangkah baik bila Anda mengonsumsinya. Nah, berikut sederet alasan mengapa Anda harus makan blueberry.

  1. Menjaga kesehatan usus

Konsumsi buah blueberry dapat mencegah terjadinya konstipasi (sulit buang air besar). Kandungan serat di dalamnya dapat meningkatkan fungsi pencernaan usus. Dengan sistem pencernaan yang baik, maka proses penyerapan nutrisi asupan yang Anda konsumsi akan lebih maksimal.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Konsumsi buah blueberry dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak, tepatnya fungsi kognitif. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan pada responden yang berusia lanjut. Selain itu, blueberry juga dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek dan fungsi koordinasi motorik.

Selain itu, di dalam blueberry diduga terdapat zat antioksidan tertentu yang berperan dalam hal tersebut. Namun, penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut masih diperlukan.

  1. Mencegah kanker

Buah blueberry mengandung beberapa jenis antioksidan, di antaranya vitamin C, vitamin A, dan beberapa fitonutrien. Beberapa antioksidan tersebut diketahui dapat membantu dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas. Bahkan, zat antioksidan tersebut dipercaya dapat menghambat pertumbuhan tumor, serta menangkal berbagai jenis kanker seperti pada pankreas, prostat, dan usus besar.

Di samping itu, kandungan asam folat dalam blueberry juga berguna dalam proses pembentukan dan perbaikan DNA sel, sehingga buah ini juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya mutasi sel menjadi keganasan (kanker).

  1. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium, kalsium dan magnesium dalam buah blueberry diketahui membantu dalam menurunkan tekanan darah, sehingga mengonsumsinya dapat mencegah tekanan darah tinggi. Sebab, memiliki tekanan darah yang stabil, secara otomatis dapat mencegah terjadinya gangguan pada fungsi organ jantung. Selain itu, kandungan antosianin dalam blueberry diduga juga berperan dalam menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Beberapa penelitian membuktikan bahwa buah blueberry memiliki efek menyerupai obat diabetes. Efek tersebut mampu meningkatkan sensitivitas hormon insulin dan juga menurunkan kadar gula darah.

Kandungan antosianin dalam blueberry dipercaya meningkatkan fungsi hormon insulin dan proses metabolisme gula dalam tubuh. Oleh karena itu, blueberry dipercaya bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, buah ini juga bisa menjadi salah satu buah yang tepat untuk dikonsumsi orang dengan diabetes.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Di samping bermanfaat bagi organ-organ di dalam tubuh, ternyata buah blueberry juga menyimpan manfaat bagi organ kulit. Kandungan vitamin C dalam bluberi dipercaya berperan dalam menjaga fungsi kolagen pada kulit. Dengan begitu, blueberry dapat mencegah terjadinya keriput dan memperbaiki tekstur pada kulit. Pada akhirnya, kulit yang sehat dapat menunjang penampilan dan membuat Anda lebih percaya diri.

Jadi, itulah serangkaian alasan mengapa Anda harus makan blueberry. Cukup banyak bukan manfaat kesehatan yang dimiliki buah ini? Yuk, jadikan blueberry menjadi buah pilihan yang rutin dikonsumsi setiap hari!

[NP/ RVS]