Pengobatan Alami untuk Anak Alergi

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 02 Dec 2018, 17:30 WIB
Anak yang punya alergi tertentu bisa bikin orang tua khawatir. Selain dengan obat, ada pengobatan alami untuk mengatasi alergi anak.
Pengobatan Alami untuk Anak Alergi (Tatiana-Gladskikh/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Alergi bisa dialami siapa saja, mulai dari usia muda hingga tua. Namun, anak-anak merupakan kelompok usia yang rentan mengalami alergi selain adanya riwayat keluarga. Alergi merupakan reaksi yang tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap bahan tertentu. Saat anak menderita alergi, orang tua cenderung sering merasa waswas karena alergi bisa kambuh sewaktu-waktu.

Anak yang mengalami alergi bisa mengalami gejala-gejala tertentu saat terpapar bahan alergen, dari yang ringan hingga berat. Gejalanya antara lain terjadinya gangguan pencernaan, ruam pada kulit, atau kelainan pada pernapasan.

Cara terbaik untuk mencegah alergi adalah dengan sebisa mungkin menjauhi pemicunya. Meski demikian, “kecelakaan” tetap bisa terjadi, alergi pun tetap kambuh. Untuk mengatasi reaksi alergi, biasanya dokter merekomendasikan obat-obataan tertentu seperti antihistamin yang dijual bebas atau resep dokter, atau epinefrin. Namun, jika reaksi alergi tergolong ringan, ada beberapa obat alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala alergi yang muncul. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah pengobatan alami yang bisa Anda coba.

  • Meredakan gejala pada sinus

Meski sudah memasang filter AC atau membersihkan rumah dari bulu binatang, menghindari alergen udara bukanlah hal yang mudah. Untuk mengobati gejala pernapasan ringan, cobalah obat alergi yang dijual bebas. Ingin yang lebih alami, berikan anak botol atau mangkuk berisi air panas lalu suruh anak untuk menghirup uapnya. Uap ini dapat membantu membersihkan sinus yang tersumbat.

  • Meredakan gejala pada pencernaan

Jika anak mengalami diare, cobalah untuk menerapkan diet hambar. Misalnya, banyak orang yang merekomendasikan nasi, roti panggang, pisang, dan saus apel. Juga penting untuk membuat anak minum banyak cairan.

Jika anak merasa mual, buat ia beristirahat. Singkirkan sumber aroma yang tajam seperti parfum atau dari pengharum ruangan, karena ada kemungkinan gejala mual memburuk.

  • Meredakan gejala pada kulit

Sebelum mengambil krim atau losion antihistamin, coba dulu cara alami. Sebagai contoh, untuk mengatasi dermatitis kontak, Anda bisa memandikan atau meminta anak untuk menggosok lembut area yang teriritasi dengan mild soap. Setelah mandi, oleskan gel lidah buaya atau krim calendula.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa orang sensitif terhadap bahan-bahan di atas. Jika kulit anak kering, pelembap atau salep tanpa pengharum (fragrance-free) bisa membantu.

Untuk meredakan gatal-gatal, basuh area dengan kain basah yang dingin. Mencampurkan baking soda atau oatmeal ke air untuk mandi anak juga bisa membantu dalam memberikan efek yang menenangkan (soothing).

1 of 2

Mencegah alergi pada anak juga bisa dilakukan secara alami

Selain tips di atas, dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc, dari KlikDokter juga punya beberapa tips menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar sebagai pencegah alergi pada anak. Berikut di bawah ini adalah di antaranya.

1. Kunyit

Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, menurut Bharat Aggarwal, profesor terapi eksperimental dari Anderson Cancer Center Houston, Amerika Serikat, kunyit diketahui memiliki efek melegakan pernapasan dan meredakan gejala alergi.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu pereda alergi yang sederhana. Campuran perasan jeruk nipis dengan segelas air hangat dan madu dapat mencegah timbulnya gejala alergi.

3. Madu

Seperti dipublikasikan di jurnal “Archives of Allergy and Immunology” tahun 2011, madu dapat mengurangi gejala alergi jika dikonsumsinya setiap hari.

4. Cuka apel

Meminum sesendok teh cuka apel dengan segelas air dapat meredakan hidung yang tersumbat. Anda juga bisa menambahkannya dengan perasan lemon.

Selain langkah-langkah di atas, cara efektif untuk mencegah alergi adalah dengan menjauhi pemicunya. Namun, jika anak masih juga kambuh alerginya, Anda bisa mencoba beberapa cara alami tanpa obat terlebih dulu seperti yang disebutkan di atas. Jika gejala tak kunjung hilang, silakan konsumsi antihistamin sesuai resep dokter. Jika gejala memburuk, sebaiknya segera bawa anak periksa ke dokter.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓