Perlukah Mengonsumsi Suplemen Kolagen?

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 03 Dec 2018, 14:45 WIB
Kolagen merupakan suatu protein yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Apakah baik jika dikonsumsi dalam bentuk suplemen?
Perlukah Mengonsumsi Suplemen Kolagen? (Kjetil Kolbjornsrud/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Seiring dengan bertambahnya usia, kolagen akan semakin berkurang sehingga pada kulit akan timbul kerut dan kantong mata. Untuk melawan proses penuaan, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mempertahankan kulit tetap seperti semula. Salah satunya dengan mengonsumsi kolagen.

Di samping penuaan, alasan utama mengapa orang tidak memiliki cukup kolagen adalah pola makan yang buruk. Tubuh memproduksi kolagen melalui asam amino. Anda dapat memperoleh asam amino dengan mengonsumsi makanan kaya protein, seperti daging, kacang-kacangan, dan produk-produk susu. Selain asam amino, Anda juga membutuhkan vitamin dan mineral untuk memaksimalkan produksi kolagen.

Tak hanya untuk kesehatan kulit, kolagen juga penting bagi tulang, otot, dan pembuluh darah. Salah satu upaya mengonsumsi kolagen yang sering dilakukan orang yakni dalam bentuk suplemen. Namun yang jadi pertanyaan, apakah cara ini tergolong efektif?

Fakta seputar konsumsi suplemen kolagen

Sebelum mengonsumsi suplemen kolagen, ketahuilah bahwa mendapatkan nutrisi dari makanan organik yang segar adalah cara terbaik untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh. Ini karena makanan yang sehat dicerna secara alami oleh tubuh. Tapi tak dimungkiri bahwa suplemen kolagen adalah cara terbaik kedua, terutama bagi orang yang kerap bepergian atau khawatir pola makannya tidak bernutrisi seperti seharusnya.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen kolagen, konsultasikan dulu dengan dokter ahli gizi. Dokter akan menentukan apakah Anda memang membutuhkan suplemen kolagen tambahan atau tidak.

Beberapa krim kulit juga mengklaim mengandung kolagen sintetis untuk membantu merevitalisasi kulit. Ia bekerja dengan cara menambahkan lapisan khusus pada kulit Anda untuk mengurangi kehilangan air dan melindungi kulit dari dampak lingkungan. Tapi jangan lupa bahwa kulit adalah organ terbesar tubuh. Dan tetap, cara yang terbukti dapat menjaga kesehatan organ-organ Anda adalah dengan asupan nutrisi yang baik.

Meningkatkan kolagen lewat makanan

Kulit Anda adalah cermin dari kesehatan tubuh Anda. Masuk akal jika makanan sehat dikatakan sebagai cara yang tepat untuk mengantar asupan kolagen ke seluruh tubuh yang nantinya berfungsi menyehatkan kulit. Untuk mendapatkan asupan kolagen yang lebih alami ketimbang suplemen, cobalah untuk fokus mengonsumsi makanan-makanan berikut ini:

  1. Sayuran hijau tua

Sayuran hijau tua merupakan jenis makanan yang mengandung agen penghasil kolagen. Tambahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, kol, dan kangkung ke makanan Anda setiap hari.

  1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 akan memastikan sel-sel tubuh bekerja dengan baik untuk membangun kolagen. Makanan yang banyak mengandung omega-3 meliputi salmon, sarden, dan kacang mede.

  1. Kedelai

Kacang kedelai kaya akan genistin, senyawa yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan melawan tanda-tanda penuaan. Anda bisa mengonsumsi olahan dari kedelai dalam bentuk tempe, tahu, hingga susu.

  1. Beri

Berbagai macam buah beri – contohnya stroberi dan blueberry -- kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Kandungan dalam buah-buahan tersebut dapat membantu produksi kolagen.

Sederet makanan lainnya yang mengandung vitamin C dan A dapat menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh. Konsumsi sumber kolagen alami dari makanan tetap lebih baik ketimbang dalam bentuk suplemen. Jika Anda lebih memilih suplemen kolagen, silakan konsultasikan dulu dengan dokter gizi untuk mengetahui apakah Anda memang membutuhkannya.

[RS/ RVS]