Ini Dia Cara Mudah untuk Makan Lebih Sehat

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 05 Des 2018, 15:40 WIB
Banyak orang bilang makan sehat itu mahal dan repot. Tapi sebenarnya, ada cara yang mudah untuk mewujudkannya.
Ini Dia Cara Mudah untuk Makan Lebih Sehat (Tetyana-Kaganska/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Makanan adalah salah satu hal yang vital untuk fungsi tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang memiliki pola makan buruk. Bahkan bisa dibilang, kualitas makan kebanyakan orang berada di bawah standar. Contohnya di Amerika Serikat, orang-orangnya dinilai terlalu banyak mengonsumsi protein serta makanan tinggi olahan, demikian menurut Dr. Stephen Juraschek yang bekerja di Harvard Medical School.

Kondisi di atas mungkin juga terjadi di banyak negara lainnya, termasuk Indonesia. Jika hal ini terus berlangsung, bukan tidak mungkin tingkat kesehatan orang-orang akan semakin rendah. Apalagi pada era sekarang ini, teknologi telah begitu memudahkan kehidupan. Untuk makan, Anda tidak perlu repot-repot. Cukup ambil ponsel Anda, buka aplikasi ojek online, lalu pilih makanan yang Anda mau. Dalam sekejap, makanan sudah datang dan bisa dinikmati.

Selain itu, dengan menjamurnya berbagai restoran yang menawarkan berbagai jenis menu makanan, hasrat untuk makan di luar juga makin tinggi. Ditambah lagi, orang-orang malas kian malas untuk memasak sendiri dengan alasan repot. Jika Anda makan di luar sepanjang waktu, akan sangat sulit untuk makan dengan baik mengingat banyak restoran jarang mempublikasikan data nutrisi dan daftar bahan mereka.

“Makanan di restoran cenderung dipenuhi dengan garam dan zat tambahan yang membuatnya terasa enak. Memang itu tidak akan meningkatkan jumlah kalori Anda, tetapi dapat merusak tujuan kesehatan Anda,” kata Juraschek, dilansir TIME.

Mulailah masak makanan Anda sendiri

Itu sebabnya, jika Anda ingin makan lebih sehat, perubahan pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan adalah mulai memasak makanan Anda sendiri dari awal. Dengan kata lain, jangan malas lagi untuk ke dapur.

Menurut Juraschek, memasak adalah kunci untuk memiliki pola makan sehat karena Anda memiliki kendali sepenuhnya terhadap apa yang Anda konsumsi. Ya, memasak memang membutuhkan waktu dan tenaga, tetapi para ahli setuju bahwa kecil kemungkinannya bagi Anda untuk makan “jorok” saat memasak sendiri. Karena Anda bisa mengontrol sendiri minyak yang ingin digunakan, bahan-bahan, dan lainnya.

“Sebagian besar masalah pola makan akan terselesaikan jika Anda mengonsumsi “makanan yang sebenarnya” (makanan utuh) ketimbang makanan kemasan atau olahan,” kata Dr. Robert Lustig, profesor pediatrik dan endokrinologi di University of California, San Francisco.

Di sisi lain, dengan memasak sendiri, Anda akan menghemat pengeluaran rumah tangga. Bayangkan, harga makanan yang Anda masak tentu tidak ada apa-apanya dibandingkan jika Anda harus ke restoran.

Jika Anda bingung mengenai jenis makanan apa yang harus disiapkan, mudah saja: sayur dan buah harus memenuhi piring makan Anda. “Diet sehat menganjurkan Anda makan buah dan sayuran setidaknya 7 hingga 9 porsi per hari,” kata Juraschek. Ia juga menyebut bahwa banyak orang cenderung makan protein secara melimpah, sementara konsumsi sayur malah terlalu hemat.

Jadi, jika Anda serius untuk memulai kebiasaan makan sehat, lupakan segala jenis diet yang populer sekarang. Masaklah makanan Anda sendiri dari bahan makanan utuh dan tanpa pengolahan yang berlebihan. Pastikan juga piring makan Anda terdiri atas lebih banyak buah dan sayuran. Jadi, untuk makan lebih sehat, ternyata tidak sesulit yang Anda perkirakan, bukan?

[RS/ RVS]