3 Cara Ampuh Usir Jamur Kuku

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 05 Des 2018, 16:20 WIB
Jamur kuku tidak hanya mengganggu kesehatan tetapi merusak penampilan kaki Anda. Atasi dengan 3 cara ampuh ini.
3 Cara Ampuh Usir Jamur Kuku (Alexander-Raths/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah kuku-kuku kaki Anda terserang jamur kuku? Atau mungkin, Anda justru sedang mengalaminya saat ini? Meski tampak sederhana, jamur kuku adalah salah satu gangguan kesehatan yang mesti segera diatasi. Kondisi tersebut dapat merusak penampilan kaki Anda, sehingga tampak kurang sedap dipandang.

Dalam dunia kedokteran infeksi jamur pada kuku dikenal sebagai onikomikosis. Selain permukaan kuku menjadi bergelombang, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan kuku berubah warna agak kekuningan. Selain itu, kuku juga menjadi rapuh, mudah mengelupas dan lebih kusam.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, jamur kuku dapat tumbuh dari dasar kuku, kemudian secara perlahan mengangkat kuku, sehingga kuku tumbuh tidak sempurna. Jika semakin buruk kondisinya, dapat menusuk kulit di samping kuku serta menyebabkan luka. Apalagi  jika jamur dan atau bakteri masuk melalui kuku yang sudah rusak.

“Saat memasuki kuku yang sudah rusak, jamur bisa menimbulkan infeksi lebih luas dan memicu timbulnya sensasi nyeri dan radang di jaringan kuku,” kata dr. Mega.

Untuk mengatasinya, ikuti cara ampuh yang dilansir dari Daily Heart Alerts sebagai berikut:

1. Gunakan tea tree oil

Tea tree oil berasal dari genus pohon tertentu yang kebanyakan tumbuh di Australia dan Selandia Baru. Ia memiliki bau yang kuat, memiliki sifat antimikroba, antijamur, antivirus dan anti-inflamasi membuatnya manjur sebagai obat untuk jamur kaki.

Minyak ini dapat diaplikasikan dengan bola kapas yang direndam, semprot atau dioleskan dua kali sehari selama beberapa bulan sampai jamur benar-benar hilang dan tidak tumbuh lagi. Namun, pastikan Anda tidak alergi pada minyak yang satu ini.

2. Rendam dalam campuran air hangat dan cuka apel

Cuka apel yang dioleskan pada jamur kuku mampu menciptakan lingkungan asam yang tidak ramah untuk jamur. Pada saat yang sama, cuka apel nyatanya telah terbukti membunuh bakteri dan jamur lain seperti dermatofit.

Tambahkan cuka apel dengan air hangat untuk merendam kaki selama tiga puluh menit, dua kali per hari. Bisa juga dengan mengoleskan pada kapas dan ditempelkan langsung pada kuku. Pastikan kaki tidak dalam kondisi basah saat kapas ditempelkan pada kuku.

3. Oleskan minyak lavender

Selain harum, minyak lavender memiliki sifat antivirus, antijamur, anti-inflamasi dan antiseptik alami. Pemakaian minyak lavender pada tubuh dinilai dapat meningkatkan sirkulasi serta sistem kekebalan tubuh. Dua hal tersebut sering diabaikan ketika Anda membasmi jamur kuku.

Belilah minyak lavender murni dan bukan minyak esensial lavender. Ini penting karena minyak esensial tidak memiliki zat-zat dari lavender secara seutuhnya.

Oleskan pada tepi kuku yang berjamur untuk memastikan penyerapan ke kulit meskipun dapat menembus kuku tetapi membutuhkan waktu lebih lama. Banyak pakar kesehatan merekomendasikan campuran minyak lavender dan tea tree oil untuk kuku yang terkena jamur.

Ada banyak resep pengobatan rumahan yang bisa Anda pakai. Lakukan satu atau beberapa kali selama beberapa bulan, untuk menghilangkan jamur kuku yang Anda alami.  Anda akan melihat hasilnya setelah melakukannya selama beberapa waktu. Namun apabila tidak ada perubahan yang signifikan, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RVS]