Cegah dan Atasi Stretch Mark dengan Cara Alami Ini

Oleh dr. Adeline Jaclyn pada 06 Des 2018, 07:45 WIB
Tidak ingin stretch mark muncul dan merusak penampilan kulit Anda? Cegah dan atasi dengan cara alami ini!
Cegah dan Atasi Stretch Mark dengan Cara Alami Ini (Suriya Yapin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin memiliki penampilan kulit mulus, cerah, dan tampak sempurna. Namun terkadang, keinginan tersebut sirna begitu saja lantaran stretch mark yang muncul tiba-tiba.

Stretch marks atau yang dikenal dalam istilah medis sebagai striae gravidarum merupakan kondisi kulit yang berubah menjadi muncul garis-garis berwarna merah, ungu, atau keperakan. Kondisi kulit ini paling sering muncul pada area perut, dada, pinggul, bokong, dan paha.

Stretch mark dapat terjadi pada siapa saja. Kendati begitu, terdapat faktor risiko lain yang membuat keluhan tersebut lebih rentan terjadi. Berikut beberapa di antara faktor risiko yang dimaksud:

  • Wanita
  • Orang yang memiliki riwayat keluarga stretch mark
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Sedang hamil
  • Mengalami kenaikan atau penurunan berat badan dengan cepat
  • Penggunaan kortikosteroid
  • Membesarkan payudara
  • Adanya penyakit genetik, seperti Cushing’s syndrome.
1 of 2

Cara alami untuk cegah dan atasi stretch mark

Stretch mark dapat dicegah dan diatasi dengan penggunaan bahan-bahan alami berikut ini:

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa diserap dengan cepat oleh kulit, dan dapat mengeliminasi sel kulit mati. Bahan alami ini mengandung vitamin E dan asam lemak yang menjaga turut menjaga kesehatan kulit Anda.

Supaya efektif mencegah stretch mark, lakukan pijatan pada kulit dengan minyak kelapa setelah mandi. Pastikan minyak yang Anda oleskan terserap sepenuhnya oleh kulit. Tindakan ini bisa Anda lakukan sebanyak tiga kali sehari.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun (olive oil) mengandung vitamin E, antioksidan, serta komponen lain yang dapat membantu proses penyembuhan. Selain itu, minyak tersebut juga memiliki senyawa yang mampu menekan rasa gatal pada kulit yang meregang akibat stretch mark.

Agar manfaatnya benar-benar terasa, lakukan pijatan dengan minyak zaitun ke area kulit yang memiliki stretch mark. Biarkan selama beberapa saat hingga minyak terserap sempurna ke dalam kulit. Tindakan ini paling tepat dilakukan setelah mandi.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki bagian dalam (gel) yang bersifat menenangkan dan menyembuhkan. Ini karena bagian tersebut mengandung enzim, mineral, vitamin, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan.

Cara penggunaannya, potong daun lidah buaya dan pisahkan bagian dalam yang berbentuk seperti gel. Kemudian, oleskan gel tersebut ke bagian tubuh yang memiliki stretch mark dan lakukan pijatan secara perlahan. Setelah dipijat, diamkan selama beberapa saat agar gel lidah buaya yang tadi dioleskan terserap sempurna. Anda dapat melakukan teknik ini dua kali sehari.

Guna membantu kinerja bahan-bahan alami di atas untuk mencegah dan mengatasi stretch mark, penggunaannya harus dikombinasikan dengan:

  • Mengontrol berat badan

Stretch mark sangat mungkin terjadi jika Anda mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang terlalu signifikan. Jadi, dengan berusaha mengendalikan berat badan agar tidak naik atau turun secara signifikan, risiko terjadinya stretch mark menjadi semakin kecil.

  • Jaga kecukupan cairan tubuh

Minum air putih dalam jumlah cukup atau sekitar 8–9 gelas setiap hari terbukti mampu menjaga kelembapan kulit. Dengan kondisi kulit yang seperti itu, stretch mark tidak akan terjadi.

  • Konsumsi makanan sehat

Jika tak ingin ada stretch marks di kulit, pastikan menu harian Anda terdiri dari makanan kaya vitamin C, vitamin D, vitamin E, zink, dan protein. Zat gizi tersebut bisa Anda temukan pada sayur dan buah-buahan.

Jika dengan upaya di atas stretch mark masih saja muncul atau tak kunjung hilang, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit. Dengan demikian, keluhan yang menganggu kondisi kulit bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

[NB/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓