Suka Makan Siang di Luar Kantor? Ini Manfaatnya

Oleh dr. Andika Widyatama pada 06 Des 2018, 14:15 WIB
Sempatkan diri Anda untuk makan siang di luar kantor dan rasakan manfaatnya!
Suka Makan Siang di Luar Kantor? Ini Manfaatnya (Goran Bogicevic/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tak bisa dibantah bahwa perkembangan teknologi membuat hidup Anda lebih mudah. Cukup duduk manis sambil memesan lewat aplikasi, dalam sekejap makan siang sudah diantarkan ke kantor. Tapi, tahukah Anda bahwa makan siang di luar kantor ternyata memiliki banyak manfaat?

Dalam keseharian jadwal makan siang bisa menjadi waktu yang dimanfaatkan oleh para pekerja kantoran untuk beristirahat sejenak dari penatnya pekerjaan. Namun, nyatanya masih ada saja sebagian pekerja yang menghabiskan waktu makan siangnya di dalam kantor. Bahkan, tidak sedikit yang memilih makan siang di atas meja kerja. Ada saja yang malas bergerak untuk keluar kantor. Ada pula yang lebih suka makan siang sambil melanjutkan pekerjaan di kantor.

Padahal, selain menghilangkan penatnya pekerjaan, makan siang di luar kantor sebenarnya dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan berikut ini:

  • Mengurangi nyeri punggung

Pekerja kantor banyak menghabiskan waktu bekerja dalam posisi duduk. Kondisi tersebut dapat membuat tegang tulang punggung dan otot di sekitarnya yang akhirnya dapat menimbulkan keluhan nyeri pada punggung.

Biasanya keluhan yang paling sering dirasakan adalah di area punggung bagian bawah atau leher.  Saat berjalan untuk makan siang di luar kantor, tubuh menjadi lebih aktif bergerak. Sehingga, tulang dan otot punggung juga diberi kesempatan untuk meregang dan menjadi lebih rileks. Hal ini dapat membantu mengatasi nyeri punggung yang kerap dialami oleh pekerja kantor.

  • Meningkatkan konsentrasi

Pergi ke luar kantor dan berjalan saat makan siang dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Sebuah penelitian di Bristol University menemukan fakta bahwa pekerja yang melakukan aktivitas fisik saat istirahat makan siang mengalami peningkatan konsentrasi sebesar 21 persen.

Aktivitas fisik ini tidak diragukan lagi juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Pada akhirnya, konsentrasi dan kemampuan kognitif yang lebih baik dapat meningkatkan produktivitas kerja di kantor.

1 of 2

Selanjutnya

  • Melancarkan pencernaan

Masih banyak pekerja yang makan siang di meja kerja. Bahkan, banyak yang melakukannya sambil bekerja dan tidak fokus dengan makanan yang dikunyah. Akibatnya porsi makanan yang dikonsumsi cenderung berlebihan dan kecepatan makan atau mengunyah pun tidak terkontrol.  Cara makan seperti ini dapat menimbulkan keluhan kembung, begah, hingga naiknya asam lambung.

Idealnya, Anda perlu makan dengan fokus dan perlahan untuk meminimalkan jumlah udara yang masuk ke saluran pencernaan saat mengunyah makanan. Penelitian di Harvard University menyatakan bahwa mengonsumsi makan secara perlahan dapat membuat seseorang lebih cepat kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi lebih sedikit. Artinya, kondisi tersebut dapat membantu dalam mengontrol berat badan Anda.

  • Melancarkan peredaran darah

Berjalan saat makan siang di luar kantor memberi kesempatan tubuh untuk lebih banyak bergerak setelah duduk dalam waktu yang lama di kursi kantor. Hal dapat melancarkan sirkulasi darah dan metabolisme tubuh.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa semakin lama duduk dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes dan penyakit jantung. Jadi, gunakanlah tangga dibanding lift atau eskalator ketika Anda pergi menuju tempat makan siang. Selain meningkatkan gerak tubuh, hal tersebut dapat meningkatkan pembakaran kalori tubuh, sehingga membantu mengontrol berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung serta diabetes.

  • Mengurangi stres

Mencari makan siang sekaligus melihat suasana baru di luar kantor dapat mengurangi stres yang disebabkan oleh pekerjaan. Misalnya, tempat makan siang Anda memiliki pemandangan hijau, memainkan musik yang indah atau menyediakan menu makanan yang lezat.

Selain itu, menghabiskan waktu makan siang sambil berbincang dan tertawa ria bersama teman saat makan di luar juga dapat membuat Anda lebih rileks dan lebih bertenaga sebelum kembali bekerja.

Anda bisa membicarakan hal yang ringan dan tentunya tidak berhubungan dengan pekerjaan di kantor. Ditambah, keceriaan bersama teman saat makan siang juga dapat saling menguatkan hubungan baik. Pada akhirnya, hubungan baik dapat meningkatkan kualitas kerja sama Anda dengan teman saat kembali bekerja bersama di kantor.

Meski terkesan sepele, pergi makan siang di luar kantor nyatanya juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun, jangan lupa pastikan makanan yang Anda konsumsi saat makan di luar juga bergizi dan higienis, ya!

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓