search

Cara Mengatasi Kakak Beradik yang Sering Bertengkar

Perselisihan antara kakak dan adik adalah hal biasa. Namun, bagaimana cara mengatasi kakak adik yang sering bertengkar? Yuk, simak di sini!
Cara Mengatasi Kakak Beradik yang Sering Bertengkar

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki anak lebih dari satu, keributan antar-saudara terkadang tak bisa dihindari. Sebagian besar penyebabnya sepele saja, misalnya berebut makanan dan mainan, atau keisengan kakak/adik. Lantas, adakah cara mengatasi kakak adik yang sering bertengkar ini?

Jawabannya tentu ada. Namun, selain menerapkan langkah-langkah tersebut, Anda tidak perlu menjadi lekas naik pitam dan marah-marah kepada si kecil. Perselisihan antara kakak beradik merupakan bagian yang kehidupan berkeluarga.

Perkelahian ini dapat menjadi pelajaran bagi anak untuk mengasah keterampilan dalam bersosialisasi dan memecahkan masalah dengan orang lain. Walaupun demikian, sebagai orangtua Anda tetap harus mengawasi dan mengambil langkah untuk membantu mengatasi pertengkaran itu.

Apa saja cara mengatasi pertengkaran kakak adik? Berikut daftarnya untuk Anda.

1. Hindari Emosi

Cara mengatasi kakak adik yang sering bertengkar yang pertama adalah mengontrol emosi berlebihan. Sebagai orangtua, Anda sebaiknya berpikir dengan kepala dingin dalam menghadapi pertengkaran antara kakak beradik.

Hindari menggunakan emosi yang berlebihan kepada salah satu anak karena dapat membuat yang lain merasa cemburu. Anda dapat mengamati pertengkaran mereka secara objektif dan mencoba menemukan akar masalahnya.

Artikel lainnya: Dulu Akur Sekarang Tidak, Ini Penyebab Saudara Bertengkar saat Dewasa

1 dari 4

2. Jangan Menjadi Penonton

Jangan Menjadi Penonton
loading

Sering kali pertengkaran antara kakak beradik dipicu dari keinginan untuk mendapatkan perhatian orangtua. Itu sebabnya, cara menghindari kakak dan adik bertengkar adalah dengan tidak menjadi penonton. Jika Anda hanya menonton, pertengkaran akan berlangsung makin lama.

Apabila Anda yakin pertengkaran tersebut tidak berbahaya, mintalah mereka menyelesaikan masalah tanpa membela salah satu anak.

3. Berikan Solusi pada Waktu yang Tepat

Ketika ada pertengkaran kakak beradik, orangtua sebaiknya mengamati dan mencoba menemukan permasalahan yang mengakibatkan pertengkaran.

Ketika sudah menemukan masalahnya, Anda dapat memberikan solusi terbaik yang adil, baik bagi kakak maupun adik.

4. Ajarkan Cara Bernegosiasi

Cara mengatasi pertengkaran kakak adik selanjutnya adalah dengan bernegosiasi. Seiring bertambahnya usia, Anda dapat mengajarkan anak-anak untuk bernegosiasi dan menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Ajarkan cara berdamai dan menemukan solusi yang menguntungkan kedua belah pihak. Dalam bernegosiasi ini, Anda dapat berperan sebagai penengah.

5. Alihkan Perhatian

Ketika anak-anak sedang bertengkar, Anda dapat mencoba mengalihkan perhatian mereka dengan banyak hal. Misalnya, meminta mereka mengerjakan suatu hal sehingga pertengkaran justru terlupakan. 

Artikel lainnya: Waktu yang Tepat bagi Adik Kakak untuk Tidur Terpisah

2 dari 4

6. Bantu Anak Mengekspresikan Perasaannya

Bantu Anak Mengekspresikan Perasaannya
loading

Pertengkaran antara kakak beradik sering kali timbul karena anak kesulitan dalam mengekspresikan perasaan. Misalnya, sang kakak tidak ingin meminjamkan mainan untuk sang adik.

Sebagai orang tua, Anda harus tanggap, bertindak, dan menjelaskan bahwa saudara harus saling berbagi atau bergantian memakai mainan. Jangan lupa mengingatkan mereka untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum meminjam mainan.

Ingatkan adik bahwa kakak juga boleh meminjam mainannya, begitu juga sebaliknya.

7. Jangan Membela Salah satu anak

Setiap anak pasti memiliki alasan mengapa mereka bertengkar. Cobalah untuk mendengarkan cerita dari sudut pandang masing-masing anak. Jangan membela adik karena berusia lebih muda, sementara si kakak harus selalu mengalah.

Berikanlah mereka pengertian bahwa kakak beradik harus saling menyayangi dan hidup rukun.

8. Dorong Mereka untuk Bekerja Sama

Saat mereka berhasil menyelesaikan permasalahan, ajari juga untuk bekerja sama. Misalnya awalnya mereka bertengkar karena suatu mainan, ajak mereka untuk bermain bersama bergantian.

Artikel lainnya: Si Kakak Cemburu pada Adik? Ini Cara Menghadapinya

3 dari 4

9. Buatlah Aturan

Buatlah Aturan
loading

Cara menghindari kakak dan adik bertengkar selanjutnya adalah dengan membuat aturan. Bila perlu, tulis dan lengkapi peraturan tersebut beserta sanksinya.

Buatlah sanksi yang mendidik seperti membantu membersihkan rumah, merapikan ranjang, dan yang lain-lain. Ingatkan mereka untuk mematuhi peraturan yang ada. 

Bila berhasil ditaati, pujilah mereka agar merasa dihargai. Peraturan ini juga dapat diterapkan bagi anak dalam banyak hal di rumah, tidak hanya untuk mengatasi pertengkaran.

10. Jangan Membandingkan satu dengan yang lain

Setiap anak itu unik. Bahkan kakak beradik dapat memiliki karakter yang berbeda. Itu sebabnya, hendaknya orangtua tidak membandingkan anak-anaknya dalam segi apa pun.

Membandingkan anak dapat menimbulkan rasa cemburu di antara mereka yang dapat menyebabkan pertengkaran. Jangan pelit untuk memberikan pujian, hadiah, atau pelukan apabila anak-anak sudah bersikap baik.

Selain mencoba 10 cara mengatasi kakak-adik yang sering bertengkar tersebut, pelajari juga karakter dan bahasa kasih masing-masing anak. Dengan mengetahuinya, mereka dapat merasa lebih dihargai dan dikasihi oleh kedua orangtuanya.

Baca Juga

Jangan lupa, anak-anak selalu membutuhkan teladan dari orangtua. Berilah contoh menyelesaikan masalah yang baik kepada si kecil.

Dapatkan informasi lainnya seputar pola asuh anak dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Shelvy Putri Amelia, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 20.000
avatar

dr. Ariawan Setiadi, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 60.000

ARTIKEL TERKAIT

Sejak Kecil Ikut Klub Olahraga Bisa Berdampak Buruk pada Anak

Info Sehat
25 Mar

Tips Berbagi Peran Orangtua Baru saat Merawat Bayi Kembar

Info Sehat
24 Mar

Mitos-Mitos Keliru Tentang Pendidikan Anak

Info Sehat
22 Mar

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Orangtua Mau Curhat ke Anak

Info Sehat
22 Mar

Hal Buruk yang Rentan Dialami Anak Rajin

Info Sehat
21 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat