Cara Mudah Merawat Kulit agar Tetap Kencang dan Sehat

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 11 Dec 2018, 11:00 WIB
Usia bertambah, tanda-tanda penuaan pun kian jelas. Tenang, ada cara mudah merawat kulit agar tetap kencang dan sehat.
Cara Mudah Merawat Kulit agar Tetap Kencang dan Sehat (RomarioIen/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan pada kulit pun makin tampak jelas. Keluhan biasanya berupa kulit terlihat berkerut, kendur, dan keriput. Bahkan, keluhan-keluhan tersebut banyak dialami mereka yang usianya di bawah 30 tahun! Jangan langsung panik hingga ingin buru-buru facelift. Ada cara mudah untuk merawat kulit agar tetap kencang dan sehat.

Sebelum mengetahui rahasia merawat kulit yang sehat dan kencang, ketahuilah beberapa penyebab kulit jadi cepat tampak tua dan keriput, yaitu:

  • Paparan sinar matahari yang berlebihan. Apalagi jika Anda tak menggunakan tabir surya, paparan sinar matahari bisa merusak struktur pendukung di kulit.
  • Berat badan yang tidak stabil. Berat badan yang mudah naik dan turun bisa merusak elastisitas kulit. Akibatnya, kulit mudah kendur dan berkeriput.
  • Merokok. Tembakau dan berbagai zat kimia dalam rokok mengakibatkan kulit kering dan berkeriput dengan mudah. Selain itu, rokok juga dapat mengurangi oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan kulit.
  • Konsumsi kafein. Minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, atau minuman berenergi bisa memicu munculnya kerutan halus di wajah.

Saat mendapat kulit tak lagi sekencang dulu, jangan buru-buru merogoh kocek jutaan hingga puluhan juta rupiah. Cobalah lakukan langkah-langkah sederhana di bawah ini terlebih dulu:

  1. Membersihkan kulit secara teratur

Rutinitas membersihkan kulit dengan cara mandi dan membersihkan wajah secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Ini karena aktivitas tersebut mampu menyingkirkan debu, kotoran, ataupun kuman penyebab penyakit yang menempel di kulit. Pastikan Anda mandi dua kali sehari serta tak pernah lupa membersihkan wajah sebelum tidur.

  1. Minum air putih

Usahakan untuk minum air putih minimal delapan gelas per hari. Jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, maka kulit pun juga merasakan manfaatnya. Kelembapan kulit akan terus terjaga, sehingga Anda terhindar dari kulit kering dan keriput.

  1. Tidur cukup

Kurang tidur dan/atau punya kebiasaan begadang? Waspadalah, itu semua bisa mempercepat penuaan dini. Tak hanya itu, kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi yang baik dari makanan pun bisa terhambat. Lebih jauh lagi, kapasitas tubuh untuk memproduksi hormon peremajaan sel pun berkurang karena hormon ini secara aktif bekerja saat Anda tidur.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Perbanyak makan sayur dan buah

Sayur dan buah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Nah, antioksidan ini perannya besar sekali dalam peremajaan dan regenerasi kulit. Jadi, jika Anda ingin kulit tetap sehat, pastikan sayur dan buah tak pernah absen dalam menu harian Anda.

  1. Rutin olahraga

Olahraga secara teratur mampu meningkatkan pasokan oksigen dan darah kulit, sehingga nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk mempertahankan kesehatannya pun tetap terjaga.

  1. Lindungi kulit dengan tabir surya

Mulai sekarang, cobalah untuk tidak meninggalkan ruangan tanpa perlindungan dari tabir surya. Gunakan sunscreen atau sunblock setiap pagi, 15 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan tabir surya ini dapat mencegah pembentukan pigmen melanin berlebihan dan mencegah kerusakan struktur pelindung kulit sehingga penuaan dini tidak terjadi. Jangan lupa untuk mengulangi pemakaian tabir surya setiap 3-4 jam sekali.

  1. Jauh-jauh dari rokok

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Alabama, Inggris, merokok bisa menyebabkan penuaan kulit yang diawali dengan munculnya kerutan. Ini karena nikotin pada rokok adalah vasokonstriktor, yaitu zat yang dapat menurunkan aliran darah ke organ tubuh, seperti kulit. Penurunan aliran darah ini bisa menghilangkan oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit, termasuk vitamin A yang diperlukan untuk regenerasi sel kulit.

Keriput berlebihan akan terjadi di sekitar mulut dan lipatan antara hidung dan mulut. Hal ini yang membuat jaringan dasar kulit akan hilang kekuatannya, sehingga wajah akan lebih kendur dan berkeriput lebih dalam.

Meski tak pernah absen dengan perawatan kulit di klinik kecantikan atau membeli berbagai produk perawatan kulit, jangan pernah lupakan tujuh cara dasar di atas. Merawat kulit juga butuh kesabaran. Disertai dengan kedisiplinan, niscaya kulit akan tetap kencang dan sehat!

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓