Masker Rumahan untuk Tampilan Kulit Wajah Cerah

Oleh dr. Adeline Jaclyn pada 11 Dec 2018, 14:00 WIB
Ingin punya kulit wajah yang cerah dan merona dengan harga yang relatif murah? Gunakan saja masker rumahan!
Masker Rumahan untuk Tampilan Kulit Wajah Cerah (Adamova Mariya/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki kulit wajah cerah, lembap, dan bersinar merupakan dambaan setiap wanita maupun pria. Berbagai cara pun digunakan untuk meraih hal tersebut. Bahkan, tak sedikit pula orang yang rela menghabiskan jutaan rupiah untuk mendapatkan tampilan wajah yang diidamkan. Apakah Anda salah satunya?

Tidak dimungkiri, berobat ke klinik kecantikan dan menghabiskan jutaan rupiah adalah alternatif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tampilan kulit yang cerah, lembap, dan bersinar. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan kondisi kulit wajah yang demikian. Pasalnya, Anda juga bisa mendapatkan tampilan kulit wajah yang cerah, lembap, dan bersinar dengan menggunakan masker wajah rumahan yang dibuat sendiri!

Masker wajah rumahan

Masker wajah pada dasarnya digunakan untuk melindungi dan meningkatkan kualitas kulit wajah. Hanya dengan meletakkannya selama beberapa menit pada wajah, perbedaannya akan langsung terasa.

Masker wajah, selain dijual di pasaran dalam bentuk lembaran atau krim, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Dengan membuat masker sendiri, Anda akan lebih irit pengeluaran namun tetap merasakan manfaat yang signifikan.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk membuat masker rumahan sendiri? Jika ya, berikut bahan-bahan yang bisa Anda gunakan:

1 of 2

Selanjutnya

  • Alpukat

Buah alpukat dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar. Buah ini mengandung asam lemak esensial dan vitamin, yang merupakan bahan dasar terbaik sebelum ditambahkan bahan-bahan alami yang lain. Kandungan vitamin A pada alpukat juga dapat membersihkan wajah dengan mengangkat sel-sel kulit mati. 

Cara membuatnya adalah dengan menumbuk atau mencacah alpukat hingga agak halus dan mencampurkannya dengan madu. Letakkan pada wajah yang telah dicuci bersih sebelumnya selama 10–15 menit.

  • Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloe vera yang berfungsi menenangkan, juga meredakan peradangan atau luka pada kulit wajah.

Untuk menjadikannya masker, Anda dapat langsung mengoleskan bagian dalam lidah buaya yang berbentuk gel ke wajah. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa menjadikannya jus lidah buaya tanpa campuran apa pun sebelum dioleskan ke wajah.

  • Kunyit

Tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata juga bisa dijadikan sebagai masker wajah. Hal ini karena kunyit mengandung bahan antiradang yang dapat mengurangi jerawat dan luka bekas jerawat.

Caranya penggunaannya, pisahkan kunyit dari kulitnya. Kemudian, haluskan dan campur dengan madu. Gunakan selama kurang lebih 20 menit.

  • Lemon

Lemon adalah bahan alami yang bersifat antibakteri. Buah ini mengandung asam sitrat yang kaya vitamin C, yang dapat mencerahkan wajah. Bila Anda memiliki banyak komedo, lemon menjadi bahan yang tepat untuk Anda campurkan ke dalam campuran maker wajah Anda.

Lemon dapat dicampurkan dengan seperempat cangkir olive oil atau sweet almond oil. Oleskan ke wajah selama 10–15 menit.

  • Yoghurt

Bahan alami yang satu ini dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori dan meremajakan kulit wajah Anda.

Cara menggunakannya, maskerkan 1 sendok teh yoghurt tanpa rasa (plain) pada wajah selama 20 menit. Untuk meremajakan kulit wajah, Anda dapat mencampurkannya dengan seperempat potongan jeruk, dan 1 sendok teh aloe vera.

  • Telur

Telur berfungsi untuk melembapkan wajah. Cara penggunaannya pun sangat bisa disesuaikan dengan kondisi kulit Anda.

Bila Anda memiliki jenis kulit yang kering, ambil kuning telur dan kocok hingga “halus”. Bila kulit Anda berminyak, ambil putih telurnya saja dan campurkan dengan lemon serta madu. Untuk jenis kulit normal, Anda dapat menggunakan seluruh bagian telur. Anda dapat mengoleskan telur ke wajah selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Masker rumahan seperti di atas hanya sebatas untuk mengecilkan pori-pori kulit, melembapkan, mencerahkan, dan membuat tekstur kulit lebih lembut. Dengan kata lain, jenis masker tersebut tidak dapat digunakan untuk menaikkan atau mengencangkan kulit wajah Anda.

Untuk keamanan dari masker rumahan itu sendiri belum teruji secara klinis oleh Food and Drug Administration (FDA). Namun, Anda tak perlu khawatir akan terjadi masalah besar selama bahan-bahan yang digunakan benar-benar diperhatikan mutunya. Anda bisa mencoba beragam masker rumahan yang dipaparkan di atas, untuk mencerahkan kulit wajah Anda.

[NB/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓