Trik Jitu Ubah Rasa Cemas Jadi Optimis

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 11 Dec 2018, 15:30 WIB
Rasa cemas bisa dialami oleh siapa saja. Sekarang, ketahui trik jitu untuk mengubah rasa cemas menjadi lebih optimis.
Trik Jitu Ubah Rasa Cemas Jadi Optimis (VGstockstudio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Rasa cemas bisa menghinggapi siapa saja, entah karena akan menghadapi ujian, takut menghadapi atasan, atau karena rasa bersalah berlebihan. Kecemasan adalah emosi yang normal. Kini, ketahui trik untuk mengubah rasa cemas yang sering melanda menjadi lebih optimis.

Menurut American Psychological Association (APA), kecemasan adalah sebuah emosi yang dicirikan lewat perasaan tegang, pikiran yang selalu khawatir, dan perubahan fisik seperti tekanan darah yang meningkat. Dalam taraf yang wajar, kecemasan tidak perlu ditakutkan.

Namun, ketika seseorang secara teratur merasakan tingkat kecemasan yang tidak proporsional, mungkin itu sudah termasuk gangguan medis. Gangguan kecemasan membentuk kategori diagnosis kesehatan mental yang menyebabkan kegelisahan, ketakutan, dan kekhawatiran yang berlebihan.

Gangguan ini mengubah cara seseorang memproses emosi dan berperilaku, yang akhirnya menyebabkan gejala fisik. Kecemasan dalam taraf yang ringan mungkin tidak terlalu mengganggu, tapi kecemasan berat dapat sangat memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Di sisi lain, Anda ternyata bisa menggunakan kecemasan untuk memantik rasa optimistis. Menurut beberapa ahli, jika Anda bisa memfokuskan dan menerapkan taktik mental yang sudah terbukti dan benar, Anda akan menemukan perasaan cemas berubah menjadi gelombang optimistis.

Bagaimana cara mengubah rasa cemas menjadi optimistis? Simak caranya di bawah ini.

1. Sugesti diri Anda bahwa Anda bersemangat

Anda bisa melakukannya dengan "meninjau ulang" kecemasan Anda, apakah itu berlebihan atau tidak. Untuk mengubahnya menjadi rasa optimis, para peneliti Harvard Business School memberi tipsnya. “Ketika merasa cemas, beri tahu diri Anda bahwa Anda sebenarnya merasa bersemangat. Ya, semudah itu!” kata mereka. Pasalnya, kecemasan dan semangat disebut sebagai “keadaan sadar”, Anda hanya harus menegaskan bahwa itu adalah keadaan positif.

2. Pikirkan hal-hal positif

Salah satu cara untuk memastikan bahwa "peninjauan ulang kecemasan" berhasil adalah fokus pada hasil. Jika Anda terus khawatir, kemungkinan besar Anda sedang memikirkan bahwa sesuatu tidak akan berjalan baik. Sebaliknya, berpikirlah bahwa semuanya akan berhasil dan berjalan dengan baik. Ini yang dinamakan tentang berpikir positif.

3. Coba makan yoghurt

Jika dilanda kecemasan, coba lihat pola makan Anda. Dalam sebuah penelitian di University of Missouri, probiotik Lactobacillus plantarum—umumnya ditemukan dalam yoghurt—dapat mengubah kecemasan menjadi rasa gembira.

4. Ucapkan kata ini

Dalam sebuah penelitian terbaru di Journal of Marketing Research, peserta diminta untuk menulis daftar tugas besar yang harus dilakukan. Peserta yang mengucapkan kalimat “Saya bersemangat” sebanyak tiga kali melaporkan bahwa tingkat stres mereka lebih rendah daripada kelompok lainnya yang tidak mengucapkan kata-kata itu.

5. Coba buat gelembung

Buat gelembung? Ya, aktivitas seperti anak kecil ini ternyata sangat bermanfaat. Menurut penelitian dari Johns Hopkins University, tindakan sederhana untuk membuat gelembung adalah latihan menenangkan pikiran dan tubuh. Bahkan, sangat efektif untuk mengubah kecemasan menjadi rasa optimistis.

6. Matikan ponsel Anda

Ponsel Anda hanya memperburuk kecemasan Anda. Menurut penelitian baru-baru ini di Kent State University, menghabiskan waktu menggunakan ponsel Anda saat cemas secara langsung berkorelasi dengan agitasi dan iritabilitas yang meningkat, dan penurunan kepuasan. Dengan kata lain, jika pikiran Anda dalam keadaan cemas, memainkan ponsel hanya akan membuat Anda semakin cemas.

Rasa cemas merupakan reaksi normal terhadap stres. Lumrah memang jika seseorang cemas saat menghadapi tekanan atau keputusan penting. Namun, jangan sampai rasa cemas berlebihan memengaruhi Anda. Gunakan cara-cara di atas untuk mengurangi dan mengatasi stres Anda. Selain itu, penting untuk punya pola pikir positif karena membuat Anda tenang dan optimis.

[HNS]