Metode Tanam Benang untuk Wajah Awet Muda

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 12 Dec 2018, 07:45 WIB
Metode tanam benang dipercaya mampu bikin wajah awet muda. Ketahui prosedur, efek samping, dan biayanya di sini.
Metode Tanam Benang untuk Wajah Awet Muda (Aslysun/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Makin bertambahnya usia, makin banyak juga wanita yang kurang merasa percaya diri dengan penampilannya akibat penuaan. Salah satu prosedur kecantikan yang digandrungi adalah tanam benang. Sudah ada banyak salon dan klinik kecantikan yang menawarkan metode tersebut. Sebelum bikin janji dan konsultasi tanam benang, yuk kenali lebih jauh metode ini selengkap-lengkapnya di sini!

Alternatif untuk tampil awet muda

Punya wajah yang tampak lebih muda dari usia asli pada dasarnya merupakan idaman setiap orang, khususnya wanita. Tak jarang, berbagai cara akan ditempuh. Mulai dari penggunaan produk kecantikan tertentu, beralih ke gaya hidup yang lebih sehat, atau mengambil jalan pintas dengan operasi plastik. Namun, tak semua orang ingin merogoh kocek begitu dalam untuk prosedur tersebut. Belum lagi proses pemulihan pascaoperasi yang cukup lama.

Nah, sebagai alternatif operasi plastik, ada sebuah tindakan yang kian digemari untuk tampak awet muda, yaitu metode tanam benang. Banyak selebritas yang blak-blakan menjalani tanam benang. Mulai dari Five Vi, Dewi Persik, Femmy Permatasari, Zaskia Gotik, Wulan Guritno, hingga Maia Estianti, mereka beramai-ramai ingin menyamarkan tanda penuaan pada wajah.

Tanam benang atau thread lift merupakan prosedur kecantikan dengan menanamkan benang di jaringan bawah kulit. Tujuan utama metode ini adalah mengencangkan kulit dan memperbaiki kontur wajah, sehingga wajah pun jadi tampak awet muda.

Tanam benang bersifat instan—hasilnya bisa langsung terlihat setelah pengerjaan. Karena instan dengan hasil yang cukup memuaskan, inilah kenapa tanam benang banyak diminati dibandingkan dengan operasi plastik. Makin diminati lagi kerena pengerjaannya yang cepat, masa pemulihan yang singkat, serta tanpa risiko komplikasi serius. Selain itu, tanam benang juga membantu merangsang kulit untuk dapat memproduksi kolagen, sehingga elastisitas kulit menjadi lebih baik.

Prosedur tanam benang

Sebelum melakukan tindakan ini, dokter akan menjelaskan mengenai prosedur yang akan dijalani oleh pasien. Jangan sungkan bertanya saat ini berlangsung. Setelahnya, dokter akan mengamati bentuk wajah dan menandai letak benang pada wajah pasien agar hasilnya maksimal.

Bius yang digunakan adalah bius lokal. Sesudah itu, benang akan dimasukkan berjalan tepat di bawah kulit, lalu perlahan ditarik untuk mendapatkan bentuk yang sesuai.

Benang yang digunakan dapat diserap tubuh, sehingga tidak perlu dilepas. Dokter hanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit untuk pengerjaan tindakan ini.

Setelah prosedur tanam benang selesai, dokter akan memberikan obat nyeri dan antibiotik yang harus Anda minum sampai habis. Dokter juga akan meminta Anda kontrol kembali ke klinik untuk melihat apakah ada efek samping, serta menilai hasil dari tanam benang yang Anda jalankan.

1 of 2

Perlukah khawatir dengan efek sampingnya?

Metode tanam benang tentu saja memiliki efek samping, tapi biasanya sementara. Umumnya berupa nyeri ringan hingga sedang dan rasa tak nyaman di wajah. Selain itu, mungkin bisa timbul bengkak dan memar.

Meskipun tanam benang merupakan tindakan minimal invasif, tapi komplikasi masih bisa terjadi. Contohnya adalah infeksi, hematoma, serta munculnya jaringan parut di kulit.

Perlu juga diketahui bahwa metode tanam bisa efektif pada kondisi tidak terlalu parah, dalam arti tidak turun atau bergelambir. Pada kasus ini, operasi plastik facelift merupakan pilihan yang lebih baik.

Murah atau mahal?

Dibandingkan operasi plastik, metode tanam benang relatif lebih murah. Harganya tentu saja berbeda-beda, tergantung merk dan lama bertahan benang di dalam kulit. Umumnya, harga berkisar antara Rp.1,5 juta–Rp.2,5 juta per benang. Untuk satu wajah, kira-kira dibutuhkan sekitar 2-4 benang, tergantung lokasi dan bentuk wajah.

Perlu diingat, setiap tindakan medis baik minimal invasif sekali pun tetap berisiko menimbulkan komplikasi. Untuk meminimalkan komplikasi yang mungkin timbul, pastikan kondisi Anda sehat saat akan tanam benang. Pastikan juga Anda tidak dapat ke salon atau klinik kecantikan sembarang atau tak memiliki izin karena iming-iming harga murah. Percayakan tindakan pada dokter spesialis kulit yang memang kompeten melakukan prosedur ini, sehingga aman dan terjamin baik dari alat maupun tenaga medisnya. 

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓
Cika Merryy alexaCika Merryy alexa

kira kira kalau operasi plastik wajah 4 benang berapa harga?