Hamil Saat Masih Menyusui, Adakah Efek Bahayanya?
searchtext customer service

Hati-Hati, Ini Risiko Hamil Saat Masih Menyusui

Terkadang, kehamilan bisa terjadi ketika ibu masih menyusui si Kecil. Dan ternyata, menyusui di saat hamil bisa menimbulkan masalah baru.
Hati-Hati, Ini Risiko Hamil Saat Masih Menyusui

Menyusui berpotensi menjadi KB alami karena mencegah terjadinya ovulasi. Akan tetapi, ternyata efeknya bisa berbeda pada setiap ibu.

Ada yang tidak mengalami ovulasi karena menyusui, ada juga yang tetap hamil walaupun menyusui. Tak jarang, ibu bisa hamil saat menyusui atau lebih tepatnya hamil kembali di tengah masa menyusui sang Kakak. 

Ada beberapa alasan ibu hamil muda masih menyusui. Salah satu alasannya adalah karena usia si Kakak masih memerlukan ASI. Ada juga yang masih ingin menyusui atau si Kakak belum siap disapih. 

Pada kebanyakan kehamilan yang sehat dan normal, menyusui saat hamil tidaklah menjadi masalah. Namun, tidak berarti semua yang menyusui saat hamil pasti tidak memiliki risiko, lho. Simak informasinya berikut ini!

Bahaya Menyusui Saat Hamil

Bahaya Menyusui Saat Hamil

Efek menyusui saat hamil muda dapat bervariasi, mulai dari yang berat hingga yang ringan. 

Berikut ini adalah beberapa efek menyusui saat masih hamil muda yang bisa terjadi:

1. Keguguran dan Kelahiran Prematur

Menyusui melepaskan hormon oksitosin yang memicu kontraksi pada rahim. Kadar hormon oksitosin yang dilepaskan saat menyusui ini terbilang rendah dan pada kondisi kehamilan dan Ibu yang sehat.

Hal tersebut pada umumnya tidak menyebabkan masalah. Namun, pada kondisi kehamilan yang berisiko tinggi, hal ini berpotensi menyebabkan keguguran pada kehamilan muda atau kelahiran prematur pada kehamilan yang lebih tua.

Artikel Lainnya: 17 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Menurut penelitian, menyusui eksklusif saat hamil (di saat bayi belum menerima MPASI) meningkatkan risiko keguguran. Namun, risiko ini tidak berlaku pada ibu yang tidak sedang memberikan ASI eksklusif (ASI sudah didampingi makanan). 

Kondisi tersebut terjadi karena adanya dua hal besar yang memberi beban pada tubuh secara bersamaan, yaitu hamil dan produksi ASI eksklusif.

2. Masalah Gizi

Hamil saat menyusui memberikan beban gizi pada tubuh ibu. Pasalnya, selain diserap tubuh sendiri, nutrisi yang masuk perlu didistribusikan ke janin dan digunakan untuk produksi ASI.

Sampai saat ini, belum diketahui jelas bagaimana menyusui saat hamil memengaruhi status gizi ibu. Apalagi di negara berkembang yang masih memiliki angka infeksi yang tinggi dan status gizi baik masih rendah.

Namun yang jelas, status gizi ibu tentu sangat memengaruhi kesehatan janin dan pertumbuhannya, kesehatan ibu sendiri, dan komposisi ASI yang diberikan kepada anak yang lebih besar. 

Artikel Lainnya: Mengenal Kategori Obat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kondisi yang Sebaiknya Menghindari Hamil Saat Masih Menyusui

Kondisi yang Sebaiknya Menghindari Hamil Saat Masih Menyusui

Dampak hamil saat menyusui berisiko tinggi pada sejumlah kondisi berikut:

  • Memiliki riwayat masalah dalam kehamilan terdahulu, misalnya perdarahan, kontraksi dini, atau kelahiran prematur.
  • Masih menyusui secara eksklusif ketika bayi belum usia MPASI atau masih menyusu dengan intens.
  • Menyusui bayi kembar.

Jika ibu memiliki salah satu kondisi di atas, hamil saat menyusui bisa berisiko menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan masalah gizi.

Meski penelitian lebih banyak perlu dilakukan guna membuktikan efek hamil saat menyusui, penting untuk memberi jeda pada setiap kehamilan.

Hal tersebut penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal. 

Selain itu, jeda tiap kehamilan juga perlu untuk memberi waktu bagi tubuh ibu agar pulih sekaligus menabung zat gizi untuk kehamilan dan proses menyusui berikutnya.

Baca Juga

Demikian penjelasan seputar bahaya menyusui saat hamil yang sebaiknya diketahui. Yuk, #JagaSehatmu selalu dengan berkonsultasi seputar kehamilan melalui Live Chat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter

[WA]

Referensi:

  1. American Pregnancy Association. Breastfeeding While Pregnant. Diakses 2022. 
  2. NCBI. Breast‐feeding During Pregnancy and the Risk of Miscarriage. Diakses 2022. 
  3. Pubmed. A Comparative Study of Breastfeeding During Pregnancy: Impact on Maternal And Newborn Outcomes. Diakses 2022. 
  4. Pubmed. Breastfeeding During Pregnancy: A systematic Review. Diakses 2022. 
  5. Pubmed. Feto-Maternal Outcomes of Breastfeeding during Pregnancy: A Systematic Review and Meta-Analysis. Diakses 2022. 

ARTIKEL TERKAIT

Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Info Sehat
02 Agt

Apakah Bisa Mengetahui Kehamilan dari Denyut Nadi?

Info Sehat
01 Agt

Kehamilan Trimester 1

Info Sehat
01 Agt

Ternyata, Ini Manfaat Suami Mengelus Perut Ibu Hamil!

Info Sehat
01 Agt

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 6 Minggu

Info Sehat
01 Agt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat