6 Benda Wajib di Meja Kerja untuk Tingkatkan Semangat

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 13 Dec 2018, 10:00 WIB
Letakkan benda-benda sederhana ini di meja kerja Anda untuk meningkatkan semangat dan kreativitas.
6 Benda Wajib di Meja Kerja untuk Tingkatkan Semangat (Jelena Danilovic/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sering merasa lemas dan kurang produktif di kantor? Mungkin meja kerja Anda butuh sedikit dekorasi. Beberapa benda terbukti dapat meningkatkan mood, semangat, dan membangun kreativitas saat bekerja.

Ini dia daftar barang yang wajib ada di meja kerja untuk memperbaiki kualitas kerja Anda:

  1. Tanaman mini penghias meja

Kerap merasa jenuh di tengah jam sibuk Anda? Coba taruh tanaman mini seperti kaktus atau dedaunan palem di atas meja atau sisi tempat duduk Anda. Tanaman ini dapat menjadi pemanis sekaligus peningkat mood di kantor.

Jika ingin yang lebih memberikan energi, hiasi meja kerja Anda dengan benda-benda berwarna hijau, sewarna dengan tanaman Anda. Warna hijau dipercaya mampu meningkatkan kreativitas sehingga hasil kerja Anda dapat lebih optimal.

  1. Foto keluarga

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, foto pasangan maupun anak dapat dipajang sebagai pemicu semangat. Tidak perlu banyak-banyak, cukup siapkan 1-2 pigura berisi foto orang tersayang agar selalu mengingatkan alasan Anda berangkat bekerja dan memecut semangat untuk menyelesaikan hari dan kembali pulang.

  1. Permen peppermint

Bagi Anda yang kerap tegang dan cemas saat menghadapi presentasi, permen peppermint bisa jadi solusi. Siapkan saja sestoples kecil permen peppermint yang siap menemani Anda ke manapun beraktivitas.

Bahan aktif dalam peppermint terbukti mampu memberikan efek relaks sekaligus mendongkrak kreativitas dalam bekerja. Agar asupan gula tidak berlebihan, pastikan permen yang dipilih berkadar gula rendah sehingga aman untuk kesehatan.

  1. Dark chocolate

Sedia cokelat di meja kerja? Mengapa tidak. Dark chocolate adalah jenis yang paling baik untuk kesehatan dibandingkan dengan varian cokelat lainnya. Dalam dark chocolate, terkandung bahan yang dapat menstimulasi pelepasan hormon endorfin, hormon anti stres yang dapat membuat seseorang merasa senang.

  1. Aquarium mini

Benda hidup yang dapat ditaruh di atas meja kerja untuk tingkatkan produktivitas harian adalah ikan. Cukup rawat ikan berukuran mini dalam aquarium kecil dan stres akibat pekerjaan akan pergi jauh-jauh.

Suara gemericik air dan gerakan ikan yang lambat dengan liukan indah ternyata mampu memberikan efek relaksasi di tengah penatnya pekerjaan. Pastikan jenis ikan yang dipilih mudah dirawat dan tidak membutuhkan perhatian berlebih. Tidak ingin juga, kan, waktu di kantor dihabiskan dengan hanya merawat ikan?

  1. Sticker award

Untuk memicu semangat dalam mencapai target harian, sticker award dapat digunakan. Pilih stiker yang bentuknya menarik dan tempel satu setiap berhasil menyelesaikan sebuah target pekerjaan. Siapkan hadiah khusus untuk diri sendiri.

Misalnya, setiap selesai tiga stiker, Anda mendapat waktu luang untuk mendengarkan musik kegemaran atau menonton film singkat kesayangan. Pastikan hadiah yang direncanakan tidak memakan waktu yang terlalu lama, sehingga tidak membuang waktu kerja Anda yang sangat berharga.

Enam benda tersebut dapat menjadi inspirasi Anda untuk kembali menata meja di ruang kerja. Tidak butuh perubahan besar, dengan hadirnya beberapa pembangkit semangat, produktivitas kerja dapat didongkrak dengan maksimal. Rasa lelah saat bekerja dapat diusir jauh-jauh, target kerja di tiap harinya pun bisa tercapai dengan lebih optimal.

[RS/ RVS]