4 Tanda Tubuh Anda Kelelahan

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 13 Des 2018, 11:00 WIB
Tubuh Anda bisa mengalami kelelahan setelah seharian beraktivitas. Simak tanda tubuh Anda kelelahan di bawah ini!
4 Tanda Tubuh Anda Kelelahan (Wavebreakmedia/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kelelahan dapat timbul akibat aktivitas fisik dan mental yang berlebihan tanpa mendapatkan istirahat yang cukup. Itulah alasannya tubuh bisa mengalami kelelahan. Akibat terlalu lelah, kondisi kesehatan tubuh dapat menurun drastis dan sistem pertahanan tubuh pun ikut diserang.

Tak jarang, ketika tubuh kelelahan Anda mungkin merasa menjadi mudah sakit. Tentu ini dapat menganggu aktivitas yang berujung pada penurunan kualitas hidup.

Tubuh Anda memiliki batasan sehingga Anda tidak dapat memaksakannya ketika sudah mencapai limit. Tubuh perlu dimengerti dan dikenali. Untuk itu penting mengetahui tanda-tanda tubuh Anda kelelahan di bawah ini.

  1. Sulit berkonsentrasi

Ketika mulai sulit berkonsentrasi, mungkin itu tanda tubuh Anda kelelahan. Sulit fokus pada pekerjaan yang sedang Anda lakukan atau dalam suatu perbincangan tentu sangat menganggu. Hal ini biasanya terjadi ketika otak terlalu lelah untuk berpikir.

  1. Gangguan emosi

Tubuh yang mengalami kelelahan bisa memengaruhi emosi seseorang. Anda dapat menjadi lebih sensitif, mudah marah, mudah menangis, dan menjadi orang yang pesimistis.

  1. Gangguan pola tidur

Pola tidur yang kacau merupakan salah satu tanda tubuh Anda kelelahan. Sulit tidur padahal tubuh terasa sangat lelah dan ngantuk bisa menjadi awal tanda ini. Kualitas tidur yang buruk akan memperparah kondisi tubuh.

  1. Sering sakit

Sering terserang penyakit, misalnya batuk pilek, demam, dan lainnya merupakan tanda penurunan daya tahan tubuh yang dapat terjadi akibat tubuh kelelahan.

Mengetahui tanda tubuh kelelahan sangatlah penting. Namun, mencari tahu penyebab kelelahan juga penting, agar Anda dapat menghindari dan menanganinya dengan tepat.

Berikut adalah beberapa penyebab tubuh mengalami kelelahan yang perlu Anda waspadai:

  1. Gangguan tidur

Baik insomnia, sleep apnea, dan gangguan tidur lainnya dapat menganggu kualitas tidur sehingga tubuh menjadi kelelahan sepanjang hari berikutnya.

  1. Kurang makanan bergizi

Kurangnya asupan energi melalui makanan akan membuat tubuh kekurangan bahan bakar. Proses metabolisme tubuh pun ikut terganggu sehingga tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga.

  1. Dehidrasi

Kurang cairan dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

  1. Gaya hidup kurang sehat

Gaya hidup kurang sehat seperti sering mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, memiliki pola makan yang buruk (tidak sehat), dan sering begadang.

  1. Masalah psikologi

Kecemasan, kekhawatiran berlebih, dan depresi dapat mengganggu kualitas tidur dan hidup Anda sehingga lama-kelamaan tubuh akan mengalami kelelahan.

Mengatasi tubuh yang kelelahan

Kondisi tubuh yang kelelahan tidak akan maksimal untuk beraktivitas dan menjalani hari. Untuk itu, ketika tubuh menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan lesu, beberapa cara di bawah ini dapat membantu mengembalikan vitalitas tubuh Anda.

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari minuman beralkohol dan kafein
  • Jauhi rokok
  • Istirahat yang cukup
  • Hindari begadang
  • Jangan lupa sarapan
  • Konsumsi vitamin dan suplemen
  • Olahraga rutin
  • Lakukan hobi Anda.

Jika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan, berhentilah sejenak dari kesibukan Anda. Sempatkan diri untuk me-recharge kembali tubuh Anda agar tetap fit dan segar dengan berbagai tips di atas. Jika kelelahan dirasakan semakin memburuk segera, periksakan diri ke dokter agar dapat ditangani dengan tepat.

[HNS/ RVS]