Beragam Manfaat Pijat Shiatsu untuk Kesehatan

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 13 Dec 2018, 10:30 WIB
Tak sekadar relaksasi, pijat shiatsu ternyata juga mampu memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan.
Beragam Manfaat Pijat Shiatsu untuk Kesehatan (Microgen/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setelah seharian beraktivitas, tubuh Anda mungkin akan terasa pegal atau kaku. Sebagai upaya untuk mengatasinya, salah satu solusi yang bisa Anda pilih adalah pijat shiatsu. Metode tersebut dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti gangguan pencernaan, depresi, ketegangan otot, sakit kepala, kecemasan, hingga sinusitis.

Pijat shiatsu itu sendiri adalah sejenis terapi yang dikembangkan sejak dahulu di Jepang. Sebutan namanya berasal dari kata “tekanan jari”. Pada praktiknya, terapis pijat shiatsu terapis akan melakukan tekanan dari satu titik ke titik lain (meridian) dalam urutan tertentu. Metode ini merangsang titik-titik tersebut, yang bertujuan untuk melancarkan aliran energi atau chi yang bisa memicu penyembuhan.

Merujuk pada konsep shiatsu, apabila energi dalam tubuh Anda tersumbat, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Nah, sentuhan dan tekanan oleh jari pada pijat shiatsu dapat meringankan penyakit serta memberikan ketenangan fisik maupun mental.

Pijat shiatsu biasanya berdurasi sekitar 2–8 detik pada setiap masing-masing bagian. Metode pijat ini biasanya dilakukan pada meja pijat rendah atau lantai yang beralaskan tikar. Meski urutannya terlihat mirip dengan jenis pijat lainnya, namun shiatsu tidak menggunakan minyak.

Manfaat pijat shiatsu

Jika selama ini Anda sudah pernah menikmati beragam jenis pijat tradisional, kali ini tak ada salahnya  mencoba pijat shiatsu untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut ini adalah manfaat sehat yang bisa Anda dapat dari pijat shiatsu:

  1. Mampu mengurangi stres

Pijat shiatsu dapat berperan sebagai pereda stres. Hal ini diungkapkan oleh sebuah ulasan yang diterbitkan di jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine, dimana pijat shiatsu disebut mampu menyeimbangkan, mempertahankan, dan memulihkan keseimbangan energi tubuh.

  1. Menghilangkan rasa sakit di bagian otot

Pijat shiatsu bermanfaat untuk meredakan rasa sakit di bagian otot yang kaku atau kejang. Saat mendapatkan pijatan ini, tubuh Anda akan merasakan relaks secara perlahan.

  1. Meningkatkan aliran energi ke seluruh tubuh

Pijat shiatsu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan seluruh tubuh, dengan secara positif memengaruhi sistem energi dalam tubuh. Saat pijatan difokuskan ke titik-titik akupresur, maka sumbatan-sumbatan yang terjadi di sekitar tubuh akan terbuka sehingga energi akan mudah mengalir ke seluruh tubuh.

  1. Mengendalikan gejala depresi dan cemas

Selain mengurangi hormon stres, pijat shiatsu juga meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di dalam tubuh. Keduanya adalah senyawa neurotransmiter yang membantu mengurangi depresi dan menciptakan rasa nyaman.

Manfaat tersebut tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak dan bayi. Seperti yang disebutkan dalam Journal of American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, pasien yang mengalami depresi dan cemas akan merasa jauh lebih relaks dan bahagia setelah mendapat pijat shiatsu.

Itu dia beragam manfaat pijat shiatsu. Jika ingin merasakannya sendiri, pastikan Anda melakukan pijat shiatsu di tempat yang memiliki terapis bersertifikat. Jangan lupa, setelah pijat shiatsu, Anda wajib menerapkan gaya hidup sehat agar manfaatnya benar-benar terasa. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

Nenden SriwendaNenden Sriwenda

sama tidak maksudnya

Nenden SriwendaNenden Sriwenda

apakah pijat shiatsu dengan totok punggung, terima kasih atas penjelasannya