7 Rempah Terbaik yang Bermanfaat untuk Kesehatan Otak
search

Aneka Jenis Rempah yang Baik untuk Kesehatan Otak

Rempah-rempah sering dianggap hanya sebagai penyedap makanan. Padahal, ada beberapa rempah yang baik untuk kesehatan otak. Catat ya!
Aneka Jenis Rempah yang Baik untuk Kesehatan Otak

Klikdokter.com, Jakarta Berapapun usia Anda, setiap orang pastinya ingin memiliki ingatan dan fungsi otak yang baik. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan otak adalah melalui konsumsi makanan yang sehat dan seimbang. 

Nah, ternyata rempah-rempah dapat membantu meningkatkan kekuatan otak Anda. Mereka tak hanya bermanfaat sebagai penyedap makanan, tetapi juga mampu menambah daya ingat dan fokus, serta menawarkan perlindungan pada sel-sel otak Anda. 

Lalu, apa saja jenis-jenis rempah untuk otak? Berikut di antaranya: 

1 dari 4

1. Kunyit

Kunyit
loading

Kunyit merupakan rempah untuk otak yang sangat bermanfaat. Ini berkat kandungan kurkumin yang ada di dalamnya. Kurkumin dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan atau inflamasi, sehingga bisa mencegah diabetes, artritis, dan penyakit Alzheimer

Selain kurkumin, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa aromatic-turmerone, senyawa lain dalam bumbu ini, dapat membantu sel-sel otak untuk memperbaiki diri.

Meskipun kunyit biasa digunakan untuk masakan kari, Anda dapat menggunakan bumbu ini di masakan yang lain. Kunyit memiliki rasa yang ringan dan berasap sehingga mudah ditambahkan ke hidangan apa pun. Taburkan pada sayuran kukus atau tambahkan pada masakan ikan dan ayam.

2. Kayu Manis

Kayu manis dilabeli sebagai makanan super karena kandungan antioksidannya di atas buah blueberry dan delima. Rempah ini juga memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi peradangan serta melawan bakteri.

Artikel lainnya: Dampak Buruk Makanan Berlemak bagi Kesehatan Otak dan Tubuh

Satu penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan fungsi kognitif, bahkan hanya melalui penciuman saja. Kayu manis juga dianggap mampu meningkatkan kognisi pada orang tua dan orang dengan gejala demensia.

Anda dapat menambahkan sedikit kayu manis ke dalam makanan Anda sehari-hari, yakni hanya membutuhkan setengah hingga satu sendok teh sehari. Taburkan di kopi, sereal, oatmeal, atau roti panggang. 

2 dari 4

3. Saffron

Saffron
loading

Saffron adalah rempah yang baik untuk mereka yang menderita depresi. Dalam banyak penelitian, saffron yang ditawarkan sebagai sebuah suplemen terbukti sangat mengurangi gejala depresi

Saffron memiliki rasa yang kuat, jadi jika Anda menambahkannya ke makanan, gunakanlah sedikit saja. Dalam bentuk suplemen, mungkin adalah cara terbaik untuk menggunakan rempah ini, meskipun harganya mahal.

4. Lada Hitam

Jenis rempah untuk otak berikutnya adalah lada hitam. Penelitian telah menunjukkan bahwa piperin, komponen utama lada hitam, dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan menurunkan gejala depresi. 

Lada hitam juga bagus untuk dipadukan dengan makanan dan rempah-rempah lain, karena dapat meningkatkan keanekaragaman nutrisi dalam makanan.

Artikel lainnya: Fungsi Otak Bisa Turun Akibat Kesehatan Mulut yang Buruk

5. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba terkenal dalam pengobatan tradisional Cina sebagai obat untuk menangani gejala demensia, serta tentunya mampu meningkatkan kesehatan otak. Rempah ini dipercaya dapat meningkatkan sebagian fungsi kognitif dengan merangsang dan meningkatkan sirkulasi aliran darah ke otak.

Dalam Journal of Alzheimer's Disease pada 2015 menunjukkan bahwa ekstrak ginkgo biloba membantu dalam memperlambat penurunan kognisi pada pasien yang mengalami gejala neuropsikiatri selain gangguan kognitif dan demensia. Karena itu, manfaat rempah untuk otak yang satu ini tak bisa diremehkan.

 

3 dari 4

6. Sage

Sage
loading

Daun sage merupakan tanaman herbal yang sudah terkenal dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. 

Ada dua spesies dari tanaman sage yang terkenal, yaitu Salvia officinalis dan Salvia lavandulaefolia, yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan menjaga otak dari gangguan neurologis.

7. Peterseli

Peterseli juga merupakan rempah untuk otak yang punya banyak khasiat. Dalam sebuah studi dari Brasil menyebutkan bahwa zat flavonoid dalam peterseli yang dinamakan apigenin, mampu meningkatkan hubungan antara neuron dan sel stem pada otak. 

Periset beranggapan bahwa apigenin yang terdapat pada peterseli dapat berdampak pada pembentukan sel otak dari pasien Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, rempah-rempah juga memiliki banyak manfaat lainnya, termasuk untuk kesehatan otak. Beberapa rempah yang bermanfaat untuk kesehatan otak adalah kunyit, kayu manis, saffron, dan lada hitam. 

Gunakanlah rempah-rempah tersebut dalam makanan Anda, untuk memperoleh manfaatnya bagi kesehatan otak. Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar manfaat rempah untuk kesehatan otak, dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter

[NWS]

ARTIKEL TERKAIT

Rekomendasi Berbagai Rempah untuk Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Info Sehat
29 Nov

Penderita Bipolar Lebih Berisiko Terkena Penyakit Parkinson

Info Sehat
26 Agt

Segudang Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Info Sehat
21 Jul

Jangan Sembarangan, Ini Resep Infused Water yang Sehat!

Info Sehat
05 Jun

Awas, Penyakit Parkinson Bisa Berawal dari Perut!

Info Sehat
13 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat