Manfaat Sehat Memelihara Anjing bagi Anak

Oleh Ayu Maharani pada 13 Dec 2018, 16:40 WIB
Anjing sejak lama dikenal sebagai sahabat manusia. Memelihara anjing rupanya bisa memberikan sejumlah kebaikan bagi kesehatan anak.
Manfaat Sehat Memelihara Anjing bagi Anak (Tropical-Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sedari kecil, ada baiknya anak-anak diperkenalkan kepada binatang peliharaan supaya tumbuh kecintaan terhadap ciptaan Tuhan. Salah satu binatang peliharaan yang sangat populer di masyarakat adalah anjing. Ya, selain karena bintang ini tergolong pintar, setia dan lucu, anjing juga bisa menjaga rumah atau binatang ternak. Namun, tahukah Anda bahwa memelihara anjing juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan anak?

Di bawah ini adalah beberapa manfaat sehat yang bisa diperoleh anak dengan memelihara anjing:

  • Si kecil jadi lebih aktif bergerak

Dilansir dari Huffington Post, pakar kesehatan merekomendasikan kepada setiap orang untuk berolahraga 30 menit setiap harinya. Nah, jika si kecil memelihara anjing, ia pun lebih mungkin untuk mencapai tujuan tersebut. Sebab menurut Kay Joubert, Direktur Companion Animal Services di PAWS, sang pemilik akan lebih aktif bergerak dan berada di luar rumah untuk menemani anjing mereka berjalan.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gerontologist menemukan bahwa orang yang sering berjalan dengan anjingnya memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dan jarang sakit.

  • Membantu menghilangkan stres

Ada alasan memelihara dan bermain dengan anjing bisa menjadi terapi yang sangat efektif. Pertama, menghabiskan hanya beberapa menit dengan hewan peliharaan dapat menurunkan kecemasan. Kedua, hal tersebut dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kadar serotonin dan dopamin.

Dua zat kimia saraf tersebut punya peranan besar dalam mengontrol ketenangan dan kebahagiaan jiwa seseorang. Itu sebabnya, memelihara anjing bisa membuat anak atau orang dewasa yang bekerja di bawah tekanan menjadi lebih rileks.

  • Mencegah alergi

Saat penelitian kesehatan belum terlalu berkembang seperti sekarang ini, para ahli percaya bahwa memelihara hewan di rumah dapat memicu alergi pada anak. Namun, studi pada 2004 yang diterbitkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology menunjukkan hasil sebaliknya. Menurut mereka, memelihara anjing dan kucing dapat menurunkan kemungkinan seorang anak mudah terkena alergi hingga 33 persen. Bahkan, terbiasa bermain dengan hewan bisa mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

1 of 2

Selanjutnya

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Memelihara anjing tidak cuma membuat hati Anda bahagia dan mengurangi stres, tetapi juga bisa membuat jantung Anda lebih kuat. Pasalnya, ada studi yang menunjukkan bahwa memelihara anjing dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan menurunkan kadar trigliserida yang berkontribusi terhadap kesehatan kardiovaskular yang lebih baik secara keseluruhan. Lebih dari itu, pemilik anjing yang memiliki penyakit jantung memiliki tingkat ketahanan hidup yang lebih baik.

 

  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi si kecil

Seiring bertambahnya usia, biasanya anak-anak akan cenderung bergelut dengan dunianya sendiri dan malas untuk ke luar rumah. Namun, tidak demikian bagi pemilik anjing. Para peneliti telah menemukan bahwa sekitar 40 persen pemilik anjing memiliki teman yang lebih banyak dan mereka lebih lancar untuk berkomunikasi satu sama lain. Sebab, pemilik anjing terbiasa untuk berinteraksi dan bermain secara aktif dengan anjingnya sehingga mereka tidak terlalu “kagok” saat bertemu dengan orang baru.

  • Membantu mendeteksi berbagai penyakit

Dikutip dari Huffington Post, memelihara anjing dapat membantu Anda dalam mendeteksi berbagai penyakit dan kelemahan tubuh. Misalnya, anjing dapat mengendus kondisi kulit, ginjal, kandung kemih, dan beberapa jenis kanker yang diderita oleh pemiliknya. Selain itu, pasien Alzheimer pun dapat ditenangkan oleh anjing ketika mereka sedang agresif dan kebingungan.

Nah, memelihara anjing ternyata bermanfaat baik bagi anak Anda, baik fisik dan psikologis. Secara fisik, dengan memelihara anjing, anak jadi lebih aktif bergerak sehingga lebih sehat. Secara psikologis, anak bisa lebih pandai bersosialisasi dan lebih tahan stres. Namun, Anda harus merawat kesehatan anjing Anda dengan rutin memberikan vaksin dan membawa ke dokter hewan jika ada tanda-tanda penyakit.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓