8 Makanan Ini Bisa Atasi Konstipasi pada Anak

Oleh Ayu Maharani pada 13 Dec 2018, 17:15 WIB
Anak sedang konstipasi? Jangan keburu minum obat pencahar, atasi dulu secara alami dengan makanan berikut.
8 Makanan Ini Bisa Atasi Konstipasi pada Anak (Narikan/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sudah beberapa hari ini anak Anda rewel karena tidak buang air besar (BAB), alias konstipasi. Bagaimana tidak? Menumpuknya kotoran di perut pasti membuat perutnya terasa penuh dan tidak nyaman. Ketika melihat iklan obat pencahar di televisi, timbul keinginan untuk memberikannya obat tersebut. Padahal, masih ada beberapa makanan alami yang bisa melancarkan pencernaan si Kecil, lho.

Lagi pula, dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan alami yang kaya serat, kondisi pencernaan akan lebih terpelihara dan tidak menimbulkan efek samping, seperti pergerakkan usus yang tidak normal. Ingin tahu apa saja makanan yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kentang

Tak melulu pepaya, kentang juga bisa membuat pencernaan si Kecil lebih lancar karena dalam satu buah kentang terdapat 4 gram serat. Asalkan, Anda tidak mengolahnya dengan cara digoreng, ya! Lebih baik, olah kentang hanya dengan dipanggang, direbus, dan dikukus, kemudian makan saja dengan sedikit garam dan lada.

2. Edamame

Penggemar kuliner Jepang pasti sudah akrab dengan kacang jenis ini. Selain enak untuk dijadikan camilan, dalam seperempat cangkir edamame memiliki 3 gram serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Kacang edamame ini dengan mudah dapat Anda temukan di supermarket dan bisa diolah dengan cara direbus. Biasanya, sebagian orang menambahkan sedikit garam, tetapi tanpa garam, edamame sudah memiliki cita rasa yang cukup lezat (punya rasa manis alami).

3. Oatmeal

Terbiasa memberikan nasi putih sebagai menu sarapan pagi si Kecil? Mulai sekarang ganti saja dengan oatmeal supaya pencernaan si Kecil lebih lancar. Dalam satu kemasan oatmeal instan, biasanya mengandung 4 gram serat yang diperlukan oleh tubuh. Untuk melengkapi nutrisinya dan memaniskan rasa, bisa Anda hidangkan dengan irisan buah dan madu.

1 of 2

Selanjutnya

4. Biji buah delima

8 Makanan Ini Bisa Atasi Konstipasi pada Anak (Bon-Appetit/Shutterstock)
8 Makanan Ini Bisa Atasi Konstipasi pada Anak (Bon-Appetit/Shutterstock)

Sering dijadikan bahan dasar minuman kemasan dan memiliki rasa asam manis yang segar, setengah cangkir biji buah delima setidaknya memiliki 3 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Supaya si Kecil tertarik untuk menyantapnya, campurkan saja ke dalam yoghurt ataupun sarapan oatmeal-nya.

5. Pir

Si Kecil tak terlalu menyukai asam dari delima? Mungkin pir bisa jadi solusinya. Satu buah pir bersama kulitnya mengandung 5 gram serat, yang artinya memenuhi seperempat dari kebutuhan serat anak per hari.

6. Pasta gandum utuh

Ada enam gram serat dalam satu porsi pasta gandum utuh. Jika anak Anda terbiasa dengan pasta putih, campurkan dulu setengah pasta putih dan setengah pasta gandum utuh. Selain itu, ganti daging dalam saus pasta Anda dengan sayur-sayuran.

7. Alpukat

Dalam seperempat cangkir alpukat yang dilumatkan, mengandung tiga gram serat dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk anak Anda. Untuk menghilangkan rasa hambarnya, tambahkan saja perasan air jeruk nipis segar supaya si Kecil tertarik memakannya.

8. Popcorn

Ingin camilan yang enak dan disukai si Kecil, tapi juga menyehatkan dan bisa meredakan konstipasi? Buat saja popcorn! Makanan ini memiliki kandungan serat yang sama tingginya dengan gandum utuh. Jangan terlalu menggunakan banyak mentega ataupun gula karamel supaya tidak merusak nutrisinya.

Itu dia delapan makanan sehat yang bisa meredakan konstipasi pada anak. Selain mengonsumsi makanan di atas, imbangi juga dengan olahraga dan perbanyak minum air supaya manfaatnya makin cepat terasa. Namun jika susah BAB tak juga kunjung membaik, sebelum memberikan obat pencahar, konsultasikan dulu kepada dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓