Sering Sakit Perut Usai Minum Kopi, Apa yang Salah?

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 14 Dec 2018, 12:00 WIB
Ikut-ikut tren ngopi boleh saja. Tapi kalau Anda sering sakit perut usai minum kopi, mungkin ini yang terjadi.
Sering Sakit Perut Usai Minum Kopi, Apa yang Salah? (Chalermsak/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kopi sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Digemari oleh segala usia dan kalangan, minum kopi dianggap dapat meningkatkan performa ketika bekerja. Itu sebabnya kopi kerap dinikmati sebelum mulai beraktivitas. Namun, pada beberapa orang, minum kopi dapat menyebabkan sakit perut.

Minum kopi dan kaitannya dengan sakit perut

Kopi adalah minuman berkafein yang dipercaya dapat mencegah kantuk dan menambah konsentrasi. Konsumsi kopi yang baik adalah tidak lebih dari 2 cangkir kopi dalam sehari.

Pada sebagian besar orang, kopi diminum di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Namun ternyata, beberapa orang bisa mengalami sakit perut setelahnya, terutama saat mengonsumsinya dalam kondisi perut kosong.

Hal ini bisa terjadi karena terjadinya peningkatan asam lambung, sehingga orang yang minum kopi saat perut kosong kerap mengalami rasa nyeri pada bagian ulu hati, mual atau muntah. Terlebih lagi bila Anda memang memiliki riwayat mag atau GERD (Gastro-oesophageal Reflux Disease), maka kemungkinan untuk mengalaminya menjadi lebih tinggi.

Untuk itu, sebelum minum kopi, ada baiknya Anda mengisi perut setidaknya dengan roti ataupun biskut agar peningkatan asam lambung tidak terjadi pada lambung yang kosong.

Selain keadaan perut yang kosong, kafein pada kopi bersifat stimulan yang  dapat merangsang kerja usus menjadi lebih cepat. Hal ini yang menimbulkan perut kram dan mulas. Itulah sebabnya orang minum kopi agar BAB lebih lancar. 

Tak hanya itu, kopi yang ditambahkan susu menjadi kopi susu atau latte juga bisa menimbulkan sakit perut hingga diare bagi beberapa orang yang memiliki intoleransi laktosa. Dari sini akhirnya akan muncul keluhan perut kembung.

Nah, agar terhindar dari berbagai masalah di atas, Anda perlu mengetahui cara minum kopi yang aman dan sehat.

1 of 2

Tips sehat minum kopi

Walaupun kopi dapat menyebabkan berbagai keluhan di atas, Anda tetap dapat minum kopi dengan tenang. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar tetap bisa mengonsumsi kopi tanpa mengalami sakit perut.

  • Hindari konsumsi kopi saat perut kosong.
  • Saat minum kopi, hindari minuman lain yang juga mengandung kafein seperti teh dan minuman bersoda. Sebab, minuman-minuman tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  • Tidak mengombinasikan kopi dan rokok. Nikotin dapat meningkatkan asam lambung Anda.
  • Atur jadwal makan. Usahakan selalu makan pada jam yang teratur setiap harinya agar pengeluaran asam lambung terjadi saat perut terisi.
  • Makanlah sedikit tapi sering.
  • Hindarilah makanan pedas, makanan yang terlalu asam, makanan berlemak, alkohol dan cokelat.
  • Jangan langsung tidur setelah Anda makan. Berbaringlah sekitar 3 jam setelah makan, terutama pada malam hari.
  • Tinggikan bantal ketika tidur jika mulai merasakan pahit di lidah.
  • Lakukan hobi Anda atau hindari stres.
  • Hindari obat-obatan yang dapat memperburuk kondisi peningkatkan asam lambung, seperti obat penghilang nyeri nonsteroidal anti-inflammatory drugs(NSAID).

Anda penggemar kopi namun sering merasa sakit perut setelah minum kopi? Tak perlu cemas. Ikuti tips minum kopi di atas agar Anda dapat terus menikmati kopi tanpa rasa khawatir.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓