6 Hal yang Harus Anda Tahu tentang Abrasi Gigi

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 16 Dec 2018, 09:00 WIB
Rajin menggosok gigi saja tidak cukup. Gunakan teknik yang tepat agar terhindar dari abrasi gigi.
6 Hal yang Harus Anda Tahu tentang Abrasi Gigi (sheff/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang penting untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berguna untuk menghindari penyakit-penyakit yang dapat timbul pada gigi dan mulut. Selain gigi berlubang, terdapat keadaan yang dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif, yaitu abrasi gigi.

Abrasi gigi adalah suatu kondisi dimana hilangnya lapisan pada gigi yang disebabkan oleh tindakan mekanis. Kondisi ini bisa berupa cekungan tajam di daerah mahkota gigi dekat gusi atau leher gigi. Jika dilihat, akan tampak bentuk seperti huruf V di bagian permukaan gigi.

Umumnya abrasi sering terlihat pada gigi taring dan gigi premolar. Bila hal ini terjadi pada Anda, tentu akan sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, segeralah lakukan perawatan dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Jika tidak segera ditangani, abrasi dapat menjadi lebih parah. Bila sudah dalam dan mengenai lapisan dentin, abrasi dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif saat terkena rangsangan dingin atau hembusan angin.

Berbagai penyebab abrasi gigi

Abrasi gigi sering dikaitkan dengan teknik menggosok gigi yang kurang tepat. Namun, sebenarnya terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan abrasi gigi, antara lain :

  1. Kebiasaan menggunakan tusuk gigi yang tajam
  2. Sering menggigit kuku
  3. Sering menggigit benda-benda keras
  4. Kebiasaan buruk seperti bruxism, yakni menggesek-gesekan gigi atas dan gigi bawah.
  5. Pemakaian cengkeram kawat gigi yang terlalu kencang
  6. Penggunaan gigi tiruan yang tidak pas dengan struktur gigi

Agar terhindar dari abrasi gigi, hindari berbagai faktor penyebab di atas. Namun bila Anda terlanjur mengalaminya, lakukanlah perawatan dengan teknik yang tepat.

1 of 2

Perawatan terhadap abrasi gigi

Ketika memang gigi Anda telanjur mengalami abrasi, lakukan upaya penambalan menggunakan tambalan sewarna gigi. Hal ini bisa Anda lakukan di klinik dokter gigi yang terpercaya.

Selain itu, gosok gigi secara rutin dengan teknik menggosok gigi yang benar. Menurut American Dental Association (ADA), tekhnik yang tepat dalam menggosok gigi adalah:

  1. Arah bulu sikat gigi pada permukaan gigi membentuk sudut sebesar 45 derajat, sehingga menyentuh tepi gusi.
  2. Berikan tekanan yang lembut dalam menempatkan ujung sikat. Kemudian gosoklah gigi secara perlahan dari arah gusi ke bagian luar.
  3. Pada gigi bagian belakang, sikat gigi dapat diarahkan secara horizontal dengan gerakan ke depan dan ke belakang saat menyikat.
  4. Saat menggosok gigi, lakukan menyikat selama 20 detik untuk tiap-tiap bagian gigi.

Dengan melakukan teknik menggosok gigi yang tepat ini, maka abrasi gigi yang Anda alami akan membaik dan terhindar dari komplikasi.

Mencegah terjadinya abrasi pada gigi

Bagaimanapun, mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah terjadinya abrasi pada gigi, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Selalu gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut.
  2. Gantilah sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau ketika bulu sikat sudah mulai rusak.
  3. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tetap kuat dan tidak mudah berlubang.
  4. Gunakan teknik yang tepat saat menggosok gigi.
  5. Hindari membersihkan sisa makanan dengan menggunakan tusuk gigi. Lebih baik gunakan dental floss sebagai penggantinya.
  6. Hindari kebiasaan buruk seperti menggigit kuku atau benda-benda keras lainnya.
  7. Bagi Anda yang menggunakan gigi palsu, konsultasikan kepada dokter gigi jika gigi palsu terasa longgar atau cengkeram kawat gigi terlalu kencang.

Menggosok gigi memang penting dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar justru akan merusak kesehatan gigi, bahkan menyebabkan abrasi gigi. Jadi, gunakan teknik menggosok gigi yang tepat agar terhindar dari abrasi.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓