Ini 8 Cara Mudah Memulai Meditasi bagi Pemula
searchtext customer service

Cara Mudah untuk Mulai Meditasi

Segudang manfaat kesehatan menanti Anda lewat meditasi. Ikuti cara mudah melakukannya di bawah ini.
Cara Mudah untuk Mulai Meditasi

Jika Anda sedang mengalami kesulitan untuk merasa rileks, meditasi dapat menjadi pilihan tepat. Lewat meditasi, Anda dapat mencapai tahap relaksasi yang mumpuni guna melepaskan pikiran dari berbagai macam stres dan kepenatan sehari-hari.

Meditasi merupakan aktivitas yang dilakukan dengan cara duduk diam, lalu memusatkan pikiran serta perasaan yang dirasakan.

Sederet manfaat yang bisa diperoleh dengan meditasi, yakni meredakan stres, mencegah depresi, serta mengurangi nyeri dan kecemasan.

Mengetahui manfaatnya tersebut, Anda mungkin tertarik untuk memulai meditasi. Tenang saja, aktivitas yang satu ini ramah bagi pemula, lho.

Cara memulai meditasi sangat sederhana. Apalagi, Anda tidak membutuhkan peralatan apa pun untuk melakukannya. Cukup menyediakan ruangan yang tenang dan waktu selama beberapa menit setiap harinya.

Berikut ini cara mudah memulai meditasi bagi pemula:

1 dari 5

1. Pilih Tempat Bermeditasi yang Tepat

Pilih Tempat Bermeditasi yang Tepat
loading

Jika ingin memulai meditasi, pemilihan tempat perlu Anda perhatikan. Ya, tempat bermeditasi yang tepat akan membantu mencapai tujuan Anda.

Tempat bermeditasi sebaiknya selalu sama untuk memberikan perasaan spesial atas lokasi tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mencapai relaksasi pada area tersebut.

Sebaiknya ruangan atau tempat untuk bermeditasi bebas dari suara bising dan tidak banyak orang berlalu-lalang.

Artikel Lainnya: Yuk, Lakukan Meditasi Kundalini untuk Tangkal Stres!

2. Menambahkan Properti untuk Mencapai Tingkat Relaksasi yang Sempurna

Anda dapat menambahkan wewangian yang Anda sukai di tempat untuk meditasi. Cara meditasi yang satu ini ditujukan untuk membantu tubuh merasa lebih rileks.

Anda juga bisa menghias lokasi meditasi dengan bunga-bunga segar, bahkan simbol agama/spiritual yang Anda yakini. Benda-benda ini dapat menjadi fokus Anda saat bermeditasi.

2 dari 5

3. Posisi Meditasi

Posisi Meditasi Duduk Bersandar
loading

Sebelum memulai meditasi, pastikan Anda menemukan posisi meditasi yang nyaman untuk Anda.

Saat bermeditasi, Anda dapat mengambil posisi duduk bersandar dengan nyaman di kursi. Anda bisa juga melakukan meditasi dengan duduk bersila sambil menegapkan punggung.

4. Fokuskan Pikiran dan Perasaan

Saat melakukan meditasi, fokuskan diri atas pikiran dan perasaan yang sedang dirasakan.

Ketika pikiran atau perasaan mulai ‘melenceng’ pada hal lain, kembalikan lagi pada fokus utama. Anda juga bisa berfokus pada suatu objek yang sudah disiapkan sebelumnya.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Waktu Meditasi yang Ideal?

3 dari 5

5. Bantu Diri untuk Lebih Fokus

Seorang Pria sedang Meditasi
loading

Lakukan hal-hal yang bisa membantu Anda untuk lebih fokus. Misalnya, Anda bisa memejamkan mata.

Bila Anda merasa kesulitan mempertahankannya, Anda juga bisa bermeditasi sambil memusatkan pandangan pada objek yang Anda siapkan.

6. Atur Pernapasan

Cara meditasi yang benar salah satunya dengan mengatur cara bernapas. Pastikan Anda bernapas secara perlahan dan dalam. Hal ini dapat membantu Anda bermeditasi.

Bernapaslah dengan lembut seakan-akan aliran udara ‘memeluk’ hati dan pikiran Anda. Ketika menghembuskan napas, rasakan seolah-olah napas tersebut menjadi aliran yang membawa kepenatan pikiran Anda pergi menjauh.

4 dari 5

7. Bisa Dibantu dengan Ucapan

Bisa Dibantu dengan Ucapan Saat Meditasi
loading

Bagi pemula, wajar bila saat memulai meditasi Anda merasa sulit fokus untuk berada dalam keheningan total. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini, misalnya dengan bermeditasi sambil menyebutkan suatu kata-kata khusus.

Artikel Lainnya: Kenali Tipe Meditasi yang Cocok untuk Anda

Sebagai contoh, cukup banyak orang yang bermeditasi sambil mengucapkan kata Sansekerta ‘Shanti’ yang berarti ‘Damai’. Anda juga bisa memilih kalimat yang berasal dari agama dan kepercayaan Anda.

8. Jadikan Meditasi sebagai Rutinitas

Anda tidak perlu menargetkan meditasi yang terlalu lama pada awal permulaan. Anda bisa memulai meditasi dengan melakukannya selama sepuluh menit per hari.

Selain itu, Anda juga bisa membaginya menjadi dua bagian, yaitu lima menit pada pagi hari dan lima menit berikutnya pada sore hari.

Ada baiknya untuk memilih waktu yang hampir serupa setiap harinya. Dengan begitu, Anda akan menciptakan suatu rutinitas. Lambat laun, meditasi akan terasa lebih mudah dilakukan.

Baca Juga

Demikian cara-cara mudah memulai meditasi bagi pemula. Mulailah meditasi secara perlahan namun teratur. Anda bisa menjadikannya sebagai suatu rutinitas sehingga meditasi bukan menjadi hal yang berat untuk dilakukan.

Apabila masih memiliki pertanyaan seputar meditasi, Anda bisa bertanya kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya.

[WA]

ARTIKEL TERKAIT

Pandemi: Kematian Penderita Gangguan Psikologis Naik Drastis

Info Sehat
13 Okt

Mengapa Sengaja Bikin Orang Lain Iri? Ini Kata Psikolog

Info Sehat
13 Okt

Cara Mengatasi Pasangan yang Moody Menurut Psikolog

Info Sehat
05 Okt

Dampak Bullying Teman Sebaya pada Kesehatan Mental Anak

Info Sehat
03 Okt

Kiat Menghadapi Orang Tua dengan Karakter Toxic Parents

Info Sehat
01 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat