Nyeri Saat Ejakulasi, Gejala Apakah Itu?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 17 Dec 2018, 16:20 WIB
Bagi Anda para pria, nyeri saat ejakulasi jangan disepelekan. Bisa jadi, rasa nyeri tersebut adalah tanda adanya gangguan pada prostat Anda.
Nyeri Saat Ejakulasi, Gejala Apakah Itu? (Sabphoto/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Merasa kurang percaya diri karena mengalami gangguan ejakulasi adalah hal yang wajar. Akan tetapi, bagaimana ketika ejakulasi Anda justru terasa nyeri? Hati-hati, bisa jadi Anda merasakannya karena organ prostat Anda bermasalah.

Gangguan ejakulasi yang paling umum ditemukan adalah ejakulasi dini. Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, biasanya, ejakulasi dini dan masalah ejakulasi lainnya disebabkan oleh stres, kecemasan dan depresi.

Namun selain itu, ada gangguan lain yang mungkin muncul saat pria mengalami ejakulasi, dan biasanya ditandai dengan timbulnya rasa nyeri. Kadang, nyeri saat ejakulasi dapat merusak hubungan, merendahkan harga diri, dan menjadi sumber frustrasi bagi pria.

Namun sebenarnya, Anda tidak perlu merasa malu jika mengalaminya. Bagi kebanyakan pria, rasa nyeri tersebut bisa terjadi selama atau segera setelah ejakulasi. Beberapa pria merasa malu ketika ejakulasi terasa menyakitkan, padahal hal tersebut adalah gejala yang relatif umum.

Memang kondisi tersebut bisa menjadi gejala pertama munculnya masalah lain, seperti pembengkakan di prostat. Tapi, adanya rasa nyeri saat ejakulasi tersebut sangat bisa diobati. Berbagai penelitian telah menemukan sebanyak 30-75 persen pria muncul dengan kondisi yang disebut prostatitis, yakni mengalami nyeri saat ejakulasi.

Gejala yang perlu Anda ketahui

Kondisi ejakulasi yang menyakitkan bisa bervariasi di antara pria yang satu dengan pria lain. Hal ini juga dapat berubah seiring berjalannya waktu. Beberapa pria bahkan hanya mengalami gejala setelah berhubungan seks dengan pasangan, tetapi tidak merasakannya ketika mereka melakukan masturbasi.

Beberapa gejala yang paling sering terjadi pada kasus nyeri saat ejakulasi adalah sebagai berikut:

  • nyeri selama atau segera setelah ejakulasi
  • nyeri di penis dan sekitarnya, kandung kemih, atau dubur
  • nyeri yang dimulai sesaat sebelum atau sesudah ejakulasi
  • nyeri saat buang air kecil, terutama segera setelah ejakulasi

Rasa sakit yang muncul umumnya berlangsung hanya beberapa menit, atau hingga 24 jam setelah ejakulasi. Kondisinya bisa ringan atau sangat intens, tergantung daru kondisi masing-masing orang.

Penyebab timbulnya rasa nyeri saat ejakulasi bisa sangat beragam. Pada sebagian besar pria, nyeri saat ejakulasi bisa disebabkan oleh kondisi medis. Dalam hal ini, pria harus segera memeriksakan kondisinya supaya keadaannya tidak menjadi semakin parah.

Disebabkan juga oleh gangguan prostat

Sejauh ini, sebagian besar literatur medis tentang nyeri saat ejakulasi fokus pada masalah prostat. Prostatitis adalah salah satu penyebab umum dari kondisi ini, yakni terjadinya pembengkakan dan peradangan pada daerah prostat. Pembengkakan ini sering disebabkan oleh infeksi prostat.

Prostatitis juga dapat disebabkan oleh masalah lain, seperti kerusakan saraf atau infeksi saluran kemih (ISK) yang merusak prostat. Pria dengan diabetes lebih mungkin mengalami kerusakan saraf yang menyebabkan prostatitis.

Di sisi lain, Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau yang menyebabkan prostat membesar, mungkin juga memengaruhi ejakulasi pada pria. Biasanya, pria dengan BPH juga dapat mengalami buang air kecil yang menyakitkan atau sulit untuk buang air kecil.

Masalah prostat lainnya bisa disebabkan oleh pembedahan pada prostat dan kanker prostat. Tindakan ini juga bisa menyebabkan ejakulasi yang menyakitkan. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan organ prostat Anda agar terhindar dari berbagai masalah di atas.

Depresi, kecemasan, dan stres memang dapat mengubah kehidupan seks pada pria. Salah satu contohnya adalah timbulnya rasa nyeri pada saat ejakulasi. Hindari stres agar Anda tak mengalami gangguan prostat. Namun bila Anda telah mengalami berbagai gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan sesegera mungkin.

[NP/ RVS]

Manto HulopiManto Hulopi

Terima Kasih Atas InformasiNya