Benarkah Daun Rosemary Bisa Perbaiki Daya Ingat?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 17 Dec 2018, 17:30 WIB
Daun rosemary dianggap bisa membantu memperbaiki daya ingat dengan efektif. Apakah anggapan tersebut sesuai dengan fakta medis?
Benarkah Daun Rosemary Bisa Perbaiki Daya Ingat? (Topotishka/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Cara paling sederhana yang terbukti efektif memperbaiki atau mengasah daya ingat adalah membaca buku. Namun, bagi orang-orang yang tidak hobi membaca, daun rosemary sering dijadikan sebagai alternatifnya. Hal itu karena daun rosemary diklaim dapat membantu mengasah sekaligus memperbaiki daya ingat.

Daun rosemary berasal dari tumbuhan yang memiliki nama latin Osmarinus officinalis. Tumbuhan tersebut berasal dari Asia dan Mediterania, tetapi juga tumbuh di Amerika Serikat. Rosemary terkait dengan keluarga tanaman mint. Ketika mekar, bunganya berwarna putih, ungu, merah muda, atau biru tua.

Dalam pemanfaatannya, daun rosemary sering digunakan sebagai bumbu makanan, termasuk untuk sup, rebusan, daging, ayam, ikan, dan makanan khas mediterania lainnya. Daun dengan rasa pahit dan aroma wangi yang khas itu juga sering digunakan sebagai pelengkap teh, campuran parfum, sampo, kondisioner, dan sabun.

Daun rosemary untuk perbaiki daya ingat

Makanan yang telah terbukti mampu membantu perbaiki daya ingat adalah ikan salmon, alpukat, biji-bijian atau kacang-kacangan, dan bluberi. Lantas, bagaimana dengan daun rosemary?

Dalam sebuah studi yang melibatkan 28 orang dewasa ditemukan hasil bahwa konsumsi dosis rendah bubuk rosemary kering dikaitkan dengan peningkatan kecepatan memori secara signifikan.

Tak hanya dengan mengonsumsinya, manfaat rosemary dalam memperbaiki daya ingat bahkan bisa dirasakan meski hanya menghirup aromanya. Beberapa penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana aroma rosemary memengaruhi daya ingat. Dalam hal ini, penelitian dilakukan pada peserta yang menghirup aroma rosemary saat melakukan tugas pemrosesan visual dan tugas pengurangan angka berseri.

Dari penelitian itu, para ahli mendapatkan hasil bahwa kecepatan dan akurasi para peserta dalam kedua tugas tersebut meningkat setelah dipaparkan dosis aroma rosemary yang lebih tinggi. Menariknya, suasana hati para peserta studi juga kian membaik.

Guna mencari tahu lebih lanjut mengenai manfaat aroma rosemary untuk memori, tim peneliti melakukan telaah lebih lanjut. Penelitian yang dipresentasikan pada Annual Conference of the British Psychological Society ini melibatkan 40 anak usia sekolah yang ditempatkan di ruangan berisi aroma rosemary dan ruangan lain tanpa aroma. Hasilnya, tim peneliti menemukan bahwa anak-anak yang berada di ruangan dengan aroma rosemary memiliki skor memori yang lebih tinggi daripada yang berada di ruangan tanpa aroma.

Senada dengan temuan-temuan di atas, penelitian lain yang dilakukan pada 53 siswa berusia 13–15 tahun juga mendapatkan hasil bahwa peserta yang dipaparkan aroma rosemary memiliki ingatan tentang gambar dan angka yang lebih baik.

Masih belum pasti

Meski penelitian telah banyak dilakukan, para ahli masih belum menemukan mekanisme apa yang membuat daun rosemary bisa memberikan manfaat untuk daya ingat. Beberapa ahli hanya berhipotesis bahwa kandungan antioksidan di dalam daun tersebutlah yang memainkan peran besar, karena mampu memperbaiki sel-sel di dalam tubuh dan melawan radikal bebas.

Jadi, manfaat daun rosemary untuk perbaiki daya ingat masih belum dapat dipastikan hingga saat ini. Namun, tak ada salahnya bila Anda memang ingin menjadikan daun rosemary sebagai salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan dan memperbaiki daya ingat. Selama digunakan sesuai fungsinya – misalnya sebagai bumbu masakan - daun rosemary niscaya dapat mendatangkan manfaat kesehatan bagi.

[NB/ RVS]