Hati-hati, 4 Buah Ini Bisa Bikin Perut Kembung

Oleh Ayu Maharani pada 17 Dec 2018, 18:00 WIB
Meski sehat dan menyegarkan, ragam buah ini mengandung beberapa zat yang bisa bikin perut kembung. Hati-hati saat mengonsumsinya.
Hati-hati, 4 Buah Ini Bisa Bikin Perut Kembung (Marie-Hansen/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda merasakan perut kembung setelah memakan beberapa jenis buah tertentu? Nyatanya beberapa jenis buah memang bisa menyebabkan perut Anda bergas alias kembung.

Pada dasarnya, buah-buahan mengandung banyak gula, khususnya fruktosa dan sorbitol. Dan bila Anda terlalu banyak menelan dua zat tersebut, perut bisa bereaksi. Kondisi bisa semakin tidak nyaman bila sebelumnya Anda sudah memiliki kondisi pencernaan yang tidak baik.

Bahkan, dilansir dari Women’s Health, buah yang mengandung gas akan menyebabkan Anda merasa begah seperti baru saja melahap semangkuk mi ramen! Berikut ini adalah buah-buahan yang dimaksud:

1. Pir

Sebenarnya, buah yang mengandung banyak air dan rasanya manis ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, pir mengandung pektin, yakni sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Itulah mengapa orang yang sedang melakukan diet - untuk menurunkan berat badan maupun untuk menangani penyakit tertentu - direkomendasikan untuk mengonsumsi buah pir.

Namun sayangnya, di balik manfaatnya baik tersebut, pir juga mengandung sorbitol, yaitu gula alkohol yang biasanya ditambahkan ke dalam permen karet. Pada dasarnya, jika kondisi perut Anda tak bermasalah, sorbitol dapat membantu memperlancar sistem pencernaan Anda.

Namun di sisi lain, ada juga sebagian orang yang mungkin mengalami perut kembung yang cukup serius, meskipun ia hanya mengonsumsi pir sedikit saja. Sorbitol sendiri lebih lambat diserap oleh usus kecil daripada varietas gula lainnya.

Ketika masuk ke usus besar, sorbitol akan berfermentasi, sehingga menyebabkan perut kembung, meningkatkan produksi gas, dan menimbulkan kram pada beberapa orang. Sayangnya, tidak ada cara untuk mengurangi efek alkohol gula ini selain dengan menghindarinya. Tapi, olahraga disinyalir bisa mengurangi efek kembung yang dialami.

1 of 2

Selanjutnya

2. Anggur yang dikeringkan

Hati-hati, 4 Buah Ini Bisa Bikin Perut Kembung (Pighurska-Valentyna/Shutterstock)
Hati-hati, 4 Buah Ini Bisa Bikin Perut Kembung (Pighurska-Valentyna/Shutterstock)

Dikutip dari Women’s Health, buah-buahan yang dikeringkan, terutama kismis yang terbuat dari anggur, dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Tapi hati-hati, kismis juga bisa membuat Anda merasa lebih buncit.

Hal ini karena ada sumber gula dan serat yang terkonsentrasi di dalam perut. Sehingga, bakteri di usus besar pun berulah dengan menciptakan fermentasi gula dan serat yang tidak bisa dicerna. Hasilnya, produksi gas pun meningkat, yang kemudian membuat Anda merasa seperti wanita hamil.

Jika Anda ingin tetap mengonsumsi kismis, imbangi juga dengan minum air putih yang banyak untuk mentralkan gas di dalam perut.

3. Apel

Sudah menjadi rahasia umum bahwa apel penuh dengan antioksidan. Lebih dari itu, apel hijau pun disebut-sebut mengandung lebih banyak antioksidan daripada aneka buah beri.

Namun jangan terlampau senang dulu dengan buah yang satu ini. Sebab, meski kaya akan antioksidan, apel juga mengandung fruktosa atau gula buah yang bagi sebagian orang sulit dicerna.

Nah, ketika sistem pencernaan akan memecah fruktosa, biasanya akan timbul gas di dalam perut Anda. Jadi, bagi orang-orang yang memiliki pencernaan yang lebih sensitif, sebaiknya konsumsi separuh apel saja ketimbang melahap semuanya. Kemudian, kunyahlah perlahan sampai benar-benar lumat. Cara ini bisa mengurangi jumlah fruktosa yang Anda konsumsi, sehingga usus bisa mencerna dengan lebih baik.

4. Mangga

Hampir semua orang di dunia ini menyukai buah mangga. Rasanya yang manis dan warnanya yang cerah cocok diolah menjadi berbagai menu pencuci mulut. Tak heran, buah tropis yang satu ini digemari oleh banyak orang. Namun, mangga ternyata mengandung banyak gula yang tidak sepenuhnya dapat diserap oleh usus kecil.

Sehingga, gula mangga terjebak dalam usus besar, berfermentasi, dan menimbulkan banyak gas. Lantas, bagaimana caranya agar Anda tetap bisa mengonsumsi mangga tanpa harus cemas mengalami perut kembung?

Mudah saja, setiap ingin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula, dalam hal ini mangga, konsumsilah sebanyak satu cangkir mangga yang telah dipotong-potong, tidak lebih. Sehingga, Anda bisa mendapatkan serat, karbohidrat, dan gula yang pas.

Makan buah memang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Namun nyatanya, ada beberapa jenis buah yang harus diatur jumlah konsumsinya karena jika berlebihan dapat menyebabkan perut kembung. Imbangi asupan buah Anda dengan minum air putih, kunyah sampai benar-benar lumat, dan tidak mengonsumsinya terlalu banyak, khususnya bagi Anda yan sedari awal punya masalah di pencernaan. Sehingga, risiko kondisi perut kembung dan buncit bisa diminimalkan.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓