Singkirkan Bekas Jerawat dengan 4 Bahan Alami Ini

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 18 Dec 2018, 12:00 WIB
Penampilan jadi tidak maksimal karena bekas jerawat? Tenang, ada bahan alami ini untuk meredakannya.
Singkirkan Bekas Jerawat dengan 4 Bahan Alami Ini (AXL/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jerawat yang bertengger di dagu Anda mungkin sudah kempes. Tapi bekas jerawatnya tampak masih betah di sana, menolak hilang. Faktanya, membasmi bekas jerawat sampai kembali spotless memang tak semudah membalikkan telapak tangan.

Dilansir Very Well Health, bekas jerawat muncul ketika jaringan kulit rusak. Melakukan hal-hal seperti memetik dan memencet jerawat bisa menjadi penyebabnya, karena kebiasaan tersebut dapat merusak kulit dan menyebabkan jaringan parut. Bahkan jika Anda sudah memperlakukan kulit wajah dengan hati-hati, bekas jerawat tetap bisa berkembang.

Apabila Anda memiliki bekas jerawat yang membandel, menemui dokter kulit adalah hal pertama yang harus dilakukan. Namun, tak ada salahnya untuk merawatnya dengan bahan-bahan alami terlebih dahulu sembari menunggu janji dengan dokter. Menurut Healthline, empat bahan alami ini dapat membantu menghilangkan bekas jerawat Anda:

  1. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang berguna sebagai antibakteri. Selain itu, lemon dapat bertindak sebagai eksfolian yang membantu mengangkat sel kulit mati lebih cepat dan mencegah pori-pori tersumbat.

Meski belum ada penelitian yang secara signifikan menegaskan manfaat lemon untuk bekas jerawat, bukti anekdotal (berdasarkan pengalaman sejumlah orang, bukan dalam skala besar) sudah cukup banyak. Banyak yang mengatakan bahwa bekas jerawat mereka mengalami perbaikan setelah dioleskan jus lemon. Lemon dinilai membantu meratakan warna kulit mereka.

Cara menggunakan lemon untuk bekas jerawat sangat mudah: cukup aplikasikan air perasan lemon ke bekas jerawat. Anda bisa melakukan ini pada malam hari serta sebelum beraktivitas pada pagi hari. Karena jus lemon sangat asam, oleskan sedikit saja ke bekas jerawat Anda.

  1. Lidah buaya

Lidah Buaya (Nikolay Litov/Shutterstock)
Lidah Buaya (Nikolay Litov/Shutterstock)

Aloe vera alias lidah buaya kaya akan vitamin dan mineral. Lidah buaya telah lama diklaim berkhasiat mengatasi bekas jerawat di wajah. Berdasarkan fungsinya, lidah buaya dapat bertindak sebagai antiperadangan yang dapat meredakan jerawat memerah dan menggelembung.

Selain itu, lidah buaya mengandung zat yang bisa mempercepat pembentukan kolagen sehingga membantu menghilangkan bekas jerawat dengan lebih baik. Tak hanya itu, lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang sanggup menghalau bakteri penyebab jerawat. Tak usah khawatir, lidah buaya termasuk aman karena tidak akan menyumbat pori-pori wajah.

Bagaimana cara penggunaannya? Mudah saja, Anda tinggal ambil bagian daging lidah buaya lalu aplikasikan pada bekas jerawat. Usahakan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskannya, ya.

  1. Madu

Sifat antibiotik dalam madu efektif membersihkan kulit dan mencegah jerawat baru. Tak hanya itu, madu dipercaya bisa membantu kulit tampak lembut, kencang, serta lembap.

Cara penggunaannya adalah mengoleskan satu sendok teh madu ke area wajah dengan bekas jerawat. Anda juga bisa membuat masker lewat campuran ½ cangkir madu serta 1 cangkir plain oatmeal. Diamkan menempel di wajah selama 30 menit.

  1. Minyak jintan hitam

Turut dikenal dengan nama habatussauda, minyak jintan hitam bisa jadi bahan obat alami untuk segala penyakit. Selain memiliki sifat antibakteri, minyak jintan hitam mampu mengatasi peradangan. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak jintan hitam dapat mempercepat penyembuhan luka, mengeluarkan pigmentasi, bahkan mencegah jerawat sama sekali.

Cobalah empat bahan alami ini untuk mengobati bekas jerawat. Tapi tetap, jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit agar perawatannya kian sempurna.

[RS/ RVS]