Samakah Pola Tumbuh Kembang Bayi Kembar dengan Bayi Tunggal?

Oleh dr. Fiona Amelia MPH pada 18 Dec 2018, 15:00 WIB
Jangan cemas dulu bila bayi kembar Anda tampak lebih mungil dari bayi lain yang seusianya. Simak faktanya di bawah ini.
Samakah Pola Tumbuh Kembang Bayi Kembar dengan Bayi Tunggal? (Dirk-Ott/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pertumbuhan fisik dan perkembangan bayi kembar baik identik maupun non-identik sedikit berbeda dengan bayi tunggal. Karena itu, Anda tak perlu cepat-cepat membuat kesimpulan ketika tumbuh kembang si kembar tidak seperti bayi tunggal lain yang seusianya.

Secara fisik, bayi kembar memang memiliki berat lahir lebih kecil daripada bayi tunggal, apalagi bila lahir prematur. Meski demikian, bayi-bayi kembar ini nantinya akan mengalami kejar tumbuh, yakni dapat mengejar ketertinggalannya dalam hal pertumbuhan dan mencapai berat badan yang kurang lebih sama dengan bayi tunggal saat mencapai usia 2,5 tahun.

Oleh sebab itu, para pakar menganjurkan agar evaluasi pertumbuhan bayi kembar pun menggunakan kurva khusus. Dalam hal perkembangan inteligensi, antara bayi kembar dengan bayi tunggal tak jauh berbeda di semua aspek, kecuali dalam hal berbahasa.

Kalaupun ada perbedaan yang nyata dengan bayi yang lahir tunggal, umumnya perbedaan tersebut berhubungan dengan komplikasi dari kelahiran prematur.

Anak kembar cenderung terlambat bicara

Pada umumnya, anak yang lahir kembar rata-rata 6 bulan lebih terlambat berbicara ketimbang anak yang lahir tunggal. Tetapi, banyak juga bayi kembar yang tidak mengalami keterlambatan. Gangguan yang muncul biasanya hanya bersifat minor dan akan menghilang dengan sendirinya ketika anak mencapai usia 6-8 tahun.

Keterlambatan dan gangguan berbahasa pada anak kembar bisa disebabkan oleh kelahiran yang prematur, berat badan lahir rendah, jarak usia yang berdekatan dengan saudara kandung, serta banyaknya jumlah anak dalam satu keluarga.

Selain itu, kurangnya waktu dari orang tua untuk memberikan perhatian pada masing-masing anak kembar juga dapat berpengaruh terhadap perkembangan bahasanya.

Faktor lain yang membuat anak terlambat bicara adalah adanya bahasa khusus antara si kembar yang disebut dengan ‘twin speak’ atau ‘twin language’.

Anak kembar akan cenderung mencontoh saudara kembarnya dalam berbicara. Dan karena usianya sama, keduanya akan saling meniru bahasa masing-masing, yang sama-sama belum berkembang.

1 of 2

Keterampilan bersosialisasi si kembar

Laju perkembangan sosial anak kembar dengan anak yang lahir tunggal pun kurang lebih sama. Jadi, Anda yang memiliki anak kembar tak perlu cemas. Apalagi, anak kembar umumnya lebih dini belajar berbagi ketimbang anak-anak yang lahir tunggal. Karena mereka memiliki saudara kembar yang sudah sejak kecil menjadi teman berbagi.

Satu hal yang menarik, anak kembar cenderung dekat dan saling bergantung dengan saudara kembarnya. Hal ini yang mungkin berperan dalam menyebabkan anak merasa malu dan enggan untuk bersosialisasi dengan anak lain yang bukan saudara kembarnya.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, anak yang kembar sekalipun bisa berbeda karakter. Semakin dewasa, karakter individu masing-masing akan semakin terlihat.

Jangan pernah membanding-bandingkan

Anda yang memiliki bayi kembar mungkin kerap cemas bila tumbuh kembang anak tak sesuai dengan bayi lain yang seusianya. Hal ini dapat dipahami. Namun, sebaiknya hindari membanding-bandingkan si kembar dengan bayi lain yang lahir tunggal.

Karena bayi yang lahir kembar memang secara normal membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tahap perkembangan tertentu, khususnya bila mereka lahir prematur. Anda sebagai orang tua harus belajar untuk memahaminya dan berhenti membandingkan si kembar dengan anak lain.

Jika dilihat dari usia kehamilan, bayi yang lahir cukup bulan biasanya lahir setelah usia kehamilan 40 minggu. Jadi, bila bayi kembar Anda lahir di usia kehamilan 34 minggu, maka tumbuh kembangnya pun wajar bila lebih terlambat dari yang lahir secara normal.

Tumbuh kembang anak memang menjadi poin penting pada pola asuh orang tua. Namun, bukan berarti Anda bisa memukul rata pertumbuhan anak. Faktanya, bayi kembar memiliki kurva pertumbuhan yang berbeda dengan bayi tunggal.

Jadi, bagi Anda yang memiliki anak kembar, tak perlu panik bila pertumbuhan si Kecil tak secepat teman-temannya. Selama berat badannya selalu meningkat dan ada kemajuan perkembangan di setiap bulannya, tumbuh kembang bayi kembar Anda masih berada dalam batas normal.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓