4 Tips Hidup Lebih Sehat Saat Tak Sempat Olahraga

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 18 Dec 2018, 16:00 WIB
Anda tak sempat olahraga karena rutinitas sehari-hari begitu padat? Jangan khawatir, terapkan empat tips ini biar hidup lebih sehat!
4 Tips Hidup Lebih Sehat Saat Tak Sempat Olahraga (WAYHOME-studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tak ada yang meragukan kalau berolahraga adalah cara yang paling ampuh untuk mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani. Dengan berolahraga, Anda akan mendapat sejumlah manfaat bagi tubuh, seperti sistem peredaran darah lebih lancar, membakar lemak yang menumpuk, serta menjaga sistem metabolisme tubuh. Namun sayang, tidak semua orang suka atau sempat berolahraga. Tapi jangan khawatir, ada banyak kebiasaan praktis yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda sehat, meski tak harus berolahraga.

Dilansir dari Huffington Post, terapkan empat tips hidup lebih sehat saat Anda tak sempat olahraga berikut.

1. Makan dengan lebih pelan

Ahli gizi menyarankan Anda untuk memperlambat dan mengunyah setiap gigitan makanan antara 20 sampai 30 kali demi membuatnya lebih mudah dicerna serta diserap. Bahkan, semakin lama Anda memecah makanan di mulut Anda, makin banyak yang akan terserap di usus.

Cobalah menyisihkan sedikit lebih banyak waktu sehingga Anda dapat makan makanan dengan cara yang lebih pelan. Makan dengan kecepatan lebih lambat juga memberi Anda lebih banyak waktu untuk menikmati sajian dalam piring tanpa harus berlebihan.

“Tantang diri Anda makan setidaknya 15 hingga 20 menit karena itu adalah jumlah waktu yang diperlukan untuk memberitahu otak bahwa Anda sudah kenyang,” kata Tracy Lockwood Beckerman, ahli diet terdaftar di New York, Amerika Serikat.

2. Cukupi kebutuhan tidur

Ketika terlalu sibuk bekerja dan melakukan aktivitas, kebutuhan tidur sering kali dikesampingkan. Padahal, Anda layak memprioritaskan waktu istirahat.

Jumlah tidur yang tepat nyatanya bervariasi, meski biasanya berkisar antara 7 sampai 8 jam. Ketika seseorang kekurangan tidur, dia bakal mengalami gangguan kesehatan yang cukup signifikan, misalnya melemahkan sistem imun tubuh.

“Penelitian yang dilakukan di JAMA Internal Medicine terhadap 300 orang menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7,5 jam memiliki risiko terkena flu,” kata dr. Atika dari KlikDokter.

Sementara itu, kurang tidur mengganggu keseimbangan rasa lapar dan hormon kenyang tubuh. Tidak cukup tidur juga menyebabkan rendahnya kadar leptin, hormon yang membantu mengatur keseimbangan energi tubuh dengan menghambat rasa lapar. Seperti yang bisa ditebak, ketika kadar leptin menurun, hal tersebut dapat meningkatkan hasrat makan makanan manis Anda.

3. Melepas stres

Stres dalam tahap lanjut atau kronis, dapat menimbulkan segudang efek negatif pada tubuh. Seperti depresi, kecemasan, hingga masalah pencernaan dan penyakit kardiovaskular. Demi kesehatan Anda, penting untuk menghilangkan stres yang dapat menguras tenaga. Anda bisa mengobrol dengan orang-orang terdekat, atau mendatangi profesional seperti psikolog.

4. Menjauhi alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan risiko kanker, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, makan berlebihan, gangguan kognitif bahkan mempercepat penuaan dini, seperti keriput dan pembuluh darah yang rusak.

Selain itu, alkohol dan gula dapat berdampak negatif pada kesehatan usus Anda. Alkohol juga merusak keefektifan hormon leptin, yang seperti disebutkan sebelumnya, dapat menahan hasrat tubuh Anda untuk merasa kenyang. Untuk itu, hentikan kebiasaan minum minuman alkohol dari sekarang.

Tips sehat di atas mungkin terdengar biasa saja bagi Anda. Namun jika diterapkan dengan baik, Anda dapat merasakan tubuh yang lebih bugar meski melewatkan satu hingga dua kali sesi olahraga. Namun, untuk kesehatan yang maksimal, sebaiknya Anda tetap sisihkan waktu untuk berolahraga.

[HNS/ RVS]