Mengungkap Manfaat Sulfur untuk Kesehatan

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 19 Dec 2018, 15:45 WIB
Sulfur disebut-sebut sebagai zat yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Apa kata medis terkait anggapan tersebut?
Mengungkap Manfaat Sulfur untuk Kesehatan (Volodymyr-Plysiuk/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sulfur merupakan salah satu komponen penting yang dapat memberikan asupan protein kepada tubuh. Unsur alami yang ada di dalam senyawa tersebut bahkan dipercaya dapat mengobati berbagai macam masalah yang muncul di kulit.

Tak hanya itu, bawang putih, bawang merah, telur, dan asupan lain yang mengandung sulfur di dalamnya juga dipercaya dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan tertentu, seperti alergi, osteoartritis, dan nyeri otot.

Manfaat sulfur menurut medis

Hasil dari beberapa penelitian yang dilansir dalam laman healthbenefitstimes.com mengungkap bahwa kandungan sulfur dalam bawang merah terbukti dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Tak heran, sulfur turut memberikan manfaat untuk wanita yang telah memasuki masa menopause. Pasalnya, di rentang usia tersebut, wanita kerap mengalami osteoporosis yang timbul sebagai akibat dari berkurangnya tingkat kepadatan tulang.

Lebih lanjut, penelitian tersebut juga menemukan bahwa wanita yang telah memasuki usia menopause dan rutin mengonsumsi bawang merah memiliki risiko osteoporosis yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi bawang merah. Konsumsi bawang merah secara teratur pun disebut mampu menurunkan risiko tubuh bungkuk pada usia lanjut. Hal itu karena sulfur memainkan peran dalam membantu pembentukan jaringan ikat dan memperkuat konektor jaringan.

Apalagi manfaat langsung yang bisa didapat dari kandungan sulfur dalam bawang merah dan makanan lainnya? Ini dia:

  • Mengatasi osteoartritis

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Osteoarthritis Cartilage tahun 2008 mengkaji sulfur sebagai bahan pengobatan osteoartritis. Para peneliti berhipotesis bahwa sulfur memiliki khasiat yang lebih unggul daripada plasebo dalam pengobatan osteoartritis ringan hingga sedang.

Ada juga bukti lain yang mengatakan bahwa balneoterapi atau mandi belerang yang mengandung zat sulfur dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan osteoartritis. Laporan dari Cochrane Database of Systematic Review tahun 2007 menyebut, para ilmuwan mengukur tujuh percobaan pada penggunaan balneoterapi dalam pengobatan osteoartritis. Hasilnya, terapi tersebut memberikan perbaikan yang jauh lebih besar dalam rasa sakit dan kualitas hidup penderita osteoartritis.

  • Meringankan gejala alergi

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine tahun 2002, partisipan studi yang mengonsumsi suplemen sulfur mengalami perbaikan gejala alergi saluran pernapasan yang jauh lebih signifikan daripada megonsumsi plasebo.

  • Bagus untuk perawatan kulit

Sulfur juga digunakan sebagai bahan dalam beberapa produk perawatan kulit dan rambut. Ketika diaplikasikan, sulfur dianggap mampu mengobati gangguan, seperti jerawat, rosacea, kutil, serta ketombe.

Tak cuma itu, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter mengatakan bahwa zat sulfur yang terkandung di dalam belerang juga bisa mengurangi kemerahan akibat peradangan akibat penyakit seperti eczema (eksim atau dermatitis atopi), dermatitis seberoik, dan dermatitis nurmularis.

Itu dia manfaat yang bisa didapatkan dari sulfur. Apakah Anda tertarik untuk membuktikannya sendiri? Jika hendak menggunakan produk yang mengandung sulfur, pastikan Anda tidak lupa untuk membaca label peringatan, dosis yang dianjurkan, dan efek samping yang mungkin terjadi. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengimbangi penggunaan produk mengandung sulfur dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga rutin dan teratur, serta menghindari rokok maupun alkohol. Dengan demikian, manfaat sehat sulfur yang Anda rasakan bisa lebih optimal.

[NB/ RVS]