Ini Penyebab Bau Mulut Saat Anda Bangun Tidur

Oleh Ayu Maharani pada 19 Dec 2018, 14:45 WIB
Bau mulut saat bangun tidur tak hanya disebabkan oleh lupa gosok gigi pada malam harinya. Ketahui berbagai penyebab bau mulut berikut ini.
Ini Penyebab Bau Mulut Saat Anda Bangun Tidur (Jamesboy-Nuchaikong/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda berbicara dengan pasangan Anda saat bangun tidur, dan ia menutup hidung karena mulut Anda berbau tak sedap? Kondisi bau mulut ini sering dikaitkan dengan lupa gosok gigi. Padahal sebenarnya penyebab bau mulut bisa beragam.

Dilansir dari Healthline, bau mulut alias morning breath tak melulu disebabkan oleh luputnya kegiatan menyikat gigi di malam hari. Penasaran apa saja yang bikin napas jadi bau saat bangun tidur di pagi hari dan cara mengatasinya? Intip ulasannya berikut ini.

Penyebab bau mulut di pagi hari

Seperti telah dijelaskan di atas, bau mulut saat bangun tidur bukan hanya disebabkan oleh lupa menggosok gigi atau berkumur. Nah, berikut ini adalah sejumlah penyebab morning breath yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Mulut kering

Jika Anda sudah menyikat gigi bahkan berkumur dengan cairan pembersih mulut sebelum tidur, kemungkinan besar penyebab dari bau napas Anda di pagi hari adalah kondisi mulut yang terlampau kering.

Ya, air liur memang bertugas untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Ketika tidur, produksi air liur menurun secara signifikan. Dan terkadang, yang memicu penurunan produksi air liur ini adalah konsumsi obat-obatan tertentu.

2. Kebersihan mulut yang buruk

Mulut merupakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Jika Anda tidak menyikat gigi secara rutin dan efektif, partikel makanan dapat terjebak di celah-celah gigi, permukaan lidah, dan di sepanjang jaringan gusi. Lalu, bakteri di mulut akan memecah partikel makanan tersebut yang berujung pada pelepasan bau mulut saat bangun tidur.

Selain itu, bau mulut sebenarnya dapat menjadi gejala penyakit periodontal, terutama jika kebersihan mulut benar-benar tak terjaga. Penyakit periodontal akan memengaruhi gusi dan menginfeksi kantong gigi bagian bawah.

3. Mengonsumsi makanan tertentu

Apa yang Anda makan di malam hari dapat berimbas pada napas Anda di pagi hari saat bangun tidur. Mengonsumsi makanan berbau kuat di malam hari, seperti bawang putih atau bawang bombay, dapat menyebabkan bau mulut pada keesokan harinya, meski Anda telah menyikat gigi dengan baik.

4. Merokok

Merokok tembakau sangat berkaitan dengan bau mulut di pagi hari. Sebab, merokok dapat menyebabkan mulut kering dan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit gusi. Isapan tembakau dan asap pembakarannya bisa menjadi kombinasi yang kuat untuk menghasilkan napas yang buruk setelah bangun tidur.

5. GERD (gastroesophageal reflux disease)

Penderita penyakit asam lambung seperti GERD mungkin akan mengalami bau mulut karena asam lambung yang ada di kerongkongan mereka saat mereka tidur di malam hari.

1 of 2

Tips mengatasi bau mulut saat bangun tidur

Dalam banyak kasus, bau mulut diatasi dengan kombinasi perawatan gigi dan mulut serta perubahan gaya hidup yang lebih baik. Menjaga kebersihan mulut adalah solusi cepat dan terbaik untuk menghindari bau mulut.

Misalnya, tidak lupa menyikat gigi sebelum tidur di malam hari dan tidak makan atau minum apa pun kecuali air putih sesudahnya. Bila perlu, berkumurlah dengan cairan antiseptik khusus mulut dan bersihkan sisa-sisa kotoran pada lidah Anda.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi bawang saat makan malam. Bila Anda ingin mengonsumsinya, makanlah di siang hari saja. Jika Anda memakai alat ortodontik lain, bersihkan juga setiap hari. Jangan lupa juga untuk menggosok gigi setelah bangun di pagi hari untuk menghilangkan sisa-sisa morning breath.

Bagi Anda para perokok, selain memang seharusnya Anda berhenti dari kegiatan tersebut, mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu menghilangkan bau mulut di pagi hari. Sebab, permen karet tanpa gula dapat menstimulasi produksi air liur sekaligus menyegarkan napas Anda.

Khusus bagi Anda yang menderita GERD, sebaiknya atasi terlebih dulu penyakit asam lambung Anda ke dokter supaya gejala bau mulut bisa diminimalkan. Atau setidaknya, kurangi asam lambung di kerongkongan dengan menghindari tidur telentang dan menggunakan alas kepala yang membuat posisi kepala hingga dada lebih tinggi daripada badan.

 

Bau mulut saat bangun tidur mungkin terkesan sepele. Tapi, jangan sampai Anda mengabaikannya. Sebab, hal tersebut akan membuat orang-orang di sekitar Anda merasa tidak nyaman. Jadi, hindari berbagai penyebab bau mulut di atas, agar di pagi harinya napas Anda jauh dari “bau naga”. Lakukan berbagai saran yang telah dipaparkan agar Anda terbebas dari bau mulut yang mengganggu.                                                  

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓