Tips Agar Rambut Balita Sehat dan Lebat

Oleh dr. Andika Widyatama pada 20 Dec 2018, 08:30 WIB
Ingin balita Anda memiliki rambut yang sehat dan lebat? Cobalah beberapa tips berikut di rumah!
Tips Agar Rambut Balita Sehat dan Lebat (Chikala/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sering kali para ibu khawatir bila rambut balitanya tampak tipis. Apalagi jika dibandingkan dengan anak-anak seumurnya. Bahkan, sampai-sampai ada sebagian ibu yang mencukur habis rambut anaknya agar setelahnya dapat tumbuh rambut yang lebat.

Faktor genetik memang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan rambut anak. Meskipun begitu, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan agar rambut anak tumbuh lebat dan juga sehat. Simak empat tipsnya berikut ini:

  • Pilih sampo yang tepat

Pakai sampo khusus anak yang tidak hanya membersihkan dan melembutkan rambut, tetapi juga dapat melindungi kulit kepalanya dari kekeringan dan iritasi. Lebih baik lagi bila menggunakan sampo yang mengandung bahan alami yang dapat membantu pertumbuhan rambut bayi, misalnya aloe vera, kemiri, atau seledri.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot membuat ramuan dari bahan-bahan alami tersebut setiap kali ingin mengoleskannya pada rambut anak. Selanjutnya, jika anak Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya menggunakan jenis sampo yang hipoalergenik.

  • Mencuci rambut secara teratur

Pastikan mencuci rambut anak 2-3 kali dalam seminggu, tergantung dari seberapa aktif aktivitasnya. Namun, berikanlah jeda satu hari antar waktu mencuci rambut agar tidak merusak fungsi pelembap alami rambut.

Jangan biarkan keringat menumpuk di kulit kepala sehingga menimbulkan masalah di kulit dan rambut, misalnya infeksi dan iritasi. Jika sudah infeksi atau iritasi, ini bisa memicu gatal dan perih. Keluhan tersebut bisa membuat anak tidak nyaman dalam beraktivitas.

  • Teknik menyisir yang benar

Jangan sepelekan teknik menyisir rambut yang benar. Sebaiknya menyisir rambut si Kecil dimulai dari bagian yang biasanya lebih berantakan, yaitu bagian bawah. Kemudian, lakukan gerakan menyisir secara perlahan agar tidak mencederai kulit kepala anak. Gunakan sisir yang berbahan lembut untuk mencegah kerusakan rambut dan cedera pada kulit kepala.

Penggunaan hair lotion juga dapat memudahkan rambut anak untuk disisir. Hair lotion yang mengandung bahan alami seperti aloe vera bahkan dapat membuat rambut tumbuh lebih lebat, dan tentunya lebih sehat.

  • Cukupi asupan nutrisi

Selain dari faktor eksternal, rambut juga membutuhkan perawatan dari dalam. Untuk memperoleh pertumbuhan rambut yang sehat maksimal, juga dibutuhkan berbagai asupan nutrisi, seperti protein, zat besi, biotin, seng, dan asam lemak omega-3. Kandungan nutrisi tersebut dapat diperoleh dari menu makanan sehari-hari.

- Protein (daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan)

- Zat besi (hati, daging merah, bayam, dan brokoli)

- Biotin (kuning telur, ubi, alpukat, gandum, dan kol)

- Seng (telur, susu, dan kacang-kacangan)

- Omega-3 (salmon, sarden, walnuts, dan minyak kanola –bahkan, untuk minyak kanola sendiri saat ini sudah terkandung di salah satu produk sampo yang berfungsi menguatkan rambut)

Merawat rambut balita merupakan hal yang penting. Tidak hanya untuk membuat penampilan menjadi lebih lucu, tapi juga meningkatkan kualitas kesehatan anak secara keseluruhan. Jadi, para orang tua tunggu apalagi? Segera coba beberapa tips yang sudah dijelaskan agar anak Anda lebih sehat, nyaman, dan bahagia dengan rambut barunya!

[RS/ RH]