search

Benarkah Sakit Mata Menular Lewat Pandangan? Ini Faktanya

Terdapat sebuah pendapat yang bilang, sakit mata menular lewat pandangan. Apakah pendapat ini fakta atau hanya mitos belaka?
Benarkah Sakit Mata Menular Lewat Pandangan? Ini Faktanya

Klikdokter.com, Jakarta Sakit mata mengganggu segalanya. Anda jadi tidak nyaman beraktivitas, bahkan cenderung dijauhi oleh rekan kerja lantaran dikira dapat menularkan penyakit meski tidak bersentuhan langsung.

Sebagian orang memang menganggap bahwa sakit mata menular lewat pandangan. Oleh karena itu, mereka yang mengalaminya diminta untuk menjauhi kerumunan, bahkan mengenakan kacamata hitam agar tidak terjadi kontak mata secara langsung dengan orang lain.

Pertanyaannya, apakah pendapat tersebut benar dan sesuai fakta medis atau hanya mitos belaka?

Artikel Lainnya: Bolehkah Obat Sakit Mata Dipakai Bergantian?

1 dari 3

Bukan Lewat Pandangan, Ini Cara Penularan Sakit Mata

Bukan Lewat Pandangan, Ini Cara Penularan Sakit Mata
loading

Mata merah pada konjungtivitis bisa disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab yang paling sering adalah infeksi kuman, meski tak menutup kemungkinan disebabkan oleh alergi, cipratan bahan kimia ke mata, masuknya benda asing ke mata, dan lain sebagainya.

Konjungtivitis yang diakibatkan oleh bakteri lebih sering dialami oleh anak-anak. Sedangkan konjungtivitis karena virus lebih sering terjadi pada orang dewasa. 

Dari semua kasus konjungtivitis, lebih dari 50 persen disebabkan oleh virus. Oleh karena itu, jenis penyakit ini sangat mudah menular dari satu orang ke lainnya.

Apakah cara penularannya dapat melalui pandangan, sekalipun tanpa kontak atau sentuhan? Tidak. Cara penularan penyakit mata yang benar dan sesuai fakta medis adalah sebagai berikut:

  • Lewat Sentuhan Tangan

Ketika orang sehat menyentuh mata tanpa mencuci tangan, virus yang menempel dapat berpindah. 

Penularan makin mudah terjadi ketika imunitas orang tersebut sedang menurun. Begitu juga dengan infeksi mata yang disebabkan karena bakteri. 

Sebagian besar bakteri dapat bertahan hidup di permukaan antara 8 jam sampai beberapa hari. Sementara itu, virus bisa bertahan hingga 2 bulan lamanya.  

  • Batuk dan bersin

Droplet yang keluar saat batuk atau bersin juga dapat menjadi media penularan sakit mata.  

  • Kontak erat 

Sakit mata dapat menular melalui kontak erat dengan penderita. Contoh kontak erat yang dimaksud, misalnya jabat tangan, pelukan, atau ciuman. 

  • Lensa kontak 

Bakteri penyebab penyakit mata dapat tumbuh lewat lensa kontak jika Anda tidak sering membersihkannya. 

Artikel Lainnya: Cara Tepat Atasi Sakit Mata pada Anak

2 dari 3

Cara Mencegah Sakit Mata yang Menular

Ilustrasi Cuci Tangan yang Benar
loading

Agar terhindar dari tertularnya sakit mata, biasakan untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Berikut tipsnya:

  1. Hindari menyentuh mata dengan tangan yang kotor atau belum dicuci.
  2. Rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, khususnya sebelum menyentuh mata, hidung, dan mulut.
  3. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan tangan setelah dicuci menggunakan sabun dan air mengalir. Hindari saling bertukar handuk.
  4. Tidak bertukar kosmetik atau alat perawatan mata dengan orang lain.

Artikel Lainnya: Apakah Alergi membuat Mata Anda Merah? Penyebabnya?

Jadi, bagi Anda yang menderita mata merah, mengenakan kacamata hitam untuk menghindari penularan sakit mata sebenarnya tak perlu dilakukan. 

Hal yang sebenarnya perlu dilakukan adalah tidak menyentuh lendir mata dengan tangan. Selain itu,  rutinlah mencuci tangan dengan sabun antiseptik dan air mengalir.

Sakit mata karena konjungtivitis virus yang ringan memang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, bila Anda merasa tidak nyaman dan sangat terganggu karenanya, tak ada salahnya untuk berobat ke dokter.

Apabila mata merah yang Anda alami sudah disertai gejala pandangan buram, silau, nyeri kepala, mual atau muntah, tak perlu tunda untuk segera konsultasi ke dokter spesialis mata. Sebab, kemungkinan kondisi sakit mata tersebut bukanlah konjungtivitis semata, melainkan penyakit lain yang lebih berat.

Baca Juga

Mulai saat ini, Anda tak perlu lagi percaya dengan mitos penularan sakit mata lewat pandangan. Untuk mencari tahu fakta di balik berbagai mitos kesehatan lainnya, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Bisakah Cacar Monyet Menginfeksi Mata?

Info Sehat
28 Agt

Mata Sering Kedutan? Ini Artinya dari Sisi Medis

Info Sehat
13 Apr

Mata Bayi Belekan Terus, Apa Penyebabnya?

Info Sehat
13 Mar

Stres Jadi Penyebab Bintitan, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
16 Feb

Mata Sering Terasa Kering? Waspada Mengidap Sindrom Sjogren

Info Sehat
15 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat