Pulang Umrah, Aa Gym Dirawat Akibat Kelelahan

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 20 Des 2018, 14:15 WIB
Aa Gym dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) setelah pulang umrah. Beliau dikabarkan mengalami kelelahan.
Pulang Umrah, Aa Gym Dirawat Akibat Kelelahan (@yusufmansurnew/Instagram)

Klikdokter.com, Jakarta Ustaz Abdullah Gymnastiar atau biasa disapa Aa Gym dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Salemba, Jakarta Pusat. Pria berusia 56 tahun itu dikabarkan mengalami kelelahan setelah pulang umrah dari Tanah Suci. Dilansir beberapa sumber, kabar ini didapatkan dari Ustaz Yusuf Mansyur, yang merupakan rekan Aa Gym.

Yusuf Mansyur menjelaskan bahwa Aa Gym masuk rumah sakit karena kelelahan usai melayani jemaah umrah. Selepas itu, Aa Gym juga dikabarkan langsung melakukan banyak kegiatan setibanya di Indonesia. Dalam ungguhan Instagram pribadi miliknya, Yusuf Mansur terlihat sedang berdoa bersama Aa Gym yang tampak tidur di ranjang rumah sakit. Selain itu, ada pula foto Aa Gym sedang dipijat oleh Yusuf Mansyur.

Tanda tubuh kelelahan

Pada dasarnya, kondisi kelelahan seperti yang dialami Aa Gym bisa terjadi pada siapa saja, khususnya pada mereka yang memiliki aktivitas sangat padat. Risiko terjadinya keluhan tersebut pun bisa meningkat berlipat ganda bila waktu istirahat juga tidak memadai.

Layaknya keluhan lain, kelelahan juga memiliki gejala dan tanda. Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, berikut adalah gejala dan tanda bahwa tubuh Anda mengalami kelelahan:

  • Sulit berkonsentrasi

Ketika mulai sulit berkonsentrasi, mungkin itu tanda bahwa tubuh Anda sedang kelelahan. Keadaan ini sangat mungkin terjadi jika Anda terlalu memforsir otak untuk terus bekerja.

  • Gangguan emosi

Kelelahan juga bisa memberikan pengaruh buruk pada keadaan emosi Anda. Jadi, jika merasa lebih sensitif daripada biasanya, mudah menangis, dan menjadi orang yang pesimistis, itu mungkin pertanda bahwa tubuh Anda sedang kelelahan dan butuh istirahat.

  • Gangguan tidur

Bukannya menjadi lebih mudah tidur, kelelahan justru bisa menyebabkan gangguan tidur pada Anda. Keadaan ini harus segera diatasi, karena jika terjadi berlanjut akan menyebabkan keluhan yang lebih buruk.

  • Mudah sakit

Anda mungkin menyadari bahwa tubuh yang kelelahan lebih mudah terserang penyakit. Ya, ini karena kelelahan membuat sistem kekebalan tubuh menurun, sehingga kuman berbahaya lebih mudah menyerang.

Batuk, pilek, demam, dan keluhan lainnya merupakan tanda penurunan daya tahan tubuh yang dapat terjadi akibat tubuh yang kelelahan.

Mengatasi tubuh yang kelelahan

Tubuh yang lelah membuat Anda kesulitan beraktivitas. Bahkan jika terjadi secara berkelanjutan, keadaan itu juga bisa menurunkan kualitas hidup Anda sepenuhnya. Oleh karena itu, jika Anda merasa sangat lelah, badan lemas, lesu, bahkan hingga sulit mengangkat bahu, segera lakukan tindakan ini sebagai upaya untuk mengatasinya:

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari minuman beralkohol dan kafein
  • Jauhi rokok dan paparan asapnya
  • Istirahat yang cukup
  • Hindari begadang
  • Jangan lupa sarapan dengan menu sehat dan bergizi seimbang
  • Konsumsi vitamin dan suplemen (jika perlu)
  • Berolahraga secara rutin dan teratur
  • Lakukan hobi Anda.

Mengetahui bahwa kelelahan bisa menjadi cikal-bakal kondisi yang lebih berbahaya, Anda sebaiknya lebih waspada dan memperhatikan kondisi tubuh dengan saksama. Jangan biarkan kelelahan seperti yang dialami Aa Gym justru terjadi pada diri Anda. Sementara itu, mari sama-sama berdoa agar Aa Gym segera sehat dan bisa kembali beraktivitas seperti semula.

[NB/ RVS]