7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 21 Dec 2018, 11:00 WIB
Kesehatan mata sering terabaikan. Karena perannya krusial, yuk jaga mata dengan cara ini agar bisa terus berfungsi dengan baik.
7 Cara Menjaga Kesehatan Mata (Serg Zastavkin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Lewat mata, Anda bisa melihat dunia seisinya. Sebagai “jendela dunia”, kesehatan mata tentu tak boleh disepelekan. Bukan hanya tubuh yang bisa kelelahan, mata pun bisa merasakan kondisi yang sama. Inilah mengapa perawatan mata tak kalah penting.

Ketika tubuh terasa lelah, salah satu solusinya adalah dengan tidur. Sayangnya, perawatan mata membutuhkan lebih dari tidur. Bayangkan, sehari-harinya mata terus bekerja dengan fokus pada laptop, smartphone, membaca buku, menonton televisi, dan lain-lain. Banyak orang yang tak menyadari betapa beratnya mata dalam menopang aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk berterima kasih kepada mata adalah dengan merawatnya.

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan mata, sekaligus berguna untuk tidak memperparah kemampuan penglihatan yang sudah mengalami rabun.

  1. Jaga pola makan

Dalam menu harian, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C, dan vitamin E. Gunanya adalah agar Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit mata seperti degenerasi makular (yaitu gangguan pada retina mata akibat pertambahan usia) dan katarak.

Anda dapat memenuhi kebutuhan zat-zat gizi tersebut dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, dan masih banyak lagi. Konsumsi juga ikan laut yang tinggi omega-3 seperti salmon, tuna, telur, dan kacang-kacangan. Jangan lupa buah, ya! Konsumsilah lemon, jeruk, atau stroberi demi kesehatan mata.

  1. Berhenti merokok

Merokok tak memiliki manfaat apa pun terhadap kesehatan. Malah sebaliknya. Racun yang terkandung dalam rokok dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit mata. Jadi, demi kesehatan mata dan kesehatan tubuh keseluruhan, usir jauh-jauh rokok dan asapnya dari hidup Anda.

  1. Gunakan kacamata hitam saat berada di luar

Paparan berlebih sinar ultraviolet (UV) dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata, seperti katarak dan degenerasi makular. Oleh karena itu, lindungi mata pada siang hari dengan menggunakan kacamata hitam yang memiliki proteksi terhadap sinar UV.

  1. Berikan mata waktu untuk beristirahat

Entah karena pekerjaan atau kebiasaan, cobalah untuk tidak menatap layar komputer, laptop, smartphone, atau televisi terlalu lama. Kebiasaan ini bisa membuat  pandangan kabur, mata sulit fokus, mata kering, hingga nyeri kepala dan tengkuk. Untuk anak-anak, kebiasaan ini juga berpotensi menyebabkan mata minus makin bertambah.

American Academy of Dermatology menganjurkan, lakukan aturan 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit alihkan pandangan Anda sejauh 20 feet (sekitar 6 meter), selama paling tidak 20 detik.

  1. Merawat dan menjaga kebersihan lensa kontak

Jika Anda adalah pengguna lensa kontak, baik untuk membantu penglihatan atau hanya karena estetika semata, Anda harus memperhatikan kebersihan lensa kontak dengan saksama.

Ingatlah untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa lensa kontak, membersihkan tempat penyimpanan lensa kontak, selalu mencuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak, serta menghindari penggunaan lensa kontak saat mandi, berenang, termasuk tidur.

  1. Perhatikan riasan mata

Khususnya wanita, banyak yang menitikberatkan riasan pada mata. Polesan eye shadow yang bernuansa smokey, penggunaan glitter atau aksesori lainnya, atau memoles beberapa warna pada mata, harus dilakukan secara aman. Jika tidak, produk rias mata yang masuk ke mata bisa mengakibatkan iritasi. Akibatnya, mata bisa merah, dan jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan infeksi. Ingatlah untuk selalu membersihkan riasan mata sampai benar-bebar bersih.

  1. Periksakan mata secara rutin

Untuk memastikan mata tetap sehat, lakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 6 bulan sekali. Ini karena tidak semua penyakit mata memiliki keluhan. Misalnya saja glaukoma. Meskipun tak bergejala, tapi penyakit tersebut bisa menyebabkan kebutaan. Dengan pemeriksaan mata secara rutin, penyakit mata dapat terdeteksi sedini mungkin, sehingga tingkat kesembuhannya pun lebih baik.

Kontribusi mata terhadap kehidupan setiap orang begitu besar. Karenanya, rawatlah kesehatan mata dengan baik dengan melakukan cara-cara di atas. Selain itu, ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih sehat sehingga tak hanya kesehatan mata, kesehatan tubuh pun turut terjaga.

[RN/ RVS]