Liburan Sehat dengan Ibu, Sebaiknya ke Mana?

Oleh Ayu Maharani pada 22 Dec 2018, 10:00 WIB
Mendekati akhir tahun, yuk rencanakan liburan sehat bersama ibu! Ini referensi tempat jalan-jalannya.
Liburan Sehat dengan Ibu, Sebaiknya ke Mana? (Iakov Filimonov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sedikit lagi tahun 2018 akan berakhir dan itu berarti, hari libur juga akan segera tiba. Jika Anda memiliki sisa cuti banyak, Anda bisa berlibur mulai dari tanggal 22 Desember ini – yang bertepatan dengan Hari Ibu - hingga awal tahun depan. Tapi jangan lupa, ajak juga anggota keluarga untuk berlibur, terutama ibu Anda. Mengapresiasi ibu dengan mengajaknya liburan sehat merupakan hadiah terbaik yang bisa Anda berikan, apalagi kalau ibu Anda pada dasarnya hobi melancong.

Lalu, tempat apa, ya, yang kira-kira menarik dikunjungi? Tak perlu pusing, berikut ini beberapa pilihan yang bisa Anda jadikan referensi untuk mengajak ibu liburan sehat.

  1. Kebun raya atau taman bunga

Pertama, Anda bisa mengunjungi kebun raya atau taman bunga. Di sana, Anda bisa berjalan santai, mengobrol, mengambil foto dengan angle terbaik, sembari menghirup oksigen yang dihasilkan oleh banyak tanaman. Dekat dengan alam bisa membuat perasaan ibu Anda lebih rileks.

Ada sejumlah penelitian yang menemukan bahwa menikmati pemandangan alam meski singkat dapat meningkatkan kesehatan otak. Salah satu penelitian tahun 2015 yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences, menyatakan bahwa dekat dengan alam bisa membantu mengurangi depresi. Selain itu, berdasarkan keterangan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, “Menurut penelitian, wanita yang menatap bunga mawar segar selama 3 menit akan mengalami peningkatan mood  dan  menjadi lebih bahagia, serta berkurang kadar stresnya.”

  1. Nonton pertunjukan seni

Ibu Anda dulu hobi nonton seni teater atau pertunjukkan musik? Jika iya, ajak sang ibu menonton pertunjukan teater, musik, atau tari yang kira-kira sesuai dengan seleranya. Dengan begitu, ia bisa bernostalgia dan merasakan lagi kebahagiaan yang dulu dirasakannya saat masih muda.

Tapi yang perlu diingat, pilihlah tempat pertunjukan seni yang indoor untuk menghindari asap rokok yang biasanya dilakukan oleh penonton pertunjukan outdoor. Hal ini perlu lebih dipikirkan agar ibu Anda terhindar dari sesak napas dan iritasi mata akibat asap yang mengganggu.

  1. Leyeh-leyeh di spa

Pada dasarnya, setiap wanita ingin memiliki kondisi fisik yang baik dan menarik hingga tua nanti. Namun sayangnya, tidak semua wanita bisa mewujudkan hal itu karena terhalang oleh urusan rumah tangga yang cukup menguras waktu, pikiran, dan tenaga.

Maka, berikanlah waktu kepada ibu Anda untuk memanjakan dirinya di tempat spa. Otot-otot yang tegang bisa dikendurkan dengan pijat oleh terapis, rambut yang rusak bisa diberikan nutrisi, kuku yang tampak rapuh bisa dikilapkan, dan kulit yang kusam bisa dicerahkan kembali.

Pijat – baik di spa atau di rumah – seperti yang dinikmati ibu Anda, memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Menurut dr. Devina Nova Estikaratri dari KlikDokter, dari sisi fisiologis, pijat bemanfaat antara lain untuk memperbaiki sirkulasi darah dan kelenjar getah bening, memperbaiki kejang otot (khususnya otot rangka), dan Membentuk jaringan ikat kolagen. Nah, selesai dari sini, pasti ibu Anda akan percaya diri kembali sekaligus merasakan sensasi segar yang melegakan.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Berpartisipasi dalam acara demo memasak

Ibu Anda hobi masak? Sepertinya seru juga, ya, kalau ibu Anda dan Anda berpartisipasi dalam kegiatan demo memasak. Jika kebetulan Anda punya referensi demo atau lomba memasak dari internet ataupun tempat lain, ajaklah ibu Anda untuk mengikutinya. Sebab, dengan memasak bersama, Anda dan ibu bisa membangun kerja sama serta komunikasi yang baik.

Selain bisa membangun ikatan dan menambah pengetahuan bumbu dapur Anda sendiri, mengikuti acara demo atau lomba memasak bisa mengurangi risiko pertikaian yang umumnya terjadi antara ibu dan anaknya yang sudah dewasa. Lagi pula, menang ataupun kalah nanti hasilnya, yang terpenting Anda dan ibu memiliki momen perjuangan yang terlupakan dan lucu bila dikenang.

  1. Pergi ke tempat impian ibu Anda

Bila Anda memiliki waktu dan rezeki yang cukup, tak ada salahnya bertanya kepada ibu Anda tentang tempat mana yang dari dulu ingin ia kunjungi. Sebab, orang tua mana yang tidak bahagia jika si anak bisa mewujudkan impian orang tuanya sendiri.

Lagi pula, semakin bahagia kondisi psikis seorang ibu, semakin kecil juga risiko dirinya untuk terkena gangguan kecemasan, depresi, atau serangan jantung. Untuk itu, jangan segan untuk bertanya kepada orang tua, ya, tentang lokasi liburan yang ia dambakan.

Dengan mengajak ibu Anda liburan sehat bersama, kemampuannya dalam berpikir dan berkomunikasi dengan orang baru pasti juga bisa meningkat. Yang terpenting, sebelum berjalan-jalan atau beraktivitas di luar rumah, pastikan dulu bahwa kondisi kesehatan ibu Anda memang mumpuni. Dan, bawalah selalu obat-obatan yang diperlukan sehingga Anda dan ibu bisa bepergian dengan lebih tenang.

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓