Kiat agar Anak Tetap Nyaman Saat Bepergian dengan Pesawat

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 23 Dec 2018, 10:00 WIB
Bepergian bersama anak dengan menggunakan pesawat terbang? Siapa takut! Intip tipsnya di sini.
Kiat agar Anak Tetap Nyaman Saat Bepergian dengan Pesawat (NadyaEugene/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Liburan akhir tahun telah tiba. Anda mungkin sudah merencanakan akan pergi berlibur bersama keluarga. Namun, bepergian bersama keluarga, terutama saat masih memiliki anak yang berusia kecil, terkadang bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi saat bepergian menggunakan pesawat terbang.

Saat bepergian bersama anak dengan pesawat terbang, tak sedikit orang tua yang merasa kewalahan. Kondisi ini sering terjadi akibat minimnya persiapan dan pengetahuan sebelum naik pesawat terbang. Tentunya, dengan persiapan yang baik, anak tetap dapat merasa nyaman sepanjang perjalanan, dan orang tua pun dapat menikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga.

  • Kenali aturan maskapai tentang aturan bepergian dengan anak

Bepergian bersama anak dengan pesawat terbang, tentu menuntut orang tua untuk mengetahui dan menaati berbagai peraturan maskapai yang berlaku. Yang pertama, pastikan maskapai yang akan Anda gunakan mengizinkan Anda membawa penumpang seusia anak Anda.

Tentunya, jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai dokumen keberangkatan yang terkadang membutuhkan perhatian ekstra, seperti surat keterangan layak terbang dari dokter untuk anak yang baru lahir. Pelajari aturan dan syarat penerbangan ini sebelum memesan tiket, sehingga Anda tidak dipersulit apalagi dirugikan karena aturan .

  • Pilih waktu terbang yang nyaman sesuai durasi penerbangan dan tujuan

Penting untuk memilih waktu penerbangan yang nyaman untuk anak. Pertimbangan dalam memilih jam ini bisa beragam. Misalnya menyesuaikan waktu anak bangun tidur, atau mendekati waktu tidurnya jika akan menempuh perjalanan yang sedikit lebih panjang sehingga anak bisa tidur di pesawat.

Penting juga mempertimbangkan apakah akan ada perbedaan zona waktu antara kota keberangkatan dan kota tujuan. Ini agar Anda bisa membantu anak menyesuaikan aktivitasnya selama penerbangan.

  • Pastikan anak menggunakan pakaian yang nyaman

Dalam memilih pakaian selama penerbangan, tips untuk anak tidak jauh berbeda dengan tips untuk dewasa. Daripada memilih pakaian yang terlihat “cantik”, tapi tidak nyaman, lebih baik pilih pakaian yang nyaman dan tentunya hangat. Pilih yang tidak terlalu ketat, tapi juga tidak terlalu longgar. Jangan lupa untuk membawa beberapa lapisan tambahan sehingga dapat menyesuaikan suhu udara yang dingin dalam kabin pesawat. Sesuaikan juga pilihan pakaian dengan tempat tujuan. Misalnya, jika Anda akan bepergian ke tempat yang bersuhu dingin, bawa jaket atau mantel untuk digunakan saat mendarat, begitu juga sebaliknya.

1 of 2

Selanjutnya

  • Bawa penutup telinga dan cegah gangguan telinga

Meski tak selalu diperlukan, membawa penutup telinga biasanya bermanfaat bagi anak-anak berusia lebih kecil (bayi hingga balita) untuk menenangkannya selama penerbangan. Suara deru mesin pesawat sering kali mengganggu istirahat anak selama penerbangan. Memakai penutup telinga dapat membantu anak beristirahat lebih tenang sehingga tidak merasa terlampau lelah saat tiba di tujuan.

Selama penerbangan anak juga kerap mengalami gangguan telinga, seperti rasa tersumbat atau pekak yang biasanya belum dimengerti oleh anak. Untuk anak yang masih menyusu, susui anak selama tinggal landas dan mendarat untuk mencegah perubahan udara dalam telinga yang terlalu drastis. Untuk anak berusia lebih besar, ajak dia untuk minum atau makan permen. Ajari juga bahwa perubahan kondisi di telinga adalah hal yang lazim dialami saat naik pesawat.

  • Siapkan makanan ringan dan hiburan selama penerbangan

Terutama untuk penerbangan dengan durasi yang lebih panjang, penting bagi orang tua untuk menyiapkan makanan ringan dan hiburan selama penerbangan. Dalam penerbangan durasi pendek, anak bisa dihibur dengan mengajarinya hal-hal seputar kabin pesawat dan mempelajari kondisi langit di luar jendela selain beristirahat. Namun untuk penerbangan yang lebih panjang, tak jarang anak merasa bosan dan mengalami stres hingga menangis. Memberikannya makanan ringan dapat membantu menenangkannya sekaligus mencegahnya merasa lapar di antara jam makan utama.

Membawa perlengkapan hiburan anak juga penting untuk mengatasi kebosanan selama penerbangan. Yang paling sederhana, Anda dapat membawakannya buku bergambar atau buku aktivitas seperti menempel stiker. Anda juga bisa membawa permainan sederhana yang mudah dimainkan sambil duduk seperti ular tangga atau flashcard.

  • Atur barang bawaan

Mengatur barang bawaan dapat memengaruhi kenyamanan anak saat bepergian dalam pesawat. Apakah anak akan membawa barang-barangnya sendiri? Atau dibawakan orang tua? Ini tentu tergantung dari usia dan kesediaan anak. Beberapa anak menyukai membawa tas ransel berisi barang-barang hiburannya sendiri, seperti boneka atau makanan. Beberapa anak lain lebih suka menenteng satu barang kegemarannya atau bahkan tidak membawa apa-apa.

Pertimbangkan juga mana barang yang akan Anda bawa naik ke kabin bersama Anda dan barang mana yang akan Anda masukkan ke dalam bagasi. Hendaknya, kemas satu tas khusus untuk keperluan Anda - terutama anak - selama penerbangan. Tas ini dapat memuat kebutuhan mendasar seperti makanan ringan, sepasang baju ganti, dan barang-barang hiburannya.

Persiapan yang matang akan membuat Anda dan keluarga lebih nyaman di dalam pesawat. Namun, saat semua persiapan beres, anak tantrum tidak bisa dihindari. Kalau ini terjadi, tetaplah tenang dan jangan terlalu pedulikan pandangan orang lain. Carilah penyebab anak menangis dengan tenang. Jika ada kesulitan, jangan ragu untuk meminta pertolongan kepada awak kabin pesawat. Selamat berlibur!

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓