Hadapi Macet Saat Liburan Natal dan Tahun Baru dengan Cara Ini

Oleh Ayu Maharani pada 24 Dec 2018, 13:30 WIB
Bepergian lewat jalur darat? Siap-siaplah untuk terkena macet! Tapi tenang, ada beberapa cara simpel untuk hadapi macet saat liburan Natal dan Tahun Baru.
Hadapi Macet Saat Liburan Natal dan Tahun Baru dengan Cara Ini (Minerva Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Liburan Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Artinya, inilah saat Anda dan keluarga bepergian untuk mengisi waktu liburan panjang tersebut. Namun, bersiaplah untuk hadapi macet saat liburan tiba. Kalau tak pintar-pintar menahan emosi, antrean kendaraan yang mengular malah bisa merusak mood dan membuat kesan buruk terhadap momen liburan Anda.

Lantas, bagaimana caranya agar Anda tetap bisa happy, meski terjebak macet? Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk hadapi macet saat Liburan Natal dan Tahun Baru.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, sebenarnya kondisi kemacetan saat libur panjang seperti libur Natal dan Tahun Baru sudah bisa Anda perkirakan. Jadi Anda sebenarnya sudah bisa mengantisipasinya jauh-jauh hari.  Bahkan sebenarnya Anda sudah bisa mempelajari jalur alternatif lewat peta atau GPS, yang bisa Anda tempuh saat jalanan macet.

Jika memang pada akhirnya Anda dan keluarga terjebak macet, Anda tidak perlu lagi menghadapinya dengan kemarahan, apalagi sampai stres. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat menghadapi macet saat Liburan Natal dan Tahun Baru:

  • Mendengarkan lagu sambil bernyanyi bersama

Ini termasuk kegiatan yang paling menyenangkan saat terjebak macet. Dengan bernyanyi bersama dan bergerak ringan, bisa mengurangi kadar stres sekaligus bisa mengurangi rasa pegal pada tubuh karena terlalu lama duduk. Menurut dr. Dyan, musik favorit Anda dan keluarga bisa menjadi senjata ampuh mengusir bosan dan stres saat menghadapi kemacetan.

  • Mengobrol dengan keluarga atau teman dalam mobil

Salah satu cara terefektif untuk membunuh kantuk sekaligus mengatasi kebosanan akibat lalu lintas macet adalah dengan mengobrol bersama rekan seperjalanan Anda. Mulailah dari topik yang remeh temeh seperti tebak-tebakan hingga diskusi ringan tentang topik-topik terkini. Tapi ingat, jangan pilih tema berbau SARA dan tetap jaga emosi, ya.

1 of 2

Selanjutnya

  • Makanlah Bekal Makanan dan Minuman Sehat yang Sudah Dibawa

Saat bepergian dengan jarak yang lumayan jauh, bawalah camilan dan minuman dalam mobil untuk berjaga-jaga jika lapar dan haus menyerang. Bawalah bekal berupa cracker sayuran, kacang almond, ataupun buah-buah potong seperti apel, pir. Pisang juga bisa menjadi pilihan yang menyehatkan. Lagi pula, mengemil saat macet bisa menghindarkan Anda dari gejala mag.

  • Berlatih pernapasan atau meditasi

Dilansir dari Psychology Today, untuk meminimalkan stres dan mencegah terjadinya gangguan kecemasan saat terjebak kemacetan parah, Anda bisa melakukan latihan pernapasan atau meditasi. Caranya, tarik napas dalam-dalam, embuskan perlahan, dan ulangi terus sampai Anda merasa lebih baik. Setelah itu, minumlah air putih dan lakukan sedikit peregangan agar kondisi tubuh tidak tegang.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, meditasi sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya seperti mengurangi rasa cemas, menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

  • Melipir ke rest area untuk pijat refleksi atau beristirahat

Sudah tak tahan lagi dengan “riweh”-nya jalanan? Jangan dipaksakan. Menepilah sejenak ke tempat peristirahatan terdekat, seperti restoran, kafe, tempat beribadah, atau tempat pijat refleksi. Anda bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran sejenak. Saat kondisi jalanan sudah lebih lancar, Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan dengan lebih santai, tapi semangat.

Itulah lima cara sederhana, tapi ampuh yang bisa Anda terapkan untuk hadapi macet saat liburan Natal dan Tahun Baru. Dengan begitu, Anda bisa meminimalkan efek stres dan tidak benar-benar kehilangan mood ketika sudah sampai di tujuan. Satu hal yang tak boleh diabaikan adalah tetap patuhi peraturan lalu lintas, ya.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓