Manfaat Sehat Berkumpul Bersama Keluarga Saat Natal

Oleh Ayu Maharani pada 25 Des 2018, 08:15 WIB
Tak hanya dapat mempererat kebersamaan, berkumpul bersama keluarga saat Natal juga bermanfaat untuk kesehatan.
Manfaat Sehat Berkumpul Bersama Keluarga Saat Natal (DGLimages/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memang, acara kumpul keluarga bukanlah aktivitas favorit semua orang. Ada yang menanti-nanti, ada pula yang akan melakukan segala cara untuk menghindar. Jika Anda termasuk tipe yang kedua, cobalah untuk sesekali “mengalah” dan membaur saja saat kumpul keluarga. Dilansir dari berbagai sumber, tak hanya Anda dapat menikmati sajian lezat dan mempererat kebersamaan dan tali silaturahmi, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Inilah beberapa manfaat sehat yang bisa Anda petik dari berkumpul bersama keluarga saat Natal:

  • Membuat Anda (lebih) bisa memahami orang lain

Ikut kumpul keluarga dan menghabiskan waktu bersama sanak saudara dapat membantu Anda mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang keberagaman. Salah satunya adalah kondisi kesehatan.

Misalnya, ada keponakan yang memiliki ADHD. Ia mungkin tak bisa duduk diam di meja makan, akan berlarian ke sana ke mari, atau selalu mengajak bermain anggota keluarga lainnya. Contoh lain, ada anggota keluarga lebih tua yang mengidap penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau kanker, sehingga pola makannya harus dijaga. Nah, berinteraksi dengan mereka akan melatih kemampuan Anda untuk memahami berbagai kondisi orang lain.

  • Meningkatkan kepercayaan diri saat berkomunikasi

Anda bermasalah dengan kepercayaan diri? Kumpul keluarga saat Natal bisa menjadi momen untuk melatih atau memperbaiki kepercayaan diri saat berkomunikasi. Sebagai catatan, anggota keluarga memiliki tingkat toleransi yang lebih tinggi ketika Anda gugup ketimbang orang lain.

Mungkin Anda tak perlu langsung banyak bicara dulu. Mulailah dengan berani menatap mata, menjawab pertanyaan dengan jelas, dan merespons atau bertanya balik kepada lawan bicara, sehingga komunikasi pun mengalir.

  • Bisa jadi kesempatan untuk memperbaiki gizi

Ketika makan sendirian, biasanya Anda cenderung lebih cuek terhadap variasi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Prinsipnya: yang penting kenyang! Alhasil, menu yang Anda makan itu-itu saja, dan kebutuhan gizi harian pun tak terpenuhi.

Umumnya, saat ada acara kumpul keluarga besar seperti saat Natal, biasanya variasi menu yang dihidangkan akan sangat beragam. Mulai dari camilan, aneka daging, sayuran, makanan tradisional, desserts, buah-buahan, aneka minuman, dan masih banyak lagi. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk memperbaiki asupan gizi. Namun, ingatlah untuk mengombinasikan jenis makanan secara tepat, perbanyak makan sayur dan buah,  dan jangan makan secara berlebihan.

  • Terhindar dari perilaku buruk, khususnya penyalahgunaan obat-obatan

Umumnya, mereka yang lebih sering berkumpul bersama keluarga memiliki risiko lebih rendah terkena pengaruh buruk dari penyalahgunaan obat-obatan atau narkoba. Sebab, waktunya akan lebih banyak dihabiskan untuk bercanda, bepergian, berdiskusi, bermain, atau beribadah bersama anggota keluarganya.

Ada sebuah riset di Norwegia pada tahun 2013 yang melaporkan bahwa sering makan bersama keluarga dapat menurunkan angka kenakalan remaja, seperti minum-minuman keras dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

“Anak-anak dapat mencurahkan isi hati dan terlibat dalam percakapan hangat dengan orang tuanya sendiri. Sehingga, ini dapat mengurangi kemungkinan mereka terlibat dalam hal-hal yang negatif,” kata dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter menambahkan.

Jika berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara adalah salah satu aktivitas yang Anda nanti-nanti, itu bagus. Jika Anda selama ini selalu menghindari acara keluarga, cobalah untuk menghadirinya. Manfaatkan momen Natal tahun ini untuk mempererat kebersamaan, menjaga tali silaturahmi, serta memperbaiki asupan gizi dengan berbagai sajian yang dihidangkan. Lagi pula, Natal akan terasa lebih hangat dan berkesan jika dirayakan bersama-sama. Selamat Hari Natal!

[RN/ RVS]