Badan Lemas Usai Natal, Atasi dengan Cara Ini

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 26 Dec 2018, 11:00 WIB
Anda mulai merasakan kondisi badan lemas setelah mengikuti serangkaian acara Hari Natal kemarin? Tak usah khawatir, atasi dengan cara ini.
Badan Lemas Usai Natal, Atasi dengan Cara Ini (Gladskikh Tatiana/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Badan lemas bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, tak terkecuali saat merayakan Hari Natal atau setelahnya. Mulai dari ibadah hingga perayaan Natal bersama keluarga dan kerabat terdekat, bukan tak mungkin jika Anda tiba-tiba mengalami kondisi badan lemas. Penyebabnya pun bisa beragam.

Lalu apa saja yang menyebabkan badan lemas usai Natal? Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, beberapa faktor tersebut meliputi:

  • Kurang mengonsumsi makanan bergizi

Nutrisi yang seimbang sangat penting  bagi tubuh sebagai sumber energi dalam menjalankan fungsi sel-sel tubuh. Ketika tidak ada sumber energi maka tubuh akan terasa lemas.

  • Kurang darah

Kurang darah atau anemia merupakan kondisi ketika hemoglobin dalam tubuh lebih rendah dari nilai normal. Ketika tidak ada pasokan oksigen, maka tubuh kehilangan energinya sehingga menjadi lemas.

“Kondisi ini juga dapat terjadi pada mereka yang mengalami perdarahan hebat. Misalnya, saat operasi besar, melahirkan, atau kecelakaan,” ujar dr. Rio.

  • Tekanan darah rendah

Jika tekanan darah terlalu rendah, tubuh pun akan ikut lemas. Jangan biarkan kondisi ini terjadi, karena kondisi ini rentan menyebabkan syok, bahkan bisa berujung pada kematian.

  • Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan menyebabkan Anda dehidrasi. Kondisi ini sering menyebabkan badan lemas, bahkan hingga pingsan. Jika dibiarkan, hal ini tentunya dapat mengancam nyawa.

Keceriaan Perayaan Natal memang bisa menguras energi Anda. Jadi tidak heran jika Anda atau anggota keluarga lainnya mengalami kondisi badan lemas.

1 of 2

Ragam cara mengatasi badan lemas usai Natal

Selain beberapa penyebab badan lemas usai Natal yang dipaparkan di atas, ada pula sejumlah kondisi lain yang berpotensi membuat badan lemas, seperti gangguan elektrolit tubuh akibat diare atau muntah-muntah. Ditambah lagi ketika Anda memang memiliki penyakit tertentu seperti gangguan tiroid hingga yang lebih serius, contohnya jantung atau diebetes,

Tidak perlu khawatir, ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi badan lemas. Tak hanya bisa Anda lakukan usai perayaan Natal, namun hal ini juga dapat diterapkan pada kondisi lain. Berdasarkan anjuran dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, beginilah upaya mengatasi badan lemas usai Natal:

  1. Menjaga pola makan

Tubuh memerlukan banyak nutrisi dari beragam makanan bergizi. Terkadang, orang bisa salah paham antara jam makan dan kualitas makanan yang dikonsumsi, apalagi bagi Anda yang tengah berdiet.

Demi menurunkan berat badan, orang bisa menurunkan kualitas asupan hariannya. Padahal, pola makan yang baik dan benar merupakan 60 persen kunci untuk menunjang kebugaran tubuh dan menjauhkan Anda dari badan lemas.

  1. Olahraga rutin

Jika dilakukan secara tepat, aman dan terukur, olahraga bisa sangat membantu tubuh Anda menjadi sehat dan bugar. Jika sebelum Natal memang jarang berolahraga, maka lakukan dengan intensitas rendah hingga tinggi secara bertahap.

“Cobalah lakukan aerobik tiga kali dalam seminggu dengan durasi 20-60 menit setiap kali Anda melakukannya. Senam aerobik ini mengandung rangkaian gerakan yang dapat mengaktifkan otot-otot tubuh,” kata dr. Sepri.

  1. Tidur cukup

Pola tidur yang baik dapat meningkatkan kualitas dan waktu tidur secara tepat. Tubuh memiliki waktu khusus untuk memulihkan tubuh, yakni untuk membuang racun, tepatnya dari pukul 22.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB. Cukupkan waktu tidur Anda usai serangkaian momen perayaan Natal, terutama di jam tersebut, agar tubuh dapat bugar kembali saat bangun.

  1. Mengendalikan stres

Stres mungkin cukup sulit dikendalikan. Namun, dengan mengenali stres yang sedang dirasakan, Anda bisa mengendalikan kondisi yang sedang Anda alami. Hati-hati, tingkat stres yang tinggi juga bisa memengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Sama seperti perayaan hari raya lainnya, Hari Natal pun biasanya dirayakan dengan mengikuti serangkaian ibadah dan tradisi, sekaligus menikmati aneka makanan lezat. Jika tidak pandai-pandai menjaga kondisi kesehatan, Anda bisa terjebak pada kondisi badan lemas usai Natal. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa saran yang dipaparkan di atas. Namun jika kondisi badan lemas tidak kunjung hilang, ada baiknya Anda segera periksa ke dokter.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓