Bisakah Bau Mulut Hilang dengan Cara Membersihkan Lidah?

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 26 Des 2018, 14:00 WIB
Tak cuma dengan menggosok gigi, bau mulut juga bisa diatasi dengan membersihkan lidah secara rutin.
Bisakah Bau Mulut Hilang dengan Cara Membersihkan Lidah? (Sruilk/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menggosok gigi dua kali sehari sudah menjadi kebiasaan rutin sebagian besar orang. Namun, membersihkan lidah setelahnya sering kali dilewatkan. Padahal, permukaan lidah merupakan tempat berkumpulnya bakteri, sehingga dapat menimbulkan bau mulut.

Bukan cuma bau mulut, bakteri yang menempel dan menumpuk di permukaan lidah juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan mulut. Memang, membersihkan lidah saja tak cukup untuk menghilangkan bau mulut secara total. Namun, kebiasaan membersihkan lidah bisa membantu mengurangi munculnya bau mulut atau halitosis.

Untuk membersihkan lidah, Anda dapat menggunakan alat khusus pembersih lidah yang disebut sebagai tongue scraper. Alat ini ampuh untuk membersihkan lidah dari penumpukan bakteri di permukaan lidah. Tongue scraper ini terdiri dari berbagai macam bentuk dan ukuran, dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai swalayan besar atau toko obat dan kecantikan.

Manfaat membersihkan lidah

Berikut ini adalah alasan kenapa Anda tak boleh melewatkan kebiasaan membersihkan lidah.

  • Meningkatkan indra perasa

Penggunaan tongue scraper akan membuat permukaan lidah menjadi lebih bersih, sehingga dapat meningkatkan sensasi rasa pada lidah, seperti rasa pahit, asam, asin dan manis.

  • Memperbaiki penampilan lidah

Permukaan lidah yang tidak dibersihkan akan terlihat seperti lapisan yang berwarna putih. Dengan membersihkan lidah, lapisan putih tersebut bisa dihilangkan.

  • Mengusir bakteri

Ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa dengan membersihkan lidah, Anda dapat mengurangi angka insiden bakteri Streptococci mutans dan Lactobacilli di dalam mulut. Kedua jenis bakteri tersebut dapat menyebabkan timbulnya gigi berlubang dan bau mulut.

  • Meningkatkan kesehatan mulut

Dengan rajin membersihkan lidah, bakteri dapat hilang sehingga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit mulut. Misalnya gigi berlubang, penyakit gusi, atau penyakit mulut lainnya.

  • Mengurangi bau mulut

Membersihkan lidah memang tidak dapat menghilangkan bau mulut secara keseluruhan. Namun, jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, bakteri-bakteri yang dapat mengakibatkan bau mulut bisa dikurangi.

1 of 2

Cara membersihkan lidah dengan benar

Membersihkan lidah harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak melukai permukaan lidah. Berikut ini adalah cara melakukannya dengan benar.

  1. Berdirilah di depan cermin, lalu bukalah mulut Anda, kemudian julurkan lidah.
  2. Tempatkan alat khusus pembersih lidah di bagian pangkal lidah. Bila terasa mual, Anda bisa memulainya pada bagian tengah lidah terlebih dahulu secara bertahap.
  3. Gosoklah lidah secara perlahan ke arah ujung lidah dengan satu tarikan.
  4. Setelah satu tarikan, bersihkan alat pembersih lidah dengan tisue atau lap bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  5. Ulangi hingga 2-3 kali atau saat Anda merasa lidah sudah bersih.
  6. Bila sudah selesai, selalu bersihkan alat pembersih lidah dengan menggunakan air hangat, lalu keringkan. Simpan alat tersebut di tempat yang bersih dan kering.
  7. Setelah selesai, bilas mulut dengan air.
  8. Bersihkan permukaan lidah 2 kali sehari setelah menggosok gigi. Atau jika mulut terasa kering atau merasakan rasa tak sedap di mulut pada siang hari, bersihkan lidah segera.

Menurut American Dental Association (ADA) menghilangkan bau mulut sebenarnya tidak efektif jika hanya dengan membersihkan lidah saja. Kegiatan lain seperti menggosok gigi, membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (flossing), dan berkumur juga tak kalah penting.

Beberapa cara lain untuk meningkatkan atau memperbaiki kesehatan mulut antara lain:

  • Sikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida
  • Sikat gigi dua kali sehari
  • Pastikan Anda menyikat gigi paling tidak selama 2 menit
  • Bersihkan sela gigi dengan benang gigi paling tidak sekali sehari
  • Minum banyak air putih untuk mengurangi atau mencegah mulut kering, yang merupakan penyebab umum bau mulut
  • Hindari produk tembakau

Membersihkan lidah memang dapat mencegah timbulnya bau mulut. Namun, bila bau mulut tak kunjung hilang, segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk mencari tahu penyebabnya, dan mendapatkan solusi yang tepat.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓